Air Terjun Kedung Pedut – Dua Warna Air Berbeda di Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut – Selain disebut sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta dengan segala keistimewaannya juga merupakan Kota Wisata. Misalnya deretan pantai-pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia, seperti Pantai Jungwok, Pantai Parangtritis, dan sebagainya.

Nah, tapi pada artikel ini bukan pantai yang akan kita bahas. Melainkan tentang salah satu air tejun di Kulon Progo. Baca terus sampai akhir ya!

Wisata alam ini bernama Air Terjun Kedung Pedut, obyek rekreasi ini masih sedikit yang tahu loh, jadi belum begitu ramai dikunjungi. Air terjun ini lokasinya berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

air terjun kedung pedut kulon progo Pinterest

Nama Air Terjun Kedung Pedut memiliki arti “genangan yang dalam”. Arti tersebut diambil dari dua kata, yaitu “kedung” yang berarti “genangan” dan “pedut yang berarti “dalam”.

Nama tersebut sesuai dengan lokasi sebenarnya, dimana kedalamannya mencapai 2 hingga 3 meter. Sehingga bagi yang berlibur dan bermain air disini wajib berhati-hati.

Keunikan dari Air Terjun Kedung Pedut adalah adanya lima kedung yang dimilikinya, yakni kedung merang, kedung merak, kedung lanang, kedung wedok, serta kedung anyes. Masing-masing kedung tersebut mempunyai kedalaman yang berbeda-beda.

Air yang terjun dari ketinggian ini menghasilkan dua warna berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh jenis batuan dasar sungai yang larut bercampur air sehingga merubah warnanya. Warna yang dihasilkan antara lain warna putih dan hijau tosca yang sangat jernih.

Ada dua kolam yang salah satunya terleak di dekat air terjun utama, akan tetapi sebaiknya urungkan berenang disini karena sangat berbahaya. Cukup kita nikmati saja keindahan alam dengan melihatnya saja ya!

berlibur.co.id

Fasilitas wisata di Air Terjun Kedung Kedut telah cukup lengkap. Disini ada toiler, warung makan, ruang makan, dan mushola sebagai sarana utama. Selain itu juga terdapat fasilitas pendukung seperti jembatan kayu, kursi-kursi untuk bersantai dan sebagainya.

Tiket masuk ke Air Terjun Kedung Kedut cukup murah, hanya Rp 3.000 dan biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Selanjutnya untuk sampai ke lokasi air terjun, kita harus berjalan kaki dari area parkir naik turun bukit sekitar 20 menit. Tapi tenang saja, jalan setapaknya kondisi sudah bagus dan tidak terlalu terjal dengan suasana sejuk dan asri.

Di perjalanan kita akan melewati luasnya hamparan sawah dan sumber mata air yang berjumlah tujuh. Jadi jangan lupa mampir dan rasakan segarnya air asli Pegunungan Menoreh ini ya!

Selain itu, kita juga coba berkunjung ke obyek wisata lain seperti Gunung Lanang, Goa Kiskendo, dan Goa Seplawan. Tidak perlu bingung, sebab telah ada papan petunjuknya kok!

Nah, buat kamu yang sedang studi di Jogja atau hendak berkunjung ke Kota Gudeg ini, jangan lupa luangkan waktu berwisata ke Air Terjun Kedung Kedut ya!