Air Terjun Tanggedu – Gemericik Pesona Sumba

Wisata alam yang terdiri dari gemericik air, hijaunya alam dan sejuknya udara segar merupakan perpaduan yang menjadi magnet bagi wisatawan. Nah, begitu pula dengan obyek rekreasi di Sumba Timur bernama Air Terjun Tanggedu. Derasnya aliran air kebiruan seakan membius bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Air Terjun Tanggedu terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Bentangan alam di kawasan ini masih sangat perawan dan cantik alami belum terkontaminasi tangan-tangan tak bertanggungjawab. Bahkan julukan mirip Grand Canyon sering juga disematkan untuk menggambarkan keindahannya.

Airnya bersih dan bening, ketika terpapar sinar matahari akan membiaskan warna kebiruan yang sangat sedap dipandang mata. Pada bagian kanan dan kiri berdiri relief batuan kokoh serta tebing curam mengapit alirannya yang deras.

asokaremadja.com

Meski debit alirannya cukup deras namun tidak terlalu dalam, sehingga bagi yang bisa berenang pasti ingin menceburkan diri dan bermain air disini. Selain itu, kegiatan rafting dan tubing river juga sering dilakukan di aliran sungainya. Bahkan tak jarang juga ada yang mencoba cliff jumping, tapi harus dipastikan titik kedalamannya aman agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Air terjun ini berjarak sekitar 46 km sebelah utara Kota Waingapu dan bisa dicapai 1,5 jam dengan kendaraan roda dua atau roda empat melewati Desa Mondu dan Kampung Adar Prainatang, kemudian parkirkan kendaraanmu di halaman rumah warga Desa Tanggedu.

Selanjutnya kita harus berjalan kaki untuk sampai ke lokasi air terjun, tentunya melewati hutan-hutan semakin menambah sensasi petualangan. Oleh sebab itu, pastikan kondisi tubuh sehat dan prima agar trekking selama 30 menit berjalan lancar.

air terjun tanggedu sumba kurioapps.com

Pengelola obyek wisata alam Air Terjun Tanggedu adalah masyarakat sekitar, sehingga fasilitasnya belum terlalu lengkap. Disini hanya tersedia toilet dan beberapa warung makan, jadi tak perlu khawatir kelaparan atau kehausan.

Untuk memasuki tempat ini, kita hanya ditarik tarif Rp 2.000 per orang, sungguh sebuah harga yang sangat murah untuk menikmati keindahan alam yang begitu elok!

Jika memutuskan untuk berpetualang kesini saat liburan, pastikan membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen-momen seru! Upload keindahan alam Indonesia ke berbagai media sosial sebagai bentuk dukungan terhadap pariwisata lokal.

Akan tetapi, tetap jaga kebersihan dan keasrian setiap lokasi wisata yang kita kunjung ya! Selamat berlibur…