Air Terjun Mangku Kodek – Pesona Alam Tersembunyi di Kaki Rinjani

Tak hanya punya pantai-pantai eksotis seperti Pantai Sungkun, Pantai Kura-kura, Pantai Cemara, Pantai Putri Pandan dan sebagainya. Ternyata Lombok bagian timur memiliki wisata alam berupa air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Mangku Kodek.

Air terjun ini adalah satu diantara tiga air terjun lain yang berada di Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Sedangkan dua air terjun lain adalah Air Terjun Mangku Kuda Sembrani dan Air Terjun Mangku Sakti.

Air Terjun Mangku Kodek berada ditempat tersembunyi dan berada dibalik tebing-tebing diapit bebatuan yang terbentuk secara alami. Sehingga untuk mencapainya diperlukan usaha ekstra keras dan berbasah-basahan melewati sungai sepanjang 100 meter.

Twitter @euniceapril

Sesampainya di lokasi, kita akan dibuat kagum dengan bentangan alamnya. Air yang jatuh dari ketinggian tebing berwarna biru dijamin membuat kita terpesona. Ditambah lagi hijaunya semak dan pepohonan yang mengelilinginya, sungguh sangat indah.

Aliran air terjun ini berasal dari Gunung Rinjani sehingga mengandung belerang yang baik bagi kesehatan kulit. Debit airnya pun besar sehingga alirannya cukup deras.

Kita bisa bermain air dan berenang disini, kedalamannya hanya setinggi pinggang orang dewasa. Pastikan jangan lewatkan mengabadikan momen-momen liburanmu dengan kamera sebaik mungkin! Akan tetapi tetap berhati-hati, sebab dibeberapa tempat terdapat pusaran air yang berbahaya.

Untuk memasuk obyek wisata ini, kita akan dikenakan tarif Rp 10.000 bagi wisatawan lokal dan Rp 150.000 untuk wisatawan asing. Perbedaan tarif ini dikarenakan kawasan Air Terjun Mangku Kodek telah masuk dalam zona Taman Nasional Gunung Rinjani. Kita juga bisa sekaligus mengunjung 2 air terjun lain, yaitu Air Terjun Mangku Kuda Sembrani dan Air Terjun Mangku Sakti.

Agar liburan di air terjun ini semakin lengkap, jangan lupa memabwa bekal makanan dan minuman sendiri. Karena ditempat ini belum ada warung dan juga fasilitasnya belum terlalu lengkap. Tapi ini bukan jadi penghalang bukan? Yuk! Kita berlibur!