Biometrika Kehutanan – Pengertian dan Penerapan

Biometrika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memadukan unsur ilmu matematika, kimia, fisika dan biologi.

Ilmu biometrika digunakan untuk menghitung berbagai hal pada suatu makhluk hidup. Misalnya dalam bidang kehutanan, ilmu ini dapat digunakan untuk menghitung pertambahan tinggi, pertambahan volume, pertambahan biomassa, perhitungan kadar klorofil tumbuhan untuk proses fotosintesis, dan pengukuran lainnya.

Obyek utama dalam keilmuan biometrika kehutanan adalah pohon-pohon yang tumbuh di hutan dengan menggunakan berbagai parameter yang ada.

Pengertian Biometrika

Pengertiannya dapat dijelaskan dari 2 sudut pandang, yaitu sudut pandang biologi dan sudut pandang berdasarkan ciri fisik atau perilaku yang dapat dikenali oleh manusia.

pengukuran pohon petzl.com

Pengertian biometrika dari sudut pandang biologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai pengumpulan, analisis sintesis, dan manajemen kuantitatif tentang komunitas biologi (hutan).

Sedangkan, pengertian biometrika dari sudut pandang pengenalan manusia berdasarkan ciri fisika atau perilaku menurut Prodon, 1968 adalah kombinasi metode-metode statistika untuk mencatat dan menggambarkan proses kehidupan.

Kemudian menurut Gregoire (2009), biometrika kehutanan adalah pengembangan dan penerapan metode-metode statistika untuk menilai, menduga, dan mengevaluasi karakteristik-karakteristik biologis dan proses-proses di dalam hutan.

Penerapan Biometrika Bidang Kehutanan

Pengembangan ilmu biometrik yang dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah teknologi pemindaian retina, pemindaian sidik jari, penghitungan detak jantung dengan alat tertentu, dan lain sebagainya.

alat biometrika phys.org

Fokus dalam sektor kehutanan, biometrika dapat digunakan sebagai upaya atau cara untuk mengelola hutan secara lestari, dimana dalam bidang kehutanan ilmu ini berperan sebagai:

  1. Alat metode sampling dalam inventarisasi hutan untuk mengetahui potensi tegakan
  2. Kajian analisis regresi untuk memodelkan karakteristik pohon dan tegakan, pertumbuhan, dan dinamika tegakan
  3. Perancangan percobaan untuk mengetahui bagaimana respon pohon atau tegakan terhadap perlakuan yang diujikan dan kondisi-kondisi alami

Software dan Aplikasi

Penerapan ilmu ini dapat dilakukan dengan perhitungan secara manual maupun otomatis dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi.

Kendala yang dirasakan jika melakukan perhitungan secra manual biasanya adalah kesulitasn karena data-data kompleks dan banyak. Data-data tersebut terdiri atas data nominal, ordinal interval dan rasio. Sehingga diperlukan bantuan software atau aplikasi agar perhitungan biometrika dapat dilakukan lebih cepat dan akurat.

Beberapa software atau aplikasi yang umumnya digunakan adalah Microsoft Excel (Rumus Formula), Minitab, dan SPSS.