Blue Lagoon Jogja – Pemandian Air Alami

Blue Lagoon Jogja – Jika berkunjung ke Sleman, Jogjakarta, jangan lupa seru-seruan bermain air di Pemandian Alami Blue Lagoon. Meski tersembunyi, Blue Lagoon merupakan destinasi yang cukup terkenal dan banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke sini.

Airnya yang jernih biru kehijauan membuat pengunjung tak kuasa ingin nyebur dan menikmati segarnya air di Blue Lagoon.

Keindahan alam yang ada di sekitarnya juga berhasil membuat takjub seperti berada di luar negeri. Di Blue lagoon juga banyak persewaan fasilitas permainan air seperti ban, pelampung atau alat senorkeling yang membuat kegiatan bermain air semakin seru.

Simak baik-baik cara menuju, biaya wisata dan keseruan apa saja yang ada di wisata pemandian alami Blue Lagoon Jogja.

Transportasi ke Blue Lagoon Jogja

Meski terkesan tersembunyi, ternyata wisata Blue Lagoon tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Wisata pemandian alami Blue Lagoon Jogja terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogjakarta.

Untuk menuju kesana medannya tidak sulit, bisa melakukan perjalanan naik motor maupun mobil pribadi. Atau jika ingin sewa juga banyak yang menawarkan sewa kendaraan ke Blue Lagoon dengan atau tanpa guide.

Menuju wisata air di Sleman ini dapat dilakukan melalui rute melewati Jalan Kaliurang kemudian ke Jalan Besi Raya. Nanti kita akan bertemu dengan persimpangan tiga di Jalan Besi Raya, pilihlah rute Jalan Besi Jangkang. Sekitar 3 km dari tempat tersebut akan bertemu persimpangan dan pilihlah Jalan Cangkringan.

Selanjutnya, akan banyak persimpangan yang ditemui. Persimpangan pertama, pilih belokan ke kanan lalu lanjutkan perjalanan hingga 200 meter. Kemudian bertemu persimpangan kedua, pilih belokan ke kiri dan lanjutkan perjalanan 100 meter. Selanjutnya bertemu persimpangan ketiga, belok ke kiri. Setelah itu akan terlihat area wisata pemandian alami Blue Lagoon Jogja.

Jika kurang jelas, kita juga bisa menggunakan Google Maps dan mengetik tujuan Blue Lagoon Jogja.

Budget Minimal, Seru-seruan Maksimal

Keindahan alam dan kejernihan air di Blue Lagoon Jogja sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Namun, siapa sangka main-main ke wisata alam seindah ini tidak perlu membayar mahal.

Untuk masuk ke area wisata Blue Lagoon Jogja, cukup sediakan uang 10 ribu rupiah untuk membayar tiket masuk. Sedangkan biaya parkirnya hanya 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil, sangat terjangkau. Jam buka wisata Blue Lagoon dari pukul 6 pagi sampai pukul 5 sore, dari hari Senin sampai Jumat.

blue lagoon yogya inibaru.id

Bukan hanya itu, tiket masuk yang dibanderol 10 ribu rupiah itu ternyata sudah termasuk satu paket dengan welcome drink dari pengelola wisata. Pengunjung akan mendapatkan lemon tea atau teh.

Kemudian, untuk menikmati keseruan bermain air di Blue Lagoon, pengunjung bisa menyewa ban seharga 5 ribu, pelampung 10 ribu dan alat senorkeling 20 ribu rupiah. Bukan hanya tiket masuk dan parkirnya yang murah, sewa alat permainan airnya pun murah meriah.

Menjajaki Wisata Blue Lagoon Jogja

Wisata pemandian alami Blue Lagoon menyediakan banyak sekali pilihan wahana atau permainan air. Wisatawan dapat berenang, berendam, berselancar, pijat relaksasi dan lain sebagainya. Berikut ini hal-hal bisa dilakukan di Blue Lagoon, antara lain:

blue lagoon jogja tempatrekreasi.id

1. Berenang dan Berendam di Air yang Dingin

Berenang di Blue Lagoon merupakan suatu keharusan yang dilakukan para pengunjung atau wisatawan. Bagaimana tidak, airnya super jernih dan warnanya yang biru kehijauan membuatnya semakin cantik. Sesaat setelah sampai, rasanya ingin langsung nyebur dan merasakan segarnya mandi di Blue Lagoon.

Air yang dingin akan memberikan rasa rileks dan juga salah satu cara untuk menghilangkan stress akibat runititas yang melelahkan. Bentuk kolam Blue Lagoon ini seperti ceruk dan dikelilingi oleh bebatuan. Daerah di sekitarnya juga masih asri dengan pepohonan hutan.

2. Melompat Bebas dari Tebing

Pemandian di Blue Lagoon ini memang sangat alami karena masih dikelilingi oleh hutan yang rindang. Selain itu, pemandian ini juga dikelilingi atau dibatasi dengan tebing-tebing yang tidak terlalu tinggi.

Nah, tebing inilah yang sering digunakan oleh pengunjung untuk melombat bebas sambil berpose jungkir balik. Tetapi ingat, permainan apapun yang dilakukan harus tetap berhati-hati.

Jika belum mahir berenang ataupun melompat dari tebing, pengunjung bisa menyewa ban atau pelampung agar bisa tetap menikmati segarnya mandi di Blue Lagoon. Untuk yang suka menyelam bisa sekalian menyewa peralatan senorkeling. Persewaan senorkeling dikenakan tarif sebesar 20 ribu rupiah saja.

3. Pijatan Relaksasi di Bawah Pancuran

Jika lelah bermain tetapi masih ingin berendam di Blue Lagoon, kita bisa mencoba pijatan relaksasi. Pijatan yang satu ini bukan dilakukan oleh orang atau tukang pijat, tetapi dari pancuran air. Pancuran air yang dingin dan jatuh ke punggung akan terasa seperti pijatan relaksasi dan badan jadi nyaman layaknya dipijat oleh tukang pijat profesional.

4. Berselancar di Bendungan

Di sini juga terdapat bendungan berupa kolam pemandian yang diperuntukkan untuk wisatawan yang ingin berselancar. Pengunjung biasanya akan menggunakan ban atau pelampung dan mulai berseluncur ria bersama dengan teman atau keluarga. Bendungan ini juga menjadi salah satu wahana paling populer dan wajib dicoba.

5. Santai di Gazebo

Setelah bermain air, berenang, menyelam atau senorkeling seharian di Blue Lagoon, pasti kita merasa lelah dan lapar. Kita dapat istirahat atau santai-santai sejenak di gazebo-gazebo yang tersedia. Bisa juga sambil makan atau membuka camilan yang di bawa dari rumah. Jika tidak membawa bekal, maka bisa berkunjung ke warung-warung di area wisata dan harga pun cukup terjangkau.

Pemandian alami Blue Lagoon Jogja ini mulai dikenal dan dikunjungi banyak orang sejak tahun 2014. Saat itu ada sekumpulan mahasiswa yang sedang melaksakan KKN dan main ke Blue Lagoon. Nah, dari situlah berawal dari unggahan foto mereka, Blue Lagoon mulai dicari banyak wisatawan yang penasaran dengan jernih dan beningnya air di Blue Lagoon. Warna airnya pun biru kehijauan sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

selfie di air dolanyok.com

Fasilitas Lengkap Membuat Pengunjung Betah

Tidak perlu khawatir soal fasilitas, di Blue Lagoon ini tersedia fasilitas lengkap sehingga pengunjung pun semakin betah berlama-lama. Di area wisata Blue Lagoon tersedia gazebo untuk duduk-duduk santai beristirahat sejenak sambil makan. Warung-warung di sekitar area wisata juga banyak menyediakan menu makanan yang beragam.

Fasilitas lain seperti toilet dan musholla pun ada, semua fasilitas sudah disediakan dan dipelihara dengan baik oleh pengelola wisata. Area parkirnya luas, ada tempat penitipan barang juga.

Sedangkan fasilitas permainan air yang ada di Blue Lagoon ini juga banyak disewakan, seperti ban, pelampung bahkan alat senorkeling. Bagi wisatawan yang ingin tinggal lebih lama bisa menginap di homestay.

Seperti itulah kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke pemandian alami Blue Lagoon Yogja yang terkenal sejak tahun 2014 ini. Jangan lupa menyempatkan diri main air di sana saat berlibur ke Jogja. Karena pengalaman seru berenang dan bermain di air jernih yang berwarna biru kehijauan ini belum tentu bisa didapatkan di tempat lain.