Air Terjun Kapas Biru – Guyuran Keindahan Lumajang

Air Terjun Kapas Biru – Bingung cari tempat wisata alam di Lumajang? RimbaKita.com punya satu pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi di kota kaki Gunung Semeru ini, apakah itu?

Obyek wisata Air Terjun Kapas Biru adalah salah tempat liburan yang menyenangkan. Derasnya air yang jatuh dari tebing berpadu dengan asrinya alam akan membuat penat kita menghilang dalam sekejap.

Lokasinya berada di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Meski untuk sampai di tempat ini tidaklah mudah, tapi jaminan panorama alamnya akan menghapus semua kelelahan.

Air terjun ini diberi nama Kapas Biru karena bila dilihat dari kejauhan bagian pinggiran air terjun nampak berwarna biru. Ketinggian air terjun ini sekitar 100 meter dan memiliki 2 tingkat, tingkat bawah setinggi 90 meter dan tingkat atas sekitar 10 meter. Sumber airnya berasal dari aliran anak sunga Besukbang atau Sungai Lengkong yang berhulu di lerang Gunung Semer.

Wisatawan lokal maupun luar yang hendak berkunjung ke kawasan Air Terjun Kapas Biru juga tak perlu khawatir tentang fasilitas. Sebab disini telah tersedia lahan parkir yang memadai, kamar mandi, mushola, warung makan dan sarana penunjang pariwisata lainnya.

Air Terjun Kapas Biru bisa dituju dari dua arah, yaitu dari Malang dan Lumajang dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika menempuh rute dari Malang, maka ambil jalur menuju Kepanjen kemudian Gondanglegi, Dampit, Tirtoyudo, Ampelgading, Pronojiwo dengan patokan Polsek Pronojiwo sekitar 100 meter.

coban kapas biru travelingyuk.com

Selanjutnya kita akan menemukan papan nama Coban Kapas Biru dan ikuti saja petunjuk jalan tersebut hingga sampai ke lokasi. Jika masih bingung, kita juga bisa bertanya ke masyarakat lokal dan pasti akan dijawab dengan ramah. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps dan sejenisnya.

Lalu jika kita berangkat dari Lumajang, maka ikutilah jalan nasional Lumajang – Malang melalui Sumberseko, Tempeh, Pasirian, Candipuro sampai Pronojiwo. Lihatlah papan nama bertuliskan Coban Kapas Biru dan ikuti petunjuknya, sekitar 1,5 km kemudian kita akan sampai di lahan parkir obyek wisata.

Untuk memasuki area air terjun, setiap orang dikenakan tarif Rp 5.000 oleh pihak pengelola, tarif yang sangat murah untuk obyek wisata seindah ini!. Kita bahkan bisa mengunjunginya selepas subuh karena wisata Air Terjun Kapas Biru buka mulai jam 05.00 pagi sampai 16.00 sore.

Dibutuhkan perjalanan dengan jalan kaki selama 45 menit menaiki tangga untuk menuju lokasi air terjun. Meski terhitung lama dan melelahkan, tapi kesegaran air terjun akan menyirnakan itu semua!. Di tengah perjalanan kita juga disuguhi pemandangan berupa hamparan hijau sejauh 2 km.

air terjun kapas biru lumajang backpackerjakarta.com

Agar liburan di Air Terjun Kapas Biru semakin menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa kamu persiapkan, antara lain:

  • Pastikan fisik dan kesehatan tubuh dalam kondisi prima karena kita akan melalui trek yang cukup menantang. Bagi yang punya riwayat asma, sebaiknya jangan lupa membawa obat-obatan yang diperlukan
  • Jangan gunakan sandal! Pakailah sepatu yang alasnya tidak licin karena jalur yang dilewati berupa bebatuan dan tanah licin serta tebing securam 40-45 derajat
  • Pulanglah sebelum sore agar tidak terlalu malam ketika pulang, karena lokasi wisata alam ini tutup jam 16.00
  • Bawalah pakaian ganti karena dipastikan kita akan berbasah-basahan saat berkunjung ke Air Terjun Kapas Biru
  • Agar perjalanan menuju air terjun lebih nyaman, bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya. Pastikan sampahnya dibawa dan dibuang ke tempat sampah ya!

Bagi yang sudah puas menikmati derasnya air terjun, kita juga bisa singga ke obyek wisata lain disekitarnya, seperti Air Terjun Kabut Pelangi, Goa Tetes dan Air Terjun Tumpak Sewu.