Bunga Celosia – Asal, Jenis, Taman Wisata & Cara Tanam

Celosia merupakan tanaman yang masuk ke dalam keluarga Amaranth. Tumbuhan bunga ini berasal dari daerah di Afrika. Dalam bahasa Indonesia, bunga celosia juga sering disebut bunga jengger ayam.

Sebutan ini diberikan karena bentuk bunga yang mirip dengan jengger ayam. Bunga celosia memiliki warna yang menarik sehingga banyak dijadikan tanaman hias.

Umumnya bunga celosia berwarna ungu, merah muda, merah, kuning dan oranye. Jika diperhatikan, kepala bunga ini seperti sisir runcing dan memiliki bulu-bulu halus.

Beberapa jenis celosia memiliki daun berwarna hijau, namun terkadang juga berwarna merah. Keunikan yang dimiliki oleh bunga ini membuat nilainya cukup tinggi. Banyak kolektor tanaman-tanaman hias yang mencari bunga ini sebagai koleksi.

Taksonomi

Kingdom:Plantae
Clade:Angiosperms
Clade:Eudicots
Order:Caryophyllales
Family:Amaranthaceae
Subfamily:Amaranthoideae
Tribe:Celosieae
Genus:Celosia

Ragam Jenis Celosia

Tumbuhan celosia umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yakni Cockscomb (Celosia cristata) serta tipe plume (Celosia plume). Bagi orang awam mungkin akan sedikit kesulitan ketika mencoba membedakan kedua jenis tersebut.

bunga celosia liputan6.com

Jika diamati lebih teliti, Cockscomb memiliki bentuk menyerupai batu karang, sementara Celosia plume memiliki bentuk bunga yang menyerupai batu tegak.

Celosia plume banyak tumbuh di pulau Jawa meskipun masih jarang orang yang menyadarinya karena perbedaan keduanya memang tidak terlalu banyak. Keindahan bunganya sama-sama mampu membuat pecinta tanaman hias terpikat dengan warna-warna menariknya.

Secara lebih lengkap, berikut ini adalah jenis-jenis spesies Celosia dari seluruh dunia, antara lain:

  • Celosia argentea L.
  • Celosia cristata L.
  • Celosia floribunda A. Gray
  • Celosia isertii C.C.Towns.
  • Celosia leptostachya Benth.
  • Celosia nitida Vahl
  • Celosia odorata T. Cooke
  • Celosia palmeri S.Watson
  • Celosia spicata L.
  • Celosia trigyna L.
  • Celosia virgata Jacq.

Manfaat Bunga Celosia

Informasi mengenai manfaat suatu tumbuhan memang selalu banyak dicari, termasuk manfaat dari tanaman Celosia. Bagian daun celosia hingga bunganya dapat dikonsumsi oleh manusia.

Tumbuhan berkerabat dengan bayam, sehingga khasiatnya juga takjauh berbeda. Setelah dimasak, bunga Celosia memiliki rasa yang manis dan segar. Efek ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah radang, menghentikan keputihan dan juga menyehatkan penglihatan.

Mengonsumsi Celosia juga bermanfaat untuk menghentikan pendarahan seperti muntah darah, mimisan, wasir, serta batuh darah. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat obat Celosia, kita bisa menumbuk bunganya terlebih dahulu kemudian oleskan ke daerah yang sedang sakit.

Cara lainnya adalah dengan merebus bunga Celosia bersama air matang kemudian meminumnya. Sari dari Celosia dapat menjadi alternatif obat penyembuh yang alami. Perlu diketahui, obat-obatan yang berasal dari alam tidak kalah ampuh dibanding obat kimia di pasaran.

Cara Budidaya & Perawatan

Sebelum memulai tahap budidaya, tentunya kita harus menyiapkan berbagai hal terlebih dahulu. Pertama adalah menyiapkan lahan atau kebun yang cukup untuk ditanami. Biasanya tanaman Celosia ditanam melalui bijinya langsung ke tanah yang telah diberi pupuk, kemudian lakukan penyiraman rutin dua hari sekali pada pagi dan sore hari.

kebun bunga celosia liputan6.com

Ketika tanaman sudah mulai tumbuh, lakukan pemberian jarak antar tanaman. Hal ini dilakukan agar tanaman bunga Celosia dapat tumbuh dengan baik dan mendapat cukup asupan hara dari tanah. Perawatan yang tak kalah penting ialah membersihkan tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar bunga Celosia.

Secara lebih spesifik, perawatan bunga Celosia atau Jengger Ayam yang dapat kita lakukan yaitu:

  • Tumbuhan Celosia idealnya tubuh du lingkungan tanah dengan pengairan yang cukup baik dan mendapat cukup sinar matahari.
  • Lakukan penyiraman minimal 1 kali sehari pada pagi atau sore hari. Upayakan agar air tidak menggenang agar akar tanaman tidak busuk akibar rendaman air.
  • Kita dapat memberikan pupuk organik atau kimia agar tanaman tumbuh subur dan menghasilkan bunga-bunga yang indah.
  • Rutinlah melakukan pemangkasan daun dan bunga yang telah layu agar tidak menggangu pertumbuhan tanaman.
  • Berikan perangsang tanaman agar pertumbuhan kelopak bunga cepat mekar.
  • Rutinlah mengganti media tanah bunga Celosia agar pH tanah tetap terjaga.
  • Jika terdapat serangan hama dan penyakit, berikan insektisida atau pestisida sesuai dosis.
  • Bunga Celosia dapat ditanam di halaman yang luas, pot maupun polybag.

Wisata Taman Bunga Celosia

Bunga Jengger Ayam saat ini banyak dibudidayakan sebagai taman bunga Kombinasi warna-warnanya yang indah dapat menjadi latar yang menarik untuk berfoto.

wisata celosia phinemo.com

Berikut ini adalah 9 taman bunga Celosia yang dapat kita kunjungi ketika liburan, yaitu:

  1. Taman Celosia Semarang – Taman bunga ini terletak di Bandungan, Semarang dan menjadi kebun Celosia paling populer di Indonesia.
  2. Taman Bunga Kukup Mentari – Kebun Celosia ini terletak di Padukuhan Nglaos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY. Taman bunga ini berada disekitar Pantai Kukup dan hanya berjarak 200 meter.
  3. Taman Bunga Resoinangun – Tidak hanya di Gunung Kidul, di Kabupaten Bantul juga terdapat kebun bunga Celosia yang bernama Kebun Bunga Resoinangun. Tidak hanya satu jenis bunga, disini kita juga dapat menikmati keindahan bunga matahari, bunga kertas, dan sebagainya.
  4. Taman Bunga Asri – Masih di Bantul, terdapat juga taman bunga asri yang terletak di Tegalrejo, Srigafing, Bantul. Disini kita dapat berfoto dengan latar bunga-bunga yang berwarna-warni.
  5. Taman Ramadanu – Spot wisata kebun bunga Ramadanu berada di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Magelang. Taman ini memiliki ornamen unik berupa miniatur kincir angin seperti di Belanda.
  6. Taman Ragil Kuning – Daerah Jawa Tengah lain yang memiliki kebun bunga Celosia adalah Boyolali. Kita dapat berkunjung ke Desa Blagung, Kecamatan Simo untuk menikmati keinfahan Celosia yang dibentuk melingkar mengelilingi miniatur kincir angin.
  7. Celosia Garden Aceh – Taman Celosia Aceh terletak di Desa Alue Piet, Kecamatan Panga, Aceh Jaya. Meski tempat ini tergolong baru diresmikan pada Januari 2019, namun kunjungan wisatawan selalu ramai.
  8. Kebun Celosia Metro – Kebun Celosia juga terdapat di Rejomulyo, Metro Selatan, Kota Metro. Di tempat ini terdapa hiasan berupa gambar berbentuk hati dan bintang yang berwarna-warni.
  9. Taman Celosia Bengkulu – Taman Celosia yang satu ini mengusung konsep Eropa. Letaknya berada di Dusun Bukit Makmur, Desa Suban Ayam. Disini kita dapat melihat bunga Celosia kuning, oranye dan merah tumbuh di taman yang bersih.