Biologi – Pengertian, Sejarah, Cabang Ilmu & Manfaat

Biologi merupakan salah satu jenis ilmu pengetahuan yang dipelajari pada jenjang pendidikan di dunia. Pasti diantara kita pernah mempelajari ilmu biologi, baik melalui pendidikan akademik maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Namun demikian, tak banyak yang tahu tentang apa itu sebenarnya biologi, manfaat mempelajarinya, cabang-cabang ilmu, serta contohnya.

Pengertian Biologi

Hal pertama yang harus diketahui saat mempelajari biologi adalah pengertian dari istilahnya sendiri. Dilihat dari sisi etimologinya, biologi merupakan kata yang berasal dari Bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti ilmu dan logos yang berarti hidup.

Apabila diartikan, biologi adalah suatu ilmu tentang kehidupan, termasuk di dalamnya mempelajari tentang makhluk hidup, hubungan antar makhluk hidup, dan juga hubungan dengan lingkungan sekitarnya.

Berdasarkan definisi tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari segala hal tentang kehidupan di bumi, meliputi manusia, tumbuhan, hewan, dan lingkungan tempat tinggalnya.

Ilmu biologi juga mempelajari tentang organisme hidup lain di muka bumi ini, termasuk di dalamnya mempelajari tentang evolusi, struktur, persebaran, pertumbuhan dan taksonominya. 

Sejarah Ilmu Biologi

Ilmu biologi ternyata mengalami sejarah cukup panjang sebelum pada akhirnya digunakan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan seperti saat ini. Diketahui, istilah biologi pertama kali digunakan oleh Linnaeus di tahun 1736 pada karyanya yang berjudul Bibliotheca Botanica. Meski begitu, ilmu yang mengkaji tentang alam dan semua hal yang berkaitan dengan alam telah ada jauh sebelum waktu tersebut.

Siapa sangka, penggunaan istilah biologi sudah ada sejak era peradaban Cina, Mesir, dan India. Namun, pendekatan dan ilmu yang mempelajari tentang alam secara modern dan menyeluruh pertama kali diterapkan saat memasuki era Yunani Kuno. Di masa tersebut, pelopor kajian ilmu ini adalah Aristoteles dan Hipocrates.

Apabila melihat kembali pengertian biologi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ilmu ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang beragam kehidupan di muka bumi. Di masa perkembangannya, beberapa ilmuwan pun telah menerapkan sejumlah pengetahuan biologi pada berbagai jenis percobaan demi mendapatkan banyak manfaat di baliknya.

Cabang dan Contoh Ilmu Biologi

Seperti yang diketahui, biologi adalah lingkup ilmu yang jauh lebih besar di mana di dalamnya masih terbagi lagi menjadi beraneka cabang ilmu. Dari pengertian biologi yang telah disebutkan di atas, ilmu biologi bukan hanya sekadar mempelajari satu aspek kehidupan, namun juga mempelajari segala kehidupan di bumi ini, bahkan sampai ke aspek paling kecil.

ilmu biologi stkipnganjuk.net

Oleh sebab itu, setiap cabang aspek dipelajari dalam tiap cabang ilmu dengan fokus yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa cabang ilmu biologi, antara lain:

1. Anatomi

Cabang ilmu biologi yang pertama akan kita bahas adalah anatomi. Pada dasarnya, cabang biologi ini mempelajari tentang bentuk dan fungsi dari makhluk hidup di bumi, mulai dari hewan, tumbuhan dan organisme lainnya, terutama struktur serta fungsi tubuh manusia.

2. Botani

Selanjutnya adalah botani yang merupakan salah satu bentuk kajian ilmu biologi yang secara khusus mempelajari tentang segala aspek dari tumbuhan. Ilmu botani mempelajari semua hal yang berkaitan dengan perkembangan, pertumbuhan, metabolisme, evolusi, komponen biotik dan abiotic, serta reproduksi tiap-tiap jenis tumbuhan.

3. Bakteriologi

Bakteri merupakan unsur terkecil dari kehidupan di muka bumi yang dipelajari melalui cabang ilmu biologi bernama bakteriologi. Cabang ilmu ini mempelajari tentang klasifikasi, anatomi, cara kerja sel pada setiap bagian tubuh bakteri, dan tanggapan bakteri atas segala perubahan pada lingkungannya. Perlu diketahui pula, bakteriologi adalah salah satu bagian dari mikrobiologi.

4. Mikrobiologi

Secara umum, mikrobiologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari segala hal tentang mikoorganisme. Obyek kajian utamanya adalah makhluk hidup yang memiliki ukuran mikro atau yang kerap disebut dengan mikroorganisme. Biasanya, makhluk semacam ini memerlukan alat khusus bernama mikroskop untuk melihatnya.

Diketahui pula, cabang ilmu satu ini mempelajari segala jenis mikroorganisme, baik itu bakteri, alga mikroskopik, protozoa, fungi, dan juga archaea.

5. Fisiologi

Fisiologi merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang fungsi kerja tubuh makhluk hidup. Dalam cabang ilmu ini dipelajari tentang organ, sistem organ, sel, jaringan, biomolekul, dan organisme dalam menjalankan fungsinya secara fisik ataupun kimia yang berguna untuk mendukung suatu kehidupan.

Fisiologi terbagi lagi berdasarkan obyek kajiannya, yaitu fisiologi manusia, hewan, dan tumbuhan. Meski demikian, prinsip ilmu satu ini bersifat universal. Artinya, tidak tergantung pada mikroorganisme apa yang dipelajari.

Daftar cabang ilmu biologi yang telah disebutkan di atas merupakan sebagian kecil dari cabang ilmu yang ada pada biologi. Tentu saja, ada lebih banyak cabang ilmu lain yang mempelajari berbagai aspek dan obyek yang berbeda pula.

Manfaat Ilmu Biologi

Setelah membahas sedikit tentang pengertian biologi dan juga cabang-cabang ilmunya, ternyata biologi pun banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

pertanian modern disruptordaily.com

Pemanfaatan ilmu ini mungkin secara tidak sadar juga dimanfaatkan dalam setiap kehidupan sehari-hari manusia, seperti beberapa contoh pemanfaatan berikut ini, yaitu:

1. Manfaat Biologi di Bidang Pertanian

Pemanfaatan pertama ilmu biologi yang paling umum dilakukan oleh manusia ada pada bidang pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Di zaman dahulu, tanpa adanya pemanfaatan ilmu biologi dan cabang-cabang ilmunya seperti ini, para petani masih menggunakan teknik bertani konvensional super sederhana. Tentu saja, hasil yang diperoleh pun menjadi kurang maksimal.

Justru dengan memanfaatkan ilmu cabang-cabang biologi dan juga disertai dengan perkembangan teknologi yang digunakan di dalamnya, kualitas hasil pertanian pun meningkat secara signifikan.

Seperti contohnya, pemanfaatan cabang ilmu biologi molecular dan bioteknologi yang menghasilkan teknik untuk rekayasa genetika. Dengan beragam bentuk rekayasa tersebut, dihasilkan tanaman yang memiliki sifat unggul dan bisa menghasilkan aneka jenis tanaman baru untuk menggantikan varietas tanaman lama yang kurang berkualitas.

2. Manfaat Biologi di Bidang Industri

Pemanfaatan ilmu biologi selanjutnya digunakan dalam bidang industri yang tak berbeda dengan pemanfaatan di bidang pertanian. Dulu, orang-orang cenderung mengambil hasil alam untuk dimanfaatkan secara langsung. Namun ketika pemanfaatan ilmu biologi ini mulai diterapkan, maka diperoleh produk dari alam yang bisa menghasilkan nilai lebih.

Contohnya dalam cabang ilmu mikrobiologi yang mempelajari tentang aneka jenis mikroba dan sifatnya. Ilmu tersebut menghasilkan perkembangan dalam dunia industri makanan dan obat yang justru bermanfaat bagi kesehatan tubuh makhluk hidup di muka bumi ini. Salah satunya adalah bakteri Lactobacillus yang kemudian dikembangkan dalam industri makanan sebagai bahan pembuatan yogurt.

3. Manfaat Biologi di Bidang Kedokteran

Pemanfaatan dalam bidang kedokteran berawal dari ilmu biologi murni yang kemudian dikembangkan di berbagai ilmu terapan lain. Contohnya, di zaman dulu ada banyak jenis penyakit yang sulit disembuhkan sehingga banyak korban jiwa yang berjatuhan.

Namun dengan adanya pengembangan cabang-cabang ilmu biologi ini, terciptalah berbagai jenis obat dan juga vaksin untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut.