Selain manfaat bagi lingkungan hidup, hutan juga memberikan manfaat lain berupa manfaat ekonomi, baik berupa kayu dan hasil hutan lainnya Untuk memperoleh manfaat ekonomi dari hutan tersebut, maka berkembanglah industri kehutanan yang mempergunakan alat-alat berat untuk mendapatkan hasil hutan.

Industri kehutanan pada masa lalu menggunakan sistem padat kerja, namun saat ini telah berkembang menjadi sistem padat modal berupa penggunaan alat-alat berat dan berkurangnya tenaga teknis lapangan.

Penggunaan alat berat kehutanan bukan tanpa alasan, tentu juga mempertimbangkan keuntungan ekonomis yang akan diperoleh pada industri hasil hutan skala besar. Keuntungan tersebut didapatkan oleh perusahaan pemegang izin IUPHHK-HA (Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Alam) maupun IUPHHK-HT (Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Tanaman).

Namun pada industri hutan skala kecil, penggunaan alat berat akan dirasa kurang efesien karena membutuhkan modal awal yang cukup tinggi. Oleh karena itu, banyak industri kehutanan dalam skala kecil masih menggunakan tenaga manusia secara manual.

Pengertian Alat Berat

Alat berat adalah alat atau mesin dengan ukuran yang besar dan berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia, seperti mengangkut barang dengan bobot yang berat dan besar.

Mesin pada alat berat berupa sistem mesin dengan daya yang sangat kuat, namun lambat jika dibandingkan mesin kendaraan transportasi.

Pada alat berat dalam bidang kehutanan, biasanya digunakan untuk mengambil dan mengangkut hasil hutan seperti penebangan pohon, pemotongan log, debarking, penyaradan, bongkar muat dan pengangkutan hasil hutan, seperti kayu gelondongan.

Berbagai Jenis Alat Berat Kehutanan

Penggunaan alat berat dalam bidang kehutanan tentu disesuaikan dengan fungsi kerja yang akan dikerjakan. Selain itu, pemilihan alat berat juga ditentukan oleh faktor harga alat berat, biaya operasional, suku cadang, operator, topografi, curah hujan, jenis tanah, sistem silvikultur, jenis hutan, dan sistem pemanenan (full treetree lenght, atau cut to lenght)

Adapun alat berat kehutanan yang biasanya digunakan di hutan Indonesia adalah sebagai berikut:

baca juga:  Pohon Cemara - Ciri, Manfaat dan Ragam Jenis

Excavator

Excavator merupakan alat berat yang berfungsi untuk mengeruk tanah atau material lain yang perlu dipindahkan. Pengeruk ini memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat memindahkan material kerukan dalam jarak dekat. Dalam sektor industri kehutanan, alat ini digunakan untuk pembuatan embung air, pengambilan tanah untuk persemaian dan pengambilan material longsor.

excavator Commons Wikimedia

Loader

Loader atau sering juga disebut dengan kepiting oleh orang-orang yang bekerja dalam bidang kehutanan merupakan alat berat yang digunakan untuk bongkar muat log. Loader memiliki beberapa jenis antara lain loader untuk pertambangan dan kehutanan, dimana memiliki perbedaan pada bagian depan. Loader pertambangan menggunakan blade, sedangkan loader untuk kehutanan menggunakan penjepit.

loader Commons Wikimedia

Skidder

Skidder merupakan alat berat yang digunakan untuk penyaradan dan dapat digunakan disegala medan. Nama skidder berasal dari istilah bahasa Inggris, yaitu “skid” atau menyorong.

skidder Commons Wikimedia

Delimber

Delimber adalah alat yang digunakan untuk excavator hidrolik. Fungsi alat ini adalah untuk memotong batang pohon dan mengulitnya, sehingga log akan mudah diangkut. Delimber biasanya digunakan dalam sistem pemanenan tree lenght. karena jika digunakan dalam sistem pemanenan full tree (seluruh bagian pohon diambil, termasuk daun dan dahan) atau cut to lenght (log dipotong berdasarkan kebutuhan) akan menghabiskan sumber daya.

delimber propacindustries.com

Logging Truck

Untuk mengangkut hasil hutan berupa kayu ke tempat pengolahan seperti log pond, log yard atau TPK maka digunakan logging truck. Merek terkenal dari logging truck ini antara lain: Mitsubishi, Isuzu, Mercedes Benz, Nissan, dan Hino. Logging truck yang digunakan disesuaikan dengan hasil hutan yang akan diangkut. Truk untuk memuat hasil hutan ini memiliki motor dengan bahan bakar diesel dan memiliki tenaga yang kuat namun kecepatan yang tidak terlalu cepat.

baca juga:  Kekeringan - Pengertian, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasi
logging truck dissolve.com

Kapal Ponton

Hampir sama dengan logging truck, fungsi kapal ponton juga digunakan untuk memuat hasil hutan. Bedanya, kapal ponton beroperasi di daerah perairan seperti sungai. Bentuk kapal ponton seperti rakit, dimana ditarik oleh kapal kecil. Umumnya kapal ponton digunakan oleh perusahaan kayu lapis, kayu serat, kayu partikel, dan lain sebagainya.

kapal ponton pagebd.com

Back Hoe

Back hoe merupakan gabungan dari 2 jenis alat berat yaitu excavator dan loader. Pada bagian depan back hoe dipasangi blade seperti loader dan pada bagian belakang dipasangi bucket untuk mengeruk material. Alat berat ini memiliki sistem kemudi 2 arah karena memiliki 2 fungsi, sehingga kursi operator dapat diputar 360 derajat.

backhoe tractors.tv

Feller Buncher

Feller buncher memiliki fungsi utama untuk menebang pohon dan mengumpulkan kayu hasil tebangan untuk kemudian dikuliti dan diangkut oleh forwarder. Alat ini memiliki mesin gergaji dan sistem penggenggam batang pohon. Umumnya mesin ini digunakan pada hutan dengan topografi datar atau tidak terlalu curam.

feller buncher tigercat.com

Forwarder

Forwarder adalah alat berat yang digunakan dalam sektor kehutanan untuk mengangkut kayu log hasil penebangan. Karena menggunakan roda karet, biasanya forwarder digunakan untuk medan yang tidak terlalu berat.

forwarder deere.com

Harvester

Harverster merupakan mesin pemanen dan digunakan untuk melakukan penebangan pohon dengan sistem cut to lenght.

harvester komatsuforest.us

Clambunk

Alat ini berfungsi untuk menahan pohon yang telah ditebang agar tidak roboh. Clambunk memiliki 2 bagian utama yaitu, grapple untuk menahan robohnya pohon tebangan dan penjepit log untuk menyarad kayu hasil tebangan.

clambunk inovforest.com

Line Skidder

Line skidder berfungsi untuk menyarad dengan alat sarad berupa kabel. Alat ini biasanya digunakan padan lokasi curam yang sulit dicapai oleh alat berat lainnya.

line skidder forestindustry.com

Grapple Skidder

Salah satu fungsi utama dari grapple skidder adalah untuk menyarad kayu dengan diameter yang besar. Grapple skidder memiliki kelemahan yaitu jika digunakan di lahan basah karena roda penggeraknya menggunakan ban karet.

baca juga:  Silvikultur - Pengertian, Fungsi, Tahap, Sistem dan Tujuan
Grapple Skidder topsimages.com

Motor Grader

Untuk masuk ke dalam hutan umumnya belum terdapat jalan untuk membawa alat berat menuju ke area penebangan. Motor grader memiliki fungsi untuk membuka dan membuat jalan dengan cara meratakan dan memindahkan material tanah atau batuan agar jalur dapat dilewati.

motor grader woodbusiness.ca

Merek Dagang Alat Berat di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai produsen yang memasarkan produk alat-alat berat. Namun hampir seluruh alat berat yang dipercaya dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mengambil hasil hutan adalah produk dari luar negeri. Berikut ini adalah daftar beberapa merek alat berat yang banyak digunakan di Indonesia:

Hitachi

hitachi logo HITACHI

Seperti halnya industri kendaraan bermotor, Jepang juga mendominasi penjualan mesin alat-alat berat kehutanan. Salah satunya merek tersebut adalah Hitachi yang berasal dari Jepang dengan perusahaan di Indonesia yaitu PT Hexindo Adi Perkasa.

Komatsu

komatsu logo KOMATSU

Komatsu juga berasal dari negeri sakura yaitu negara Jepang. Alat berat komatsu di Indonesia di produksi oleh anak perusahaan ASTRA yaitu United Tractor.

Komatsu mendominasi penjualan alat berat di Indonesia dengan market share sebesar 43% dari penjualan domesitik, kemudian disusul oleh Hitachi 21%, Caterpillar 19% dan Kobelco 13%.

Caterpillar

caterpillar logo CATERPILLAR

Merek dagang alat berat Caterpillar berasala dari Amerika Serikat, seringkali dikenal dengan merek “CAT”. Alat berat merek ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibanding dengan alat berat dari perusahaan Jepang. Di Indonesia, Caterpillar diproduksi oleh perusahaan grup TMT (Tiara Margo Trakindo), yaitu PT Trakindo Utama.

Kobelco

kobelco logo KOBELCO

Kobelco merupakan perusahaan alat berat yang berasal dari Jepang selain Hitachi dan Komatsu. Produsen alat berat Kobelco di Indonesia adalah PT Kobelco Construction Machinery yang berada di Bekasi, Jawa Barat.

5.0
26