Burung Kenari – Taksonomi, Ciri, Karakteristik, Habitat, Makanan & 13 Jenis Kenari

Burung kenari dengan nama latin Serius canaria merupakan burung yang memiliki postur mungil. Meskipun posturnya kecil, suara kicaunya begitu nyaring.

Satwa ini pertama kali ditemukan oleh Jean de Berthan Cout, seorang pelaut asal Perancis ini. Meski bernama kenari, namun burung ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan pohon kenari. Penamaan “kenari” merujuk pada nama pulau yang menjadi habitat aslinya, yakni Kepulauan Canary.

Taksonomi

Kenari adalah salah satu burung yang digemari di dunia kontestasi. Alasannya adalah karena kicaunya yang sangat nyaring dan tingkat adaptasinya tinggi sehingga mudah dipelihara.

kenari Pixabay

Burung yang suaranya sangat variatif ini memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusSerinus
SpesiesS.canaria
Nama BinomialSerinus canaria

Ciri & Karakteristik Kenari

Burung kenari biasa disebut sebagai burung penyanyi. Ciri khas utama dapat dilihat dari posturnya serta kombinasi warna bulunya yang unik. Kenari kaya akan jenis suara kicauan. Nada yang dikeluarkannya juga terdengar seperti irama.

burung kenari kuning Pixabay

Adapun karakter dasar dari satwa kelas Aves ini antara lain:

  • Mudah berdaptasi atau mempunyai tingkat penyesuaian diri terhadap lingkungan yang begitu mengesankan.
  • Penyanyi dan petarung. Apabila dipertemukan dengan sesamanya, maka semangat tempur untuk berkicau semakin berkobar.
  • Birahi mudah naik. Jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya, kenari lebih mudah naik secara birahi. Biasanya hal ini juga didukung dengan pakan yang kurang tepat, penjemuran berlebih, atau melihat spesies betina.
  • Mudah jinak. Kemampuan adaptasi kenari terbilang tinggi, sehingga burung ini mudah jinak kepada manusia.
  • Tidak mudah stress. Sebagai burung yang sering dijagokan dalam perlombaan, kenari memiliki ketahanan yang baik terhadap stress. Bahkan sudah ratusan tahun satwa satu ini berinteraksi dengan manusia.
baca juga:  Tawon - Taksonomi, Morfologi, Anatomi, Sengatan, Metamorfosis, Jenis & Cara Hidup

Jenis Burung Kenari

Burung kenari yang kita kenal selama ini sebenarnya terbagi ke dalam sejumlah kelompok. Pembagian kelompok tersebut berdasarkan keunggulan yang dimiliki serta postur tubuhnya.

Berdasarkan variabel tersebut, klasifikasi kenari menurut jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Kenari Norwich

Ciri utama kenari Norwich adalah bulunya yang agak tebal. Selain itu, tubuhnya sedikit bulat dengan dada lebar. Akan tetapi di bagian punggung dan sayapnya lebih pendek. Warna bulu yang paling umum adalah hijau dan kuning.

2. Kenari Border

Kenari border berasal dari Cumberland Facy. Bentuk tubuhnya bulat sehingga sangat mudah dikenali. Warna bulu yang dimilikinya terbilang paling cerah dari jenis kenari lainnya.

3. Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire merupakan hasil persilangan antara jenis kenari belgia dengan lanchasire. Bentuk kakinya panjang serta tegap ketika berdiri. Apabila diikutsertakan dalam kontes, biasanya variabel penilaiannya fokus pada segi keindahan posturnya.

4. Kenari Roller

Jenis kenari ini merupakan keturunan kenari Jerman. Ciri-cirinya apabila diikutsertakan dalam lomba kicau akan diletakkan pada sangkar kayu tertutup kain. Jika kain dibuka, burung mungil ini akan terus berkicau. Kualitas kicaunya sangat dipengaruhi oleh jenis pakan yang didapatnya.

5. Kenari Gloster

Ciri khas kenari gloster dapat dilihat dari bulunya yang berwarna kuning. Sedangkan sayapnya memiliki warna agak kehijauan. Panjang tubuhnya tidak lebih dari 11 cm. Terdapat dua varian untuk jenis ini, yaitu kenari berjambul serta tanpa jambul.

baca juga:  Mengenal Kucing Bengal, Mirip Kucing Hutan Namun Jinak dan Bersahabat

6. Kenari Belgian

Jenis kenari belgian termasuk yang paling sulit diternak. Dengan ciri khas kepala yang kecil, penilaian yang diberikan apabila mengikuti kontes burung dilihat dari bentuk badannya. Selain itu, penilaian juga dilakukan pada kedudukan kenari ini.

7. Kenari Frill

Kenari Frill cukup terkenal karena bulunya yang unik. Di tengah punggungnya terdapat bulu yang bentuknya sangat simetris seperti mantel, sedangkan di bagian dada berbentuk seperti kerutan. Bulu pada dada kenari ini disebut sebagai jabot, sedangkan bulu di sekitar paha dan sayap dinamai fin.

8. Kenari Cinnamon

Bentuk tubuh kenari cinnamon sangatlah khas, yaitu berukuran serba bulat dengan dada bidang, sayap, paruh, ekor, serta punggungnya yang pendek. Panjang tubuh kenari jenis ini berkisar 15-16 cm.

9. Kenari Chest

Burung Kenari Chest pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an. Salah satu jenis kenari tertua ini juga memiliki nama lain King of The Fancy. Ada dua tipe untuk jenis burung ini, yakni yang kepalanya berjambul dan tidak berjambul.

Postur dan ciri khasnya yang unik membuatnya kerap diikutsertakan dalam lomba burung kenari. Tetapi yang menjadi penilaian khusus adalah bentuk jambulnya.

10. Kenari London Fancy

Kenari London Fancy memiliki keunikan pada bagian kepala dan ekornya. Bagian tersebut membentuk setengah lingkaran dengan ukuran agak kecil. Lehernya termasuk yang paling ramping dari jenis lannya. Selain itu, sayapnya agak panjang dengan kaki yang lebih jenjang.

baca juga:  Pohon Pinang - Taksonomi, Morfologi, Manfaat & Bahaya Buah Pinang

11. Kenari Lancashire

Diantara jenis kenari lainnya, Lancashire memiliki ukuran badan paling besar. Burung yang sudah mulai jarang ditemukan spesies aslinya ini juga terdiri atas sub jenis, yaitu kenari coppy dengan jambul khasnya, serta lancashire yang memiliki kepala polos.

12. Kenari Red Intensive

Ciri khas jenis Red Intensive dari warna bulunya yang hampir seluruhnya merah. Jenis kenari ini berasal dari daerah Samudra Atlantik. Panjang badannya mencapai 14 cm. Warna merah yang ada pada bulunya menjadi ciri khasnya yang paling kuat.

13. Kenari Fife Fancy

Jenis kenari ini mempunyai postur tubuh yang lebih kecil daripada London Fancy. Bulu pada bagian sayap serta ekornya berwarna putih dengan panjang badan tidak lebih dari 11 cm. Jenis Fife Fancy termasuk kenari yang mudah dibudidayakan.

Habitat dan Makanan

Burung kenari merupakan jenis satwa arboreal yang menghabiskan waktunya di atas pohon. Satwa dengan kemampuan kicau yang nyaring ini menyukai biji-bijian sebagai pakan utamanya.

ternak kenari Pixabay

Berikut adalah jenis makanan yang sesuai untuk kenari, diantaranya adalah:

  • Campuran biji-bijian atau Canary Seed, merupakan biji-bijian khusus kenari yang banyak dijual di pasaran.
  • Sayuran dan buah-buahan. Burung dengan bulu warna-warni gemar mengonsumsi sayur serta buah-buahan segar, seperti gambas, mentimun, paprika, wortel, hingga jagung muda.
  • Telur dan kroto. Pada kondisi tertentu serta untuk menunjang pertumbuhan, kenari memerlukan protein tambahan yang bisa diperoleh dari telur dan kroto.
  • Roti kering sebagai variasi pakan lainnya.
  • Asinan. Diperlukan untuk mencukupi kebutuhan kalsium. Biasanya pemilik kenari memberikan tulang sotong.