Atlas – Pengertian, Syarat, Unsur, Fungsi, Manfaat, Ciri, Beda Dengan Peta & Globe

Beberapa diantara kita pasti tidak asing lagi dengan istilah atlas. Melalui atlas kita bisa melihat bagaimana bentuk suatu wilayah dengan berbagai keterangan penjelasnya.

Atlas yang kita kenal berbentuk buku yang berisi peta-peta kawasan di bumi. Untuk lebih memahaminya, simak paparan lengkap mengenai atlas berikut ini.

Pengertian Atlas

Menurut pengertiannya, atlas adalah suatu kumpulan peta yang sengaja disatukan dan dijilid layaknya sebuah buku. Istilah atlas diambil dari nama salah satu dewa Yunani. Sosok atlas sering digambarkan sebagai seorang dewa yang sedang memikul bumi di atas pundaknya.

atlas Pixabay

Peta dunia dengan bentuk atlas modern pertama dibuat oleh Ortelius – Theatrum Orbis Terrarum di tahun 1570. Meski terdiri dari beberapa jenis peta, tapi sebenarnya atlas berbeda dengan peta pada umumnya. Atlas bisa dikategorikan sebagai buku berisi bermacam-macam peta yang dilengkapi gambar, data statistik, diagram, warna, dan uraian penjelasan pendukung.

Syarat Atlas

Atlas memiliki beberapa syarat umum yang haris dipenuhi, antara lain:

1. Judul

Atlas selalu memiliki judul yang mencerminkan isinya, misalnya atlas dunia, atlas Indonesia, atlas sejarah Indonesia, dan lain sebagainya. Selain itu, peta yang terdapat pada setiap halaman atlas juga wajib diberi judul sesuai gambaran peta masing-masing.

2. Daftar Isi

Selain judul, atlas juga harus memiliki daftar isi. Tujuan dari adanya daftar isi adalah untuk memudahkan pengguna saat mencari peta yang ingin dilihat dalam atlas tersebut.

baca juga:  Topografi - Pengertian, Pemetaan, Ciri, Komponen, Cara Membaca Peta & Manfaat

3. Warna, Simbol & Legenda

Pada peta-peta umum, biasanya terdapat tata warna khusus sesuai simbol peta yang terdapat di dalam legenda. Poin ini lebih sering dicantumkan pada bagian halaman depan sebagai legenda yang menjelaskan arti dari simbol-simbol di dalam atlas tersebut.

4. Indeks

Di setiap halaman akhir atlas, ada sebuah indeks yang memuat nama-nama di dalam atlas tersebut. Misalnya, nama pulau, kota, sungai, laut, selat, gunung, kepulauan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya syarat-syarat atlas yang lengkap dan disusun secara sempurna, maka berbagai informasi yang terdapat di dalamnya bisa diketahui dengan mudah. Hal ini mencakup informasi fisik ataupun informasi kondisi sosial ekonomi suatu wilayah.

Fungsi Atlas

Selain syarat, atlas juga mempunyai beberapa fungsi tertentu, antara lain:

  • Sebagai petunjuk lokasi atau tempat dalam pemetaan suatu wilayah.
  • Sebagai acuan informasi posisi, letak, dan luas suatu lokasi atau wilayah.
  • Sebagai pedoman yang menunjukkan relief penampakan bumi di suatu wilayah.

Ciri-Ciri Atlas

Perlu kita ketahui, atlas juga memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut:

  • Atlas selalu menggunakan tata warna pada peta yang disesuaikan dengan simbol yang ada.
  • Pada bagian halaman depan mencantumkan legenda yang menjelaskan secara detail dan rinci tentang arti dari berbagai simbol di dalam atlas.
  • Pada bagian halaman akhir atlas selalu memuat indeks berisi nama-nama yang terkait dengan isi peta.

Jenis Atlas

Berdasarkan jenisnya, atlas terbagi menjadi tiga, yaitu:

1. Atlas Umum

Atlas umum merupakan jenis atlas yang memberikan informasi secara umum. Biasanya, atlas jenis ini menjelaskan tentang penampakan geografi di permukaan bumi, misalnya atlas regional, atlas dunia, atau atlas nasional.

Atlas umum terbagi menjadi beberapa bagian lain, antara lain:

  • Atlas nasional digambarkan sebagai peta yang berisi deskripsi satu negara lengkap dengan penampakan fisik beserta sosialnya.
  • Atlas regional yang memuat tentang negara-negara dalam satu kawasan. Biasanya, atlas regional ini menyajikan peta negara-negara di dunia yang saling berdekatan dan memiliki beberapa kesamaan secara historis atau sosial ekonomi, contohnya Atlas Asia atau Atlas Eropa.
  • Atlas dunia memuat negara-negara di seluruh penjuru dunia secara lengkap dan utuh dari semua benua yang ada.
baca juga:  14 Julukan Indonesia di Mata Dunia! Kita Patut Bangga!

2. Atlas Khusus

Atlas ini merupakan atlas yang hanya memuat satu jenis informasi sesuai dengan judulnya. Adapun contoh dari atlas khusus adalah sebagai berikut:

  • Atlas penduduk yang berisi tentang persebaran penduduk di suatu wilayah.
  • Atlas geologi yang memaparkan keadaan geologi atau batuan suatu wilayah tertentu.

3. Atlas Semesta

Atlas semesta merupakan salah satu jenis atlas yang berisi tentang keadaan semesta lain yang berhubungan dengan sistem tata surya, galaksi, perbintangan, hingga peredaran benda-benda di ruang angkasa.

Unsur Atlas

Atlas mempunyai beberapa unsur yang ada di dalamnya, antara lain:

1. Judul Atlas

Judul adalah informasi awal dari atlas yang harus mampu mencerminkan keseluruhan isinya. Contohnya adalah Atlas Dunia yang berisi tentang peta permukaan bumi baik perairan ataupun daratan, peta di wilayah kutub utara dan kutub selatan hingga peta benua di seluruh dunia.

2. Daftar Isi

Daftar isi adalah nama-nama peta yang ada di dalam atlas tersebut yang telah disusun secara lengkap dengan halaman tempat peta disajikan. Daftar isi semacam ini berfungsi untuk membantu pengguna mempermudah pencarian peta yang diinginkan.

3. Kata Pengantar

Menurut pengertiannya, kata pengantar adalah ungkapan pembuat atlas tersebut yang berkaitan dengan isi serta tujuan pembuatannya.

4. Legenda

Legenda adalah keterangan yang menjelaskan soal simbol-simbol di dalam peta.

5. Tahun Pembuatan Atlas

Tahun pembuatan atlas selalu dicantumkan supaya pengguna mengetahui kapan atlas tersebut dibuat. Hal ini terkait dengan kesesuaian data yang disajikan berdasarkan waktu penggunaannya.

baca juga:  (A-Z) Daftar Suku di Indonesia Lengkap, Apa Aja Ya?

6. Daftar Indeks

Daftar indeks merupakan daftar nama obyek geografi, baik berupa fisik atau sosial budaya yang disusun sesuai kelompok tertentu. Misalnya gunung, kota, pulau, sungai, selat, laut, dan lain sebagainya.

Manfaat Atlas

Atlas memberikan manfaat bagi keilmuan, antara lain:

  • Membantu mengetahui informasi soal keadaan fisik alam, seperti laut ataupun pulau.
  • Membantu mengetahui informasi soal budaya, seperti persebaran kerajaan atau peninggalan situs budaya.
  • Membantu mengetahui informasi lokasi suatu wilayah, seperti kota, provinsi, atau pusat perekonomian.
  • Membantu mengetahui informasi keadaan sosial ekonomi, seperti persebaran hasil industri ataupun tambang.

Perbedaan Atlas, Peta & Globe

Setelah mengetahui definisi dan segala unsur atlas, pasti muncul pertanyaan apa perbedaan antara atlas dengan peta dan globe. Meski sama-sama menampilkan gambaran permukaan bumi atau suatu wilayah, ternyata ketiganya memiliki beberapa perbedaan, yaitu:

1. Peta

Berdasarkan pengertian yang dikutip dari KBBI, peta adalah gambar atau lukisan di atas kertas yang menunjukkan letak tanah, sungai, gunung, laut dan lain sebagainya. Biasanya peta menampilkan gambaran permukaan bumi atau suatu wilayah pada bidang datar menggunakan skala tertentu sesuai kebutuhannya.

peta indonesia Google Images

Pada peta, gambar suatu wilayah ini terlihat dari sisi atas sehingga bisa dikatakan serupa dengan kondisi sebenarnya. Peta juga memiliki simbol-simbol khusus yang digunakan sebagai keterangan untuk menjelaskan kondisi sebenarnya. Mulai dari simbol arah mata angin, simbol bentuk permukaan tanah, hingga simbol batas suatu daerah.

2. Globe

Istilah globe ternyata berasal dari bahasa Latin, yaitu globus yang berarti bola atau bulatan. Globe juga bisa diartikan sebagai permukaan bumi yang sengaja dibuat berbentuk seperti bola. Oleh sebab itu, semua globe dibuat pada bidang bulat untuk menyerupai bentuk bumi yang sebenarnya. Jika ingin menemukan suatu wilayah tertentu, kita hanya perlu memutar globe tersebut.

globe Pixabay

Globe juga memiliki garis-garis koordinat khusus yang berfungsi sebagai penunjuk lokasi suatu wilayah. Garis koordinat seperti ini juga bisa kita temukan pada peta.

Adapun manfaat dari globe adalah:

  • Globe bisa membantu mengetahui perbedaan waktu di berbagai tempat yang ada di seluruh permukaan bumi.
  • Globe membantu menjelaskan proses terjadinya siang dan malam.
  • Globe membantu mengetahui perputaran gerak atau rotasi bumi, gerhana bulan, dan juga gerhana matahari.
  • Globe membantu menjelaskan letak garis bujur, lintang, ekuator, hingga posisi suatu benua.

Industrial Engineer, Civil Servant, Entrepreuner & Writer.