Air Terjun Siluman – Guyuran Misterius di Tengah Hutan Langkat

Membaca kata siluman apakah membuatmu berpikir tentang makhluk gaib menyeramkan? Kali ini tidak seperti pikiran itu, melainkan tentang siluman dengan pesona indah. Air Terjun Siluman yang berada di Sumatera Utara adalah yang dimaksud.

Lalu kenapa air terjun yang dikatakan cantik ini dinamakan siluman? Simak artikel berikut ini!

Alasan air terjun ini dinamakan Air Terjun Siluman adalah karena letaknya berada di antara tebing batu tinggi yang menimbulkan kesan angker dan menyeramkan. Selain itu, air yang jatuh dari atas tebing datangnya tidak menentu. Kadang air terjunnya sangat deras, namun tidak jarang pula berkurang debitnya bahkan menghilang mirip siluman.

Air Terjun Siluman berada di Desa Garunggung, Kecamatan Sei Binge, Kabupaten Langkat. Kurang lebih berjarak sekitar 20 km dari Kota Binjai. Sebenarnya obyek wisata alam ini telah lama dibuka, namun destinasi ini jarang dikunjungi dan baru-baru mulai muncul kembali.

air terjun siluman www.dictio.id

Dari Kota Binjai menuju air terjun ini setidaknya memerlukan waktu 30 menit menuju Desa Garunggang. Setelah sampai di desa ini, biasanya kita akan dihampiri oleh warga setempat yang menawarkan jasa penunjuk jalan ke lokasi air terjun.

Perjalanan pun dimulai, kemudian sesampainya di kawasan air terjun per orang akan dikenakan Rp 30.000 per orang. Namun jika dalam satu rombongan terdapat 5 orang, akan mendapat diskon dengan hanya membayar Rp 150.000.

Dari pintu masuk, kita selanjutnya menyusuri jalan setapak selama 1 jam sejauh 100 meter. Perlu diingat, jalanan ini cukup licin dan berlumpur saat musim hujan sehingga sebaiknya gunakanlah sepatu. Namun akan sangat berdebu ketika musim kemarau.

air terjun siluman langkat Twitter @myTrip_myAdvnt

Perjalanan itu akan cukup menegangkan, karena di kanan dan kiri disambut dengan jurang dalam, jadi harus hati-hati ya! Setelah itu kita akan tiba di rumah paling ujung yang menyediakan keperluan seperti makanan dan air minum, disini kita bisa sekaligus beristirahat.

Sesampainya di Air Terjun Siluman, kita akan disambut dengan suara gemuruh iar yang berjatuhan dari ketinggan serta percikan air yang membasahi tubuh. Airnya sangat dingin dan segar, warnanya hijau toska dengan dikelilingi pemandangan rimbun nan indah.

Disini, kita bisa berpuas-puas menikmati panorama dan tentunya jangan lupa abadikan setiap momenmu dalam bentuk video maupun foto! Selamat berlibur!