Air Terjun Bihewa – Derasnya Keindahan di Nabire, Papua

Papua tidak hanya kaya akan hutannya yang masih perawan dan satwa-satwa endemik seperti burung cendrawasih dan kasuari. Tanah Papua juga menyimpan potensi alam yang sangat cantik, salah satunya adalah Air Terjun Bihewa.

Air terjun ini berada di Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua. Lokasinya sangat terpencil, sehingga diperlukan perjalanan sangat menantang dengan membelah lebatnya hutan belantara.

Air Terjun Bihewa adalah bentangan alam berupa terjunan air setinggi 40 meter dengan tujuh tingkatan. Airnya yang sangat jernih dipadu dengan lebatnya hutan Papua disekelilingnya merupakan daya tarik utama obyek wisata alam ini.

Dari ketujuh tingkat air terjun, tingkat kedua adalah lokasi yang paling mudah dikunjungi oleh wisatawan. Di tingkat ini kita bisa melihat panorama rimba, mendengar gemuruh air terjun, serta menghirup udara sejuk yang sama sekali belum terkena polusi udara.

mandi air terjun Pixabay

Semakin tinggi tingkatan air terjun, maka pemandangan yang terjasi akan jauh lebih indah, begitu pun dengan kualitas udaranya. Akan tetapi untuk mencapainya diperlukan usaha yang keras, seperti melewati jalanan dengan bebatuan terjal serta menyingkap pepohonan hutan yang lebat.

Jika kamu ingin mengunjungi Air Terjun Bihewa, disarankan untuk tidak berangkat terlalu siang agar bisa puas menikmati panorama alamnya. Sedangkan jika ingin pulang, maka jangan terlalu sore, karena letaknya yang jauh didalam hutan membutuhkan perjalanan yang lama dan ditakutkan hari akan semakin gelap.

Untuk menuju obyek wisata alam ini, kita dapat menuju ke kota Nabira dahulu, kemudian melanjutkan dengan mobil sewaan menuju Distrik Makimi. Setelah itu perjalanan harus dilakukan secara trekking, oleh sebab itu perlu persiapan fisik yang sehat dan kuat! Dalam perjalanan, kita harus waspada dan selalu berhati-hati, karena kanan kiri jalurnya adalah jurang dengan jalan berbatu yang licin.

Jadi kapan kamu mengunjungi surga tersembunyi di Nabire ini?