7 Resolusi Selamatkan Lingkungan

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan, salah satunya adalah membuat resolusi tentang apa yang akan kita lakukan kedepan untuk memperbaiki alam sekitar.

Berikut ini adalah 7 resolusi yang dapat kita terapkan demi terwujudnya lingkungan sehat dan lestari:

1. Sampahmu = Komposmu

Untuk menyelamatkan lingkungan, kita bisa memulai dari sampah yang kita hasilkan setiap hari. Gunakanlah tempat sampah kompos untuk mengompos sampah-sampah organik. Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini adalah kita dapat mendapatkan pupuk secara gratis bagi taman atau kebun rumah kita.

Membuat tempat sampah kompos bukan hal sulit, cukup sediakan 2 tempat sampah kemudian masing-masing beri kode misalnya A dan B, kemudian keduanya diisi dengan komposter. Tempat sampah dengan kode A digunakan untuk menampung sampah rumput dan dedaunan. Sedangkan tempat sampah kode B digunakan untuk menampung potongan kertas dan sisa makanan.

Letakkan kedua tempat sampah tersebut di halaman rumah yang terkena sinar matahari secara penuh, karena hasil kompos terbaik akan diperoleh jika sampah berada dalam suhu tinggi.

2. Pakai Ulang Tas Belanja

Beberapa kota di Indonesia telah melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Seperti yang telah kita tahu, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama agar terurai secara alami.

Oleh karena itu, gunakanlah tas belanja yang dapat dipakai berulang. Misalnya tas berbahan kain yang dapat dicuci jika kotor dan digunakan kembali.

3. Tampung Air Hujan

Menampung air ketika musim hujan dapat memberikan manfaat bagi hidup kita. Disamping menekan tagihan air, air hasil tampungan juga dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan memberi minum hewan peliharaan. Kita dapat menyediakan beberapa drum bekas untuk menampung air hujan secara berkala.

4. Cintai Produk Indonesia

Belilah produk-produk hasil dalam negeri, seperti sayuran, buah-buahan serta kerajinan lokal daerah. Dengan membeli produk lokal, berarti kita turut meningkatkan perekonomian negara dan menghargai jerih payah petani dan pengrajin lokal.

5. Beli Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan

Tidak sedikit diantara kita yang “lapar mata” ketika melihat produk-produk baru bermunculan, seperti misalnya produk fashion.

Namun tahukah anda? Bahwa baju atau kain yang kita kenakan dengan dasar bahan wol, sutra, katun, dan nilon tersebut mengakibatkan bumi semakin terancam. Buatlak komitmen untuk membeli pakaian sesuai kebutuhan saja.

6. Kurangi Pemakaian Plastik

Mulailah untuk mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari. Membawa tas sendiri ketika belanja dan membawa botol minum ketika berkegiatan di luar rumah cukup membantu untuk mengurangi sampah plastik yang mungkin kita hasilkan.

7. Kurangi Makan Daging

Salah satu penyumbang perubahan iklim adalah adanya aktifitas peternakan. Kegiatan peternakan menyebabkan ancaman tiga kali lipat terhadap atmosfer bumi akibat gas metana yang dihasilkan hewan ternak dalam jumlah besar. Para ahli berpendapat bahwa mengurangi konsumsi daging adalah salah satu upaya terbaik untuk mengendalikan pemanasan global.