Tahukah Arti Suara Kucing Ini? Pahami Maksud Kucing Peliharaanmu

4/5 - (4 votes)

Kucing adalah jenis binatang terpopuler untuk dijadikan peliharaan di rumah. Sifatnya yang mudah beradaptasi dengan manusia membuatnya memiliki hubungan erat dengan si pemilik. Tingkah lucu kucing yang menggemaskan pun dianggap sebagai perilaku menarik untuk diamati.

Selain melalui perilaku, kucing seringkali mengeluarkan suara-suara dengan arti tertentu untuk berkomunikasi. Misalnya suara kucing mengeong, mendengkur, ataupun berteriak merupakan suara yang memiliki arti berbeda-beda. Jika kucing melakukan hal tersebut, maka dipastikan hewan lucu ini sedang berkomunikasi dengan makhluk lain, sesama kucing ataupun manusia.

kucing bermain Pixabay

Jika kita melihat gerak-geriknya secara seksama dan memperhatikan apa yang diinginkan oleh kucing, kita bisa memahaminya melalui suara yang dikeluarkan. Oleh sebab itu, mengerti suara kucing menjadi keuntungan tersendiri dalam menjalin hubungan antara kucing dan pemiliknya.

Contohnya saat kucing melihat seekor burung atau cicak, kucing akan bersuara dengan celotehan aneh. Suara-suara kucing tersebut sebenarnya mengartikan bahwa mereka ingin menangkap burung atau cicak yang dilihatnya. Selain mengeluarkan suara meong, menggeram, dan mendengkur, kucing bisa menghasilkan suara lebih variatif sesuai pesan apa yang ingin disampaikan.

Aneka Suara Kucing

Ada beberapa suara kucing yang menandakan bahwa ia sedang senang atau merasa nyaman. Namun ada juga suara yang menandakan kekhawatiran, kemarahan, ataupun ketakutan.

kucing tidur Pixabay

Sejatinya semua jenis suara kucing tersebut mengindikasikan kondisi pikiran dan emosional seekor kucing sebagai salah satu makhluk hidup.

Berikut ini adalah beberapa jenis suara kucing yang perlu kita ketahui agar dapat memahami apa yang diinginkan atau dirasakannya, antara lain:

1. Arti Suara Kucing Mengeong

Suara khas yang dimiliki kucing peliharaan adalah meong. Suara ini memiliki banyak makna yang biasanya berupa ucapan selamat datang atau tanda bahwa sang kucing sedang lapar. Namun jika kucing mengeluarkan suara meong dengan nada dan durasi lebih panjang, kemungkinan kucing tersebut sedang merasakan kekhawatiran, kesedihan, ataupun ketakutan.

2. Arti Suara Kucing Meracau

Jenis suara ini biasanya terdengar seperti suara ketukan gigi ketika kucing sedang melihat ke arah luar rumah. Hal semacam ini biasa dilakukan ketika kucing kesayangan melihat burung atau cicak di dinding dan sifat alami sebagai pemangsanya sedang naik. Namun sayang, kucing meracau juga bisa diartikan sebagai tanda stres karena kucing tidak bisa memburu mangsanya.

3. Arti Suara Kucing Mendesis

Suara kucing mendesis tidak seperti suara ular. Jika kucing mengeluarkan desisan mirip seperti daging yang sedang dipanggang di atas bara api, maka kucing sedang merasa terancam dan siap melawan apapun yang menghadangnya. Biasanya, desisan kucing disertai dengan bentuk telinga yang tegak ke arah belakang.

baca juga:  Burung Perkutut - Taksonomi, Jenis, Ciri Jantan / Betina, Karakteristik, Pakan, Perawatan & Mitos

4. Arti Suara Auman Kucing

Suara kucing mengaum juga dikenal dengan sebutan caterwaul biasanya dilakukan oleh kucing ketika memasuki fase birahi atau musim kawin. Teriakan ini biasanya dilakukan kucing untuk memanggil dan menarik perhatian pasangannya.

5. Arti Kucing Berteriak / Menjerit

Kucing yang berteriak bisa menandakan dua hal, yaitu sat kucing betina merasa kesakitan karena proses kawin atau kucing jantan sedang berkelahi untuk mempertahankan teritorial masing-masing.

5. Arti Suara Kucing Menggeram

Umumnya, suara geraman kucing merupakan satu paket dengan desisan ketika mereka merasa takut dan terancam. Bukan hanya kucing rumahan, semua jenis kucing yang ada di dunia ini, termasuk harimau dan singa juga melakukan geraman yang artinya mereka dalam posisi siap menyerang.

6. Arti Suara Kucing Mendengkur

Biasanya ketika kita membelai kucing peliharaan, pasti terdengar suara dengkuran dari kucing tersebut. Ini tandanya kucing merasa senang dan nyaman dengan sikap kita.

Akan tetapi, suara kucing yang sedang mendengkur juga bisa berarti mereka sedang khawatir. Apalagi jika bentuk telinga kucing mengarah ke belakang dan tubuhnya tampak menegang.

7. Arti Suara Meraung

Raungan kucing bisa diartikan sebagai dua hal yang berbeda. Pertama adalah keinginan untuk mencari pasangan dan kawin. Sedangkan arti yang kedua adalah ketika kucing merasa teritorialnya terancam. Jika kita memperhatikan kucing sering meraung dan sulit berhenti, bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda bahwa ia sedang merasa kesakitan.