Bukit Wolobobo – Pesona Negeri Di Atas Awan Flores

Topografi yang beraneka ragam tentunya memberikan variasi panorama, salah satunya adalah bentuk perbukitan. Ngomong-ngomong soal bukit, di Flores ada obyek wisata alam benama Bukit Wolobobo. Bukit ini bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan karena berlatar pemandangan Gunung Inerie yang indah.

Bukit Wolobobo berada di Desa Turekisa, Kecamatan Gelowa Barat, Kabupaten Ngada, Flores Nusa Tenggara Timur. Disini kita bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau dari atas menara pandang yang telah disediakan pengelola.

Padang rumput hijau yang terhampar memanjakan mata dengan diselingi ternak sapi warga yang merumput di sabana kaki bukit. Udaranya masih sangat sejuk dan pasti membuat kita betah berada disini.

bukit wolobobo Twitter

Tempat wisata Bukit Wolobobo mempunyai fasilitas yang cukup lumayan, antara lain adanya lahan parkir, tempat beristirahat, serta rumah adat Nusa Tenggara Timur, yaitu lopo. Lopo adalah rumah adat tradisional NTT yang bentuknya sangat unik dan khas.

Sebagian besar jalan menuju bukit yang juga dijuluki negeri diatas awan ini cukup bagus, namun pada titik-titik tertentu masih terdapat lubang. Selain itu, perlu kehati-hatian karena jalanan sedikit menanjak dan berkelok khas perbukitan.

Untuk memasukinya, kita dikenakan tarif Rp 5.000 per orang dan setelah itu kita bebas bersenang-senang di Bukit Wolobobo.

Agar liburanmu semakin asyik, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, antara lain:

  • Hindari memakai sandal dan sebaiknya pakailah sepatu hiking agar perjalanan mendaki menuju puncak bukit nyaman
  • Jika berkunjung pada musim hujan, jangan pakai sandal gunung karena jalanan akan sedikit becek dan tentu membuat kaki kita terasa tidak nyaman. Namun jika liburanmu di musim kemarau, rasanya tidak masalah jika mengenakan sandal gunung
  • Pastikan kondisi fisik dan kesehatanmu baik agar pendakian berjalan lancar
  • Bawalah bekal secukupnya, seperti air minum dan cemilan untuk melepas lelah selama perjalanan
  • Jangan lupa bawa kamera dan baterai cadangan agar setiap momen liburanmu tidak terlewatkan, karena diatas bukit belum ada colokan listrik

Rute menuju Bukit Wolobobo tidaklah membingungkan, kita bisa berangkat dari Kota Bajawa dengan waktu 15 menit. Disamping itu, kita juga bisa mencoba mengunjungi obyek wisata lain disekitarnya, seperti Air Terjun Wae Roa yang memiliki dua tingkatan.