Bunga Bougenville – Taksonomi, Asal, Morfologi, 11 Jenis & Filosofi

Tumbuhan berbunga mempunyai varian yang begitu beragam, sehingga tidak semua orang tahu segala macam jenis bunga. Hanya ada beberapa bunga yang nama dan bentuknya dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya bunga bougenville.

Bougenville merupakan tanaman hias yang sangat populer. Di Indonesia bunga bougenville juga sering disebut sebagai bunga kertas.

Bunga ini mempunyai nama ilmiah Bougainvillea. Tanaman hias bougenville sering ditanam di taman kota atau pekarangan, perkantoran, dan perumahan. Oleh karena perawatannya yang tergolong mudah, maka banyak orang Indonesia memilih tanaman ini sebagai penghias taman. Bunga bougenville juga sangat cocok ditanam di daerah iklim tropis seperti Indonesia.

Taksonomi

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah tanaman bunga bougenville, yaitu:

DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
KladAngiosperms
KladMesangiosperms
KladEudicots
KladCore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliNyctaginaceae
GenusBougainvillea

Asal Bunga Bougenville

Bunga bougenville berasal dari Amerika Selatan. Namun nama yang dikenal saat ini merupakan penamaan dari bahasa Inggris, yaitu bougainvillea. Kata ‘bougainvillea’ diambil dari nama seorang prajurit Angkatan Laut asal Prancis, Sir Louis Antoine de Bougainville.

kembang kertas Pixabay

Bunga ini memiliki beberapa macam jenis, namun ada 5 jenis yang paling populer seperti Lady Mary Baring, Bougainvillea Pultonii, Bougainvillea Elizabeth Angus, Bougainvillea Easter Parade, dan Bougainvillea Red.

Morfologi Bunga Bougenville

Bunga kertas atau bougenville yang terdiri dari aneka macam warna ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ukuran Tanaman

Tanaman bougenville dapat tumbuh mencapai ketinggian 5 hingga 15 meter, terutama jika ditanam di daerah khatulistiwa dengan wilayah beriklim tropis. Namun demikian, tanaman ini sulit untuk tumbuh secara tegak dan cenderung menjalar.

  • Tekstur Batang Keras

Batang tanaman bougenville berstruktur keras dan memiliki banyak percabangan. Tanaman bougenvill juga ditumbuhi duri tajam pada area batangnya, oleh sebab itu kita harus berhati-hati saat memegang bagian batangnya.

  • Bentuk Bunga

Bunga bougenville berukuran kecil dan bentuknya menyerupai terompet. Terdiri dari 3 kelopak dan dilapisi dengan seludang bunga.  

  • Memiliki Seludang Bunga

Bagian bunganya dikelilingi oleh seludang bunga yang membuat bunga ini tampak semakin indah. Banyak yang mengira seludang bunga adalah kelopak bunga bougenville, tetapi sebenarnya seludang bunga adalah daun yang berukuran agak besar dan berfungsi untuk melindungi bunga.

Warna seludang bunga pada tanaman bougenville beragam, yaitu berwarna merah, kuning, jingga, putih, dan ungu.

  • Tekstur Bunga Tipis

Bunga bougenville juga disebut sebagai bunga kertas karena tekstur seludang bunganya yang sangat tipis. Teksturnya hampir menyerupai kertas.

  • Bentuk Daun

Daun tanaman bougenville berukuran leba dengan bentuk bulat telur, namun ada juga yang berbentuk elips atau bujur tirus. Bagian ujungnya meruncing. Daun bougenville merupakan jenis daun tunggal, panjangnya dapat mencapai 4 sampai 10 cm, sedangkan lebarnya kira-kira 2 sampai 6 cm.

Daun tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat rimbun. Oleh karena itu, tanaman bougenville sering dijadikan rimbunan pokok untuk pekarangan rumah. Selain itu, bisa juga dijadikan tumbuhan pagar, agar pagar tampak lebih menarik dan indah dipandang.

  • Menggugurkan Daun

Tanaman bougenville akan merontokkan beberapa daunnya saat bunganya mekar. Namun daun yang rontok tersebut tidak terlalu banyak dan tidak sampai habis.

  • Tanaman Hias Favorit

Tumbuhan bougenville yang hidup di alam liar mampu tumbuh hingga 5 sampai 10 meter, sedangkan jika dijadikan tanaman hias umumnya pertumbuhannya tidak begitu maksimal. Biasanya tanaman ini dibiarkan tumbuh setinggi 1 meter.

Selain itu menjadi tanaman hias, bunga bougenville juga dapat digunakan sebagai bahan bonsai. Bonsai ougenville berukuran mungil dengan bunga yang tumbuh sangat rimbun.

Jenis Bunga Bougenville

Jika tertarik menjadikan bougenville sebagai tanaman hias dirumah, alangkah baiknya kita kenali dulu beragam jenis bunga bougenville yang menawan berikut ini:

1. Bougenville Bambino Majik

Bougenvile berjenis Bambino Majik memiliki ciri khas warna bunga yang tidak terlalu mencolok namun tetap cantik. Warnanya merupakan gradasi antara warna ungu dan putih.

Bougenville Bambino Majik pinterest

Jenis Bambino Majik menghasilkan bunga yang mekar sepanjang tahun. Oleh sebab itu, jenis bougenville ini sangat sesuai jika dijadikan tanaman penghias karena tidak mengenal musim.

2. Bougainville Barbara Karst

Barbara Karst adalah salah satu varian hybrid bunga bougenville. Jenis ini adalah gabungan dari spesies Bougainvillea peruviana dan Bougainvillea glabra. Warna bunga Barbara Karst sangat bervariasi, meliputi magenta, merah, serta warna scarlet.

Bougainville Barbara Karst writeonrubee.com

Bunga yang juga bisa mekar sepanjang tahun ini teksturnya halus dan tipis. Sangat cantik jika dibuat sebagai penghias di pagar tembok.

3. Bougenville Alexandra

Bunga Bougenville Alexandra memiliki warna yang menarik perhatian. Bunganya pun dapat tumbuh hingga sangat rimbun. Bougenville Alexandra adalah tipe bougenville yang akan menggugurkan daun pada waktu tertentu.

Bougenville Alexandra dekoruma.blog

4. Bougainville Coconut Ice

Sesuai dengan namanya, Bougenville Coconut Ice memiliki bunga berwarna putih. Akan tetapi, pada beberapa varietas jenis Coconut Ice juga menghasilkan warna bunga lain. Jenis bougenville Coconut Ice termasuk bunga yang mekar sepanjang tahun.

Bougainville Coconut Ice flickr

5. Bougenville Cherry Blossom

Kelopak bunga Bougenville Cherry Blossom berwarna merah muda dan pada bagian tertentu berwarna sedikit putih. Terkadang warnanya juga memudar menjadi mendekati putih secara keseluruhan. Jenis ini juga mekar sepanjang tahun dan merupakan salah satu jenis bunga bougenville yang paling populer.

Bougenville Cherry Blossom dekoruma.blog

6. Bougenville Baby Victoria

Jenis bougenville ini memiliki warna bunga magenta atau keunguan yang mencolok. Bougenville Baby Victoria sangat cantik dijadikan tanaman penghias pagar tembok berwarna putih, sebab akan terjadi paduan warna yang sangat kontras. Sama dengan kelima jenis bunga bougenville sebelumnya, Baby Victoria juga termasuk bunga yang mekar sepanjang tahun.

Bougenville Baby Victoria 8villages.com

7. Bougainville Bambino Baby Lauren

Tanaman bougenville dengan jenis Bambino menghasilkan bunga dengan warna yang lembut, yaitu warna keunguan. Jenis bougenville ini tidak mekar sepanjang tahun, melainkan di akhir musim semi, awal musim panas, dan akhir musim gugur.

Bougainville Bambino Baby Lauren dayaternak.com

8. Bougenville Bambino Baby Allison

Kelopak bunga bougenville Bambino Baby Allison memiliki warna merah muda yang lembut. Warnanya sangat cantik untuk dijadikan tanaman dekorasi rumah.

Bougenville Bambino Baby Allison home.co.id

9. Bougenville Gold Rush

Sesuai dengan namanya, jenis bougenville ini memiliki bunga berwarna kuning keemasan yang cerah dan mencolok. Jenis Gold Rush akan sangat menawan apabila dijadikan penghias taman, karena warna kuningnya akan tampak sangat kontras dengan daun atau rerumputan yang hijau.

Bougenville Gold Rush home.co.id

10. Bougainville California Gold

Jika Gold Rush adalah bunga bougenville berwarna emas cerah, maka Bougenville California Gold juga memiliki bunga berwarna kuning namun terlihat sejuk. Warnanya menyerupai gradasi dari warna keemasan ke jingga.

Bougainville California Gold gardenerdy.com

Saat sedang mekar, bunganya akan berguguran dalam waktu relatif singkat. Selain Cherry Blossom, California Gold adalah salah satu jenis bougenville yang paling populer.

11. Bougainville Afterglow

Jenis Bougenville Afterglow merupakan bougenville hybrid dari bunga Bougainvillea peruviana dan Bougainvillea glabra. Bougenville Afterglow adalah bunga yang mekar sepanjang tahun.

Bougainville Afterglow flickr

Warnanya bervariasi, mulai dari merah muda, merah, jingga, hingga koral atau merah bata. Jenis Afterglow sangat cantik untuk ditanam di pekarangan rumah, atap rumah, ataupun dijadikan tanaman rambat di dinding.

Filosofi Bunga Bougenville

Di balik keindahannya, ternyata tanaman bougenville menyimpan makan dan filosofi yang dalam. Secara umum, bunga bougenville dilambangkan sebagai tanda kasih sayang. Bougenville dapat kita berikan kepada orang terkasih, baik itu pasangan, orang tua, anak, atau siapa yang kita sayangi.

bunga kertas Pixabay

Berikut ini adalah makna dan filosofi bunga bougenville yang dilihat dari berbagai sisi, latar belakang serta tradisi yang berbeda-beda, antara lain:

1. Bougenville Menurut Filosofi Jawa

Menurut dasar pemikiran suku Jawa, bunga bougenville mempunyai sifat satrio wirang. Bunga ini dipercaya dapat mendatangkan malu bagi si pemilik rumah.

Oleh karena itu, bagi orang Jawa menanam bunga bougenville di rumah dianggap sebagai pantangan. Hal ini bahkan masih dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini.

Dengan menanam bougenville di rumah, dipercaya bahwa laki-laki jadi tidak akan betah di rumah. Sementara perempuan akan sulit mendapatkan jodoh.

2. Filosofi Bougenville Menurut Feng Shui

Berbanding terbalik dengan kepercayaan Jawa, menurut Feng Shui tanaman bougenville justru menjadi tanaman pembawa kebaikan bagi seluruh anggota keluarga. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna yang akan menentukan.

Misalnya bougenville berwarna merah atau ungu dipercaya dapat membawa harta dan kekayaan bagi si pemilik rumah. Kedua warna ini melambangkan kemakmuran dalam ilmu Feng Shui.

Selain dari segi warna, duri pada cabang bougenville juga mempunyai arti tersendiri. Duri-duri ini dianggap dapat menjauhkan pemilik rumah dari orang-orang yang memiliki aura negatif. Baik itu orang yang dikenal seperti tetangga atu rekan kerja, atau orang yang tidak dikenal sekalipun.

Duri yang tajam dalam Feng Shui dipercaya mampu membersihkan lingkungan rumah. Sehingga permasalahan pelik yang dialami pemilik rumah dapat segera terselesaikan. Tidak hanya durinya, esens bunga bougenville juga dipercaya dapat membersihkan energi negatif di dalam rumah tersebut. Hingga kini, ilmu Feng Shui ini masih dipercaya dan diterapkan oleh banyak orang.

3. Makna Bunga Bougenville di Berbagai Negara

Di kebanyakan negara, bunga bougenville memiliki makna yang positif. Secara umum bunga ini memiliki makna lambang kasih sayang. Selain itu, bougenville juga merupakan simbol keindahan.

Di negara-negara seperti India, Australia, dan beberapa negara bagian di Amerika, bunga bougenville banyak ditanam di sepanjang jalan, taman, atau dijadikan penghias bangunan sebagai tanaman rambat.

Bunga bougenvile bisa menjadi dekorasi alami yang memperindah bangunan. Selain sebagai lambang kasih sayang dan keindahan, masih ada makna lain yang dimiliki bunga bougenvile, yaitu sebagai perlindungan dan perdamaian.

Namun, sama halnya dengan kepercayaan masyarakat Jawa, ternyata di Hawaii bunga ini juga dianggap bermakna negatif. Duri-duri tanaman bougenville yang tajam serta warna bunga merah keunguan dianggap sebagai simbol kekuatan jahat.

Di Hawaii, bunga bougenville disebut sebagai pua kapalo, artinya adalah bunga setan. Namun uniknya, terlepas dari namanya yang terkesan negtif, orang Hawaii sering menjadikan bougenville sebagai pelengkap dalam berbagai acara perayaan. Misalnya dalam acara pernikahan atau menyambut tamu. Bunga bugenvil akan dijalin dan dirangkai dengan benang, serta diletakkan pada wadah yang cantik.

4. Arti Bunga Bougenville Menurut Ekspansi Kolonial

Bunga bougenville adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan. Namun, bunga ini mulai dikenal luas sejak masa ekspansi kolonial bangsa Eropa.

Para pedagang asal Eropa membawa tumbuha bougenville ke beberapa negara, seperti India, Afrika, Karibia, dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di negara-negara jajahan kolonial ini, bunga bougenville tumbuh dengan baik dan tersebar secara lebih luas.