Bukit Jamur Bungah – Wisata Bukit Kapur Unik di Gresik

Bukit Jamur Bungah – Jika kebanyakan tempat wisata alam menawarkan panorama pantai dan pegunungan, di Gresik ada obyek wisata unik yang justru mengekspose bebatuan. Mau tahu apakah itu? Baca terus sampai akhir ya!

Bagi penggemar Smurf, tokoh karakter film fiksi bertubuh mini, berwarna biru dan tinggal di dalam rumah berbentuk jamur pasti akan terasa familiar bila datang ke tempat ini. Sebab destinasi wisata ini bentuknya mirip dengan rumah Smurf, yaitu Bukit Jamur Bungah yang berada di Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur.

Keindahan dan keunikan Bukit Jamur yang juga disebut Mushroom Hill atau Mushroom Rock ini terletak pada bukit-bukit batu yang bentuknya mirip jamur. Bukit-bukit ini berukuran mulai setinggi badan manusia hingga 7 meter. Disekitarnya juga dikelilingi oleh bukit-bukit kapur bekas galian tambang batu kapur.

bukit jamur bungah idntimes.com

Banyak yang penasaran dengan panorama alamnya. Umumnya pengunjung akan berfoto dengan latar Bukit Jamur untuk dipajang di media sosial mereka. Jika di potret dari kejauhan, bukit-bukit raksasa yang jumlahnya tak hanya satu ini akan nampak seperti jamur-jamur kecil.

Lalu bagaimana bisa batu-batu ini berbentuk jamur? apakah terbentuk secara alami atau sengaja dibuat oleh manusia? Jawabannya adalah karena disebabkan oleh fenomena erosi, yaitu terkikis oleh angin dan hujan sehingga berbentuk menyerupai jamur.

Meskipun kita bisa datang setiap saat ke Bukit Jamur Bungah, namun sebaiknya datanglah di hari Minggu. Sebab di hari-hari biasa masih ada beberapa penambang kapur yang sedang bekerja dan tentunya kita tak mau mengganggu mereka bukan?

Untuk memasuki kawasan wisata Bukit Jamur Bungah tak perlu mengeluarkan biaya tiket. Namun bagi yang membawa kendaraan pribadi maka harus membayar parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

bukit jamur gresik inigresik.com

Jika memutuskan untuk berlibur kesini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kegiatanmu tidak terganggu dan semakin seru, yaitu jangan datang pada siang hari karena cuaca akan sangat panas. Upayakan membawa payung, topi, dan kacamata hitam. Jangan lupa gunakanlah tabir surya untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari.

Selain itu, bawalah bekal makanan dan minuman mengingat tidak adanya warung disekitar Bukit Jamur Bungah. Kemudian pastikan jangan membuang sampah sembarangan ya!

Oke, jadi buat kamu yang ingin berekreasi ditempat yang tak biasa, maka Bukit Jamur Bungah bisa jadi tujuan alternatif. Selamat berlibur!