Buah Plum – Taksonomi, Karakteristik, Asal, Sebaran, Jenis Pohon & Manfaat

Buah plum dalam istilah bahasa Indonesia disebut dengan buah prem. Namun istilah bahasa Inggrisnya “plum” lebih populer dan sering digunakan.

Tanaman plum adalah flora dari sub gebus Prunus, yaitu masih satu keluarga dengan buah ceri dan peach. Meski konsumsi buah plum di Indonesia sebanyak di negara lain, akan tetap buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Taksonomi Plum

Berikut adalah klasifikasi ilmiah tanaman plum secara lebih rinci, yaitu:

KerajaanPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoRosales
FamiliRosaceae
SubfamiliMaloideae or Spiraeoideae
GenusPrunus
SubgenusPrunus

Karakteristik Tanaman Plum

Tumbuhan berbuah yang terbagi menjadi 3 jenis subgenus meliputi Prunus (Dunia Lama), Prunocerasus (Dunia Baru) dan Amerniaca (Aprikot) ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

tanaman plum Pixabay

1. Batang

Pohon plum yang banyak dibudidayakan saat ini mempunyai ukuran medium. Biasanya tumbuh sekitar 5 sampai 6 meter. Batang pohonnya mempunyai tingkat kekerasan sedang.

Jika tidak dipangkas dan dibiarkan tumbuh liar, pertumbuhan pohon plum dapat mencapai setinggi 12 meter dan lebarnya mencapai 10 meter.

2. Buah Plum

Buah plum termasuk buah berukuran sedang, diameternya sekitar 2 cm sampai 7 cm. Bentuk buahnya bulat, namun ada beberapa variasu yang berbentuk oval. Rasa dagingnya agak asam dan mengandung banyak air. Kulit buahnya lembut serta terdapat lapisan lilin alami pada permukaan yang melekat pada daging buah.

Buah plum memiliki biji yang dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman. Jika ingin menanam buah plum di pekarangan rumah, kita bisa menebar biji buah tersebut.

3. Bunga

Pohon plum mempunyai bunga yang akan mekar di awal musim semi. Ketika sedang berbunga, pohonnya akan tertutupi oleh bunga. Sekitar 50% dari bunga yang tumbuh akan mengalami penyerbukan dan kemudian menjadi buah plum.

4. Pertumbuhan

Pohon plum pada umumnya tidak bisa tumbuh di kawasan yang terlalu kering. Pada iklim yang sangat kering, pohon plum tidak akan berkembang. Pohon bisa saja berbuah, namun buahnya akan jatuh saat masih muda.

Sedangkan jika ditanam di iklim yang terlalu basah juga tidak baik bagi perkembangan pohon plum. Sebab buah plum berpotensi besar membusuk secara cepat.

Pohon plum akan berbuah pada bulan yang berbeda-beda, tergantung tempat menanamnya. Misalnya di Taiwan, pohon plum akan berbuah di bulan januari, sementara di Inggris pada bulan April awal.

5. Rasa Buah Plum

Rasa buah plum umumnya cukup manis dan agak asam. Buah plum sangat lezat disantap ketika masih segar. Banyak juga yang menjadikannya sebagai minuman karena buahnya banyak mengandung air.

Asal & Sebaran Buah Plum

Buah plum diduga menjadi buah pertama yang dibudidayakan oleh manusia. Sebab tiga kultivar utama buah plum tidak bisa ditemukan di alam liar, melainkan hanya ditemukan di tempat yang telah dikelola oleh pembudidaya.

tumbuhan plum Pixabay

Jenis Prunus domestica dipercaya berasal dari Eropa Timur dan pegunungan Kaukasia. Sementara jenis Prunus salicina dan Prunus simonii berasal dari Asia.

Penemuan fosil buah plum berasal dari masa Neolitikum. Masa dan tempat arkeologisnya sama dengan penemuan buah zaitun, anggur, dan buah ara. Para peneliti sepakat jika tumbuhan plum diperkirakan berasal dari Iran.

Penamaan Buah Plum

Nama “plum” berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris kuno, yaitu plume. Kata plume kemungkinan berasal dari bahasa Jerman yang digunakan pada masa lalu dan juga dari bahasa Latin “prünum” dari masa Yunani Kuno.

Pada akhir abad ke-18, kata “plum” digunakan untuk menggambarkan “sesuatu yang menggiurkan”, mengarah pada buah-buah kecil sebagai makanan penutup.

Jenis Buah Plum

Buah plum telah dibudidayakan dan berkembang menjadi berbagai macam kultivar.Berikut ini adalah beberapa jenis kultivar buah plum yang cukup populer, antara lain:

1. Plum Damson

Kultivar buah plum ini mempunyai kulit berwarna ungu atau hitam. Daging buahnya berwarna hijau dan rasanya asam. Nama latinnya adalah Prunus insititia, sementara penyebutan kunonya adalah damascene. Buah plum Damson dapat dikonsumsi secara langsung. Buahnya berukuran kecil dan biasanya diolah untuk kuliner, seperti selai.

Di Asia Tengah dan Asia Tenggara, buah plum jenis Damson biasa disebut sebagai jamblang. Sementara di Jamaika, buah ini disebut bitter damson (damsoh pahit) atau mountain damson (damson pegunungan).

Pohon plum Damson karakteristiknya cukup kuat. Bahkan pohon ini juga dijadikan tanaman pelindung dari angin di daerah Shropshire dan Kent, Inggris.

Di kawasan lain, pohon plum Damson digunakan sebagai naungan bagi tanaman lain yang kurang kokoh. Contoh perkebunan dngan pohon plum Damson berada di Lyth Valley di Westmorland dan Teme Valley di Malverns, Inggris.

Buah plum Damson diperkenalkan kepada koloni Amerika oleh orang Inggris. Oleh orang Amerika, jenis plum ini dianggap sebagai jenis plum yang paling enak dibandingkan buah plum Eropa lainnya. Plum Damson kemudian ditanam oleh petani Amerika, hingga sekarang bisa ditemukan tumbuh liar di Idaho.

2. Plum Greengage

Buah plum jenis Greegage mempunyai tekstur daging yang agak keras. Warna kulit dan dagingnya hijau, bahkan ketika sudah matang. Greengage dikenal sebagai salah satu buah plum Eropa. Namun sebenarnya buah ini berasal dari Iran, yaitu bernama goje sabz. Greengage cocok ditanam di kawasan beriklim sedang.

Rasa plum Greengage manis bagaikan kembang gula. Buah plum jenis ini dianggap yang paling baik di antara buah plum dari gurun lainnya. Bentuk buahnya bulat atau oval dengan tekstur daging buah yang lembut. Ukuran buahnya sekitar 2 cm sampai 4 cm.

Diperkirakan, buah plum Greengage pertama kali dikirim ke Inggris pada tahun 1724 oleh Sir William Gage dari Prancis. Dari sinilah Greengage didapatkan. Tak lama setelah itu, plum Greengage juga dibudidayakan di Amerika, bahkan juga ditanam di perkebunan pada masa presiden George Washington dan Thomas Jefferson.

3. Plum Mirabelle

Warna buah plum Mirabelle ialah kuning gelap. Plum jenis ini biasanya tumbuh di Prancis bagian timur laut. Dalam bahasa InggriS, plum Mirabelle lebih sering disebut sebagai cherry plum. Buahnya berukuran kecil dan bentuknya oval dengan daging buah bertekstur lembut. Mirabelle dikenal dengan rasanya yang manis

Buah plum Mirabelle seringkali digunakan untuk bahan pembuatan pie. Sari buahnya digunakan untuk wine atau brandy. Sebanyak 70% hasil panen buah Mirabelle diolah menjadi selai dan 20% digunakan untuk bahan minuman beralkohol, sementara sisanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar.

Buah plum Mirabelle akan berbuah di bulan Juli sampai pertengahan September di Northern Hemisphere. Cara memanen buahnya cukup unik, yaitu dengan menggoyang pohonnya hingga buah berjatuhan.

4. Satsuma Plum

Ciri buah plum jenis Satsuma adalah memiliki daging buah berwarna merah serta kulit buah berwarna merah.

5. Plum Victoria

Buah plum Victoria mempunyai daging buah berwarna kuning dengan kulit buah berwarna merah atau berbintik-bintik.

6. Yellowgage

Jenis buah plum ini juga disebut golden plum atau plum emas. Kulit dan daging buahnya berwarna kuning cerah.

Manfaat Buah Plum

Buah plum memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama jenis plum yang berwarna ungu. Selain itu, buah plum juga mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang sangat menyehatkan bagi tubuh, isalnya vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan seng.

buah plum Pixabay

Karena kandungan tersebut, tak heran jika buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah plum dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah plum secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah plum sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Buah plum mengandung vitamin A yang cukup banyak, yaitu sekitar 5%.

3. Menurunkan Berat Badan

Plum mengandung asam lemak tak jenuh dan juga termasuk buah yang rendah kalori. Buah plum kaya akan serat, sehingga mengonsumsi buah ini sangat baik bagi seseorang yang menjalani program diet.

4. Mencegah Sembelit

Kandungan serat alami di dalam buah plum sangat tinggi, sehingga dapat melancarkan proses pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sembelit pun dapat dicegah dengan mengonsumsi buah plum secara rutin.

Mencegah Osteoporosis

Buah plum mengandung boron yang mampu memperpanjang daya tahan vitamin D dan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.