Bukit Kapur Sekapuk, Gresik- Liburan Seru di Tebing Ala Yunani

Bukit Kapur Sekapuk – Gresik merupakan salah satu kota industri di Jawa Timur. Kota ini dikenal sebagai produsen semen karena memiliki kekayaan berupa batuan kapur.

Namun selain menjadi kota industri, Gresik juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Bukit Kapur Sekapuk dimana panorama alamnya kerap disandingkan dengan peninggalan peradaban kuno di Yunani.

Sebenarnya Bukit Kapur Sekapuk bukan tempat wisata, karena lokasinya yang berada di area tambang batu kapur. Lokasinya berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Awalnya bukit kapur ini tidak berbeda dengan bukit-bukit kapur disekitarnya. Namun setelah ditambang sejak 1950, kontur tanah bukit ini berubah menjadi berlapis-lapis dan menciptakan pemandangan yang indah.

wisata bukit kapur idntimes.com

Bekas area tambang seluas 3 km ini membentuk tebing tinggi dan lorong-lorong kapur yang membuatnya terlihat unik. Karena bentangan alam inilah lokasi ini banyak dikunjungi orang dan otomatis menjadi tempat wisata yang ramai.

Kegiatan utama yang bisa dilakukan di Bukit Kapur Sekapuk adalah mengumpulkan koleksi foto sebanyak-banyaknya. Spot favoritnya berada di lubang berbentuk kotak yang menembus gunung atau lokasi para penambang membuat batu kapur, serta di pilar-pilar kapur yang kokoh tegah berdiri.

Sedangkan di area tengah kawasan Bukit Kapur Sekapuk terdapat cekungan yang terisi dengan air hujan. Air yang menggenang ini warnanya hijau dan mirip dengan warna air Danau Kaolin di Belitung. Bagi yang bermain air, kita bisa mencoba berenang di cekungan bukit kapur ini.

bukit kapur gresik phinemo.com

Karena berada di wilayah tanah kapur, maka tempat ini jarang ditumbuhi pepohonan rindang. Oleh sebab itu sebaiknya hindari datang ketika siang hari ketika cuaca terik. Kita bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

Selain itu, datanglah saat aktivitas tambang tidak dilakukan. Kemudian pastikan telah meminta izin dari pengelola area pertambangan agar liburan kita dan pekerjaan mereka tidak terganggu.