Bunga Gerbera – Asal, Habitat, Arti Warna & Cara Budidaya

Herbras atau oleh masyarakat Indonesia dikenal dengan bunga gerbera adalah salah satu komoditas bunga potong yang ramai peminat. Garbera atau gerbera merupakan jenis bunga yang digunakan untuk bahan buket karena keindahan serta wanginya yang khas.

Tumbuhan semak berbunga yang memiliki lebih dari 2.000 kultivar ini mempunyai warna dan ukuran yang beragam. Selain sebagai bunga potong, gerbera adalah salah satu jenis bunga favorit sebagai tanaman hias di taman maupun pot.

Taksonomi

Gerbera adalah sebutan untuk seluruh bunga yang termasuk dalam genus dengan nama yang sama. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah tanaman gerbera:

KingdomPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiAngiospermae
KelasDycotiledonae
OrdoAsterales
FamiliAsteraceae
GenusGerbera
SpesiesGerbera jamesonii

Asal

Herbras adalah tanaman semak yang mampu hidup bertahun-tahun. Tanaman hias ini termasuk keluarga Asteraceae. Tumbuhan ini ditemukan oleh Corolus Linnaeus yang kemudian memberikan nama sama dengan temannya, yaitu Traugott Gerber, seorang dokter dari Jerman.

Sedangkan salah satu spesies gerbera, yakni Gerbera jamesonii atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Barberton Daisy diambil dari nama kolektor tanaman, bernama Robert Jameson. Ia adalah penemu bunga garbera barberton yang tumbuh di provinsi Transvaal, Afrika Selatan.

Barberton Daisy juga disebut Transvaal Daisy, artikel ilmiah mengenai bunga ini pertama kali dipublikasikan oleh J.d. Hooker pada tahun 1989 dalam jurnal Curtis Botanical Magazine.

Sebaran dan Habitat

Lebih dari 2.000 kultivar gerbera tersebar di seluruh dunia. Sebaran bunga gerbera paling utama terdapat di daerah tropis, seperti Amerika, Selatan, Afrika, Madagaskar dan Asia. Bunga ini cocok dikembangkan di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Namun bukan berarti daerah beriklim subtropis tidak dapat ditumbuhi bunga ini. Sebab bunga gerbera telah dibudidayakan di Inggris sejak abad ke-19 oleh Richard Lynch, seorang kurator di Kebun Raya Cambridge yang menyilangkan dua spesies gerbera, yaitu Gerbera jamesonii dan Gerbera viridifolia menghasilkan Gerbera hybrida.

Sebagian besar gerbera yang kita kenal saat ini bukanlah spesies asli, melainkan bunga yang telah melalui hasil persilangan dan merupakan keturunan ke dua dari bunga gerbera diatas.

Morfologi

Tanaman yang juga dikenal dengan gebras ini adalah tanaman semak herba yang memiliki batang semu. Daun-daun tumbuh bertumpuk dari dasar tanaman dan membentuk roset. Tangkai daun gerbela berbentuk bulat, tepi daun rata, berlekuk dan berbelah. Tangkai bunga dapat tumbuh hingga 40 sampai 45 cm bahkan lebih.

bunga garbera Pixabay

Akar bunga garbera tumbuh menyebar ke segala arah dengan kedalaman 30 hingga 75 cm tergantung pada kesuburan tanah, tekstur tanah, umur tanaman dan kemampuan tumbuh.

Mahkota bunga bentuknya unik mirip kumpulan pita yang terbentuk alami serta tersusun rapi membentuk bulatan dengan diameter sektiar 10 cm. Pada setiap tangkai hanya ditumbuhi satu kuntum bunga. Warna mahkota bunga gerbera beraneka ragam, seperti putih, kuning, krem, merah jambu, merah menyala, jingga, merah hitan dan sebagainya tergantung kultivarnya.

Mahkota gerbera terbagi menjadi tunggal, ganda dan berlapis-lapis dengan diameter ketika mekar penuh antara 5 sampai 13 cm. Bunga garbera dapat bertahan segar selama 3 hingga 8 hari tergantung varietas, kondisi lingkungan dan penanganannya. Oleh karena itu, bunga ini kerap dimanfaatkan untuk bunga potong.

Jenis Spesies Garbera

Gerbera aberdaricaGerbera kokanica
Gerbera abyssinicaGerbera kraussii
Gerbera ambiguaGerbera kunzeana
Gerbera anandria: Ghostly DaisyGerbera lacei
Gerbera anandria var. anandriaGerbera lagascae
Gerbera anandria var. densilobaGerbera lanuginosa
Gerbera anandria var. integripetalaGerbera lasiopus
Gerberia anadria var. bonatianaGerbera latiligulata
Gerbera aspleniifoliaGerbera leandrii
Gerbera aurantiaca: Hilton DaisyGerbera leiocarpa
Gerbera bojeriGerbera leucothrix
Gerbera bonatianaGerbera lijiangensis
Gerbera bracteataGerbera lynchii
Gerbera brevipesGerbera macrocephala
Gerbera burchelliiGerbera nepalensis
Gerbera burmanniGerbera nervosa
Gerbera candolleiGerbera nivea
Gerbera cavalerieiGerbera parva
Gerbera chilensisGerbera peregrina
Gerbera cinerariaGerbera perrieri
Gerbera connataGerbera petasitifolia
Gerbera conrathiiGerbera piloselloides
Gerbera cordataGerbera plantaginea
Gerbera coronopifoliaGerbera plicata
Gerbera curvisquamaGerbera podophylla
Gerbera delavayiGerbera pterodonta
Gerbera discolorGerbera pulvinata
Gerbera diversifoliaGerbera pumila
Gerbera elegansGerbera randii
Gerbera ellipticaGerbera raphanifolia
Gerbera emirnensisGerbera ruficoma
Gerbera ferrugineaGerbera saxatilis
Gerbera flavaGerbera semifloscularis
Gerbera galpiniiGerbera serotina
Gerbera glandulosaGerbera speciosa
Gerbera henryiGerbera tanantii
Gerbera hieracioidesGerbera tomentosa
Gerbera hirsutaGerbera tuberosa
Gerbera hypochaeridoidesGerbera uncinata
Gerbera integralisGerbera viridifolia
Gerbera integripetalaGerbera welwitschii
Gerbera jamesonii: Barberton Daisy, Gerbera Daisy, Transvaal DaisyGerbera wrightii
Gerbera knorringiana

Manfaat

Sebagai tanaman hias, keindahan bunga ini tidak kalah dengan bunga-bunga lain seperti mawar, tulip, anyelir dan krisan. Garbera juga menjad komoditas bunga potong yang paling populer diperdagangan di dunia. Bunga garbera dapat diolah dan menghasilkan minyak atsiri sebagai bagan baku pembuatan minyak wangi, sabun serta produk kosmetik.

ekstrak minyak atsiri anjaca.com

Menanam bunga gerbera juga memberikan peluang bagi tumbuhnya bisnis agrowisata. Hal tersebut dapat kita lihat di salah satu lokasi wisata alam di Semarang. Di lereng Gunung Ungaran terdapat obyek wisata bunga gerbera, tepatnya di Desa Bantir, Sumowono, Kapupaten Semarang. Disini para wisatawan dapat menikmati keindahan bunga serta diperkenankan untuk memetik bunga.

Makna Filosofis

Selain memiliki manfaat nyata, ternyata gerbera juga mempunyai unsur filosofis. Contohnya menurut etimologi Mesir Kuno yang mengganggap bunga garbera adalah lambang kedekatan manusia pada alam dan kesetiaan pada matahari.

buket bunga Pixabay

Orang-orang Celtic atak Skandinavia mengaitkan garbera sebagai bunga yang mampu mengurangi kesedihan dan masalah kehidupan. Selain itu, beberapa makna atau arti bunga garbera antara lain:

a. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Dari sudut pandang kesehatan bunga herbras dapat membuat tubuh manusia lebih rileks ketika beristirahat. Bunga ini dianggap mampu mengurangi zat-zat kimia atau polutan berbahaya jika kita menanamnya di sekitar rumah.

Garbera juga cocok ditanam di dalam pot dan diletakkan di ruang tidur, karena bunga ini menghasilkan lebih banyak oksigen dibanding jenis bunga lainnya.

b. Makna Cinta

Memberikan buket bunga gerbera seringkali dianggap oleh pasangan kekasih sebagai wujud cinta sejati. Ikatan gerbera menunjukkan kesungguhan akan hubungan kasih sayang yang sangat serius.

c. Arti Warna Bunga Garbera

Warna-warna gerbera juga mengartikan sesuatu dan memiliki makna yang dalam. Bunga yang terdiri dari ray floret, yakni sebuah bonggol besar yang menjad pokok dua lapisan mahkota memiliki warna yang bermacam-macam, antara lain kuning, oranye, merah muda, dan ungu.

Paduan warna-warni bunga dapat menjadi simbol keceriaan dan menjadi hadiah yang tepat untuk berbagi kebahagiaan kepada orang-orang terkasih.

Buket bunga garbera berwarna oranye mengartikan awal baru untuk menjalani kehidupan. Warna oranye pada bunga herbras dianggap sebagai hasil tangkapan sinar matahari yang terperangkap dan menghasilkan warna cerah.

Gerbera berwarna putih melambangkan kemurnian dan ketulusan cinta. Kemudian gerbera berwarna kunin mempunya makna keceriaan dan kegembiraan. Sedangkan bunga garbera berwarna merah muda merupakan simbol sambutan hangat dan biasa digunakan ketika ada kelahiran bayi.

Budidaya Garbera

Kondisi alam Indonesia secara umum cocok untuk menanam bunga garbera, baik jenis lokal maupun gerbera impor. Berikut ini adalah cara membudidayakan tanaman garbera yang dapat kita ikut, antara lain:

gerbera Pixabay

1. Syarat Tumbuh

Meski dapat tumbuh mulai dari dataran rendah hingga tinggi, sebaiknya bunga gerbera ditanam pada daerah dataran tinggi yang sejuk antara 500 hinga mdpl. Suhu udara yang cocok sekitar 14 hingga 30 derajat Celcius dengan curah hujan ataran 1900 sampai 2800 mm per tahun.

Garbera tumbuh baik di tanah lempung berpasir yang kaya unsur hara dan humus dengan tingkat keasaman atau pH tanah antara 5,5 sampai 7.

2. Bibit Garbera

Perkembangbiakan gerbera dapat dilakukan secara generatif atau melalui biji, serta vegetatif yang berasal dari anakan atau potongan rimpang. Selain itu, pembibitan juga dapat dihasilkan dari kultur jaringan. Akan tetapi, umumnya para petani bunga gerbera menggunakan bibit dari rimpang tanaman induk.

3. Lahan Tanam

Media atau lahan tanam bunga harus dibersihkan dari gulma dan tanaman pengganggu lain. Tanah kemudian digemburkan dengan cangkul atau pembajakkan sedalam 30 cm dan diamkan selama 2 mingu agar unsur racun dalam tanah terbawa angin.

Buatlah bedengan berukuran lebar 60 sampai 80 cm dan setinggi 30 cm. dengan panjang menyesuaikan lahan. Atur jarak tanam antar bedengan sekitar 40 hingga 60 cm sebagai jalur irigasi dan drainase.

Jika tanah pada lahan tanam memiliki pH dibawah 5 maka diperlukan pengapuran agar pH tanah meningkat dan sesuai dengan kebutuhan tanam gerbera. Pemupukan awal sebelum penanaman juga dapat diberikan dengan menaburkan pupuk kandang secara merata diatas bedengan hingga tercampur.

Setelah lahan bedengan siap, berikan naungan atau atap dari rami atau plastik bening agar tanaman bunga tidak secara langsung terkena terik matahari serta guyuran hujan.

4. Cara Tanam

Penanaman bunga dilakukan dengan membuat lubang tanam sedalam daun cangkul dengan jarak tanam dalam satu baris sekitar 20 sampai 25 cm dan jarak antar baris 35 sampai 40 cm.

Masukkan bibit bunga garbera ke dalam lubang tanam kemudian timbun dengan tanah dan padatkan hingga bagian pangkal dalam posisi tegak. Setalah itu, siram tanaman secara ruti pada pagi dan sore hari.

5. Perawatan

Perawatan kebun bunga gerbera meliputi penyiraman, penyulaman, perempelan, pemupukan, dan penyiangan sebagai berikut:

  • Penyiraman dilakuakn 2 kali sehari pada pagi dan sore, jika cuaca hujan maka dapat menyesuaikan kondisi lingkungan. Upayakan agar air siraman tidak menggenang dengan menggunakan gembor.
  • Apabila terdapat bunga yang tumbuh tidak normal atau mati, maka lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan tanaman baru, Kegiatan ini dilakukan kurang dari 30 hari setelah masa tanam agar tanaman dapat tumbuh seragam.
  • Perempelan adalah pembuangan tunas atau cabang bunga yang telah tua, mengering, atau terserang hama penyakit.
  • Setiap satu bulan sekali, kita dapat memberikan pupuk NPK dengan cari membenamkannya pada lairakan atau lubang dekat tumbuhnya bunga. Pemberian pupuk juga dapat melalui cara penyiraman, khususnya pupuk yang bermanfaat bagi daun.
  • Penyiangan adalah kegiatan membersihkan atau mencabut tanaman pengganggu yang tidak dikendaki agar tidak ada perebutan kandungan nutrisi dalam tanah dengan tanaman bunga.

6. Panen Bunga Garbera

Bunga garbera mulai tumbuh saat usia tanaman mencapai 6 hingga 8 bulandari pembibitan biji, sedangkan 3 sampai 5 bulan jika bibit berasal dari anakan.

Panenlah bunga dengan cara memetiknya jika tujuannya adalah untuk bunga potong, pemanenan ini dalapt dilakukan seminggu sekali. Potong bunga pada bagian pangkal secara miring menggunakan pisau atau gunting steril dan tajam. Waktu pemotongan yang baik adalah pagi dan sore hari, yaitu sekitar pukul 08.00 dan 17.00.

7. Distribusi dan Penjualan

Agar bunga sampai ke tangan konsumen dalam kondisi baik, diperlukan penanganan yang tepat, yaitu:

  • Pembersihan dan Penyortiran – bersihkan tangkai bunga, daun dan kuntum bunga jika ditemukan kerusakan atau kecacatan, kemudian sortir sesua kualitasnya
  • Pengikatan – ikat kumpulan tangkai bunga dengan karet gelang atau tali yang lentur, jumlahnya dapat menyesuaikan antara 10 hingga 15 tangkai setiap ikatan
  • Pengemasan dan Penyimpanan – bungkus bunga sesuai kualitas dengan plastik atau kertas untuk melindunginya, rendamlah bagian bawah tangkai dengan larutan gula 6% pada suhu 15 sampai 25 derajat Celcius agar bunga garbera tidak layu
  • Tempatkanlah masing-masing ikatan pada kardus karton atau keranjang bunga
  • Bunga gerbera mampu bertahan sekitar 1 minggu bahkan lebih jika perlakuannya tepat, seperti merendam tangkai pada air dan disimpan pada suhu ruang 4 derajat Celcius