Burung Nuri – Habitat, Ciri, Jenis, Keunikan dan Makanan

Burung nuri adalah salah satu jenis burung berparuh bengkok dengan beragam keunikan. Keunikan burung nuri meliputi bentuk fisik, kicauan serta perilakunya.

Burung dengan warna bulu cantik ini terkenal akan kicaunnya yang merdu. Namun karena perburuan yang masif, maka membuat populasinya di alam liar kian memprihatinkan. Jumlah burung nuri terus berkurang sehingga masuk dalam kategori jenis hewan yang dilindungi pemerintah.

Habitat

Burung nuri merupakan spesies dalam genus Eclectus yang terbagi menjadi beberapa jenis dan tersebar di seluruh dunia. Contohnya adalah nuri bayan yang hidup di Indonesia, terutama di kawasan Indonesia Timur, mulai dari Ambon, Kepulauan Maluku, hingga Papua.

nuri bayan bidikdata.com

Habitat aslinya berada di pulau-pulau tropis, seperti misalnya di Papua, Halmahera, Maluku, dan daerah sekitarnya. Burung dengan aneka warna bulu ini begitu gemar bertengger di pohon besar dan tinggi. Lubang yang terdapat di batang pohon merupakan area ideal untuk membuat sarang.

Ciri Burung Nuri

Secara fisik maupun non-fisik, nuri memiliki beberapa ciri khas dan karekteristik yang sangat menonjol. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri umum burung nuri, antara lain:

1. Paruh Bengkok

Ciri paling umum dari burung nuri adalah bentuk paruhnya yang bengkok. Burung yang banyak ditemui di kawasan Indonesia Timur ini merupakan pemakan biji-bijian. Bentuk paruhnya menjadi alasan utama mengapa biji-bijian adalah bahan makanan favoritnya.

baca juga:  Jambu Kristal - Asal, Taksonomi, Morfologi, Manfaat & Budidaya

2. Warna Bulu Indah

Selain berparuh bengkok, nuri merupakan burung dengan warna bulu yang mencolok. Warna bulunya beraneka ragam sehingga membuatnya banyak diburu dan sangat digemari. Banyak pecinta burung ingin mengoleksinya sehingga menjadikan populasi nuri di alam bebas terancam.

3. Suara Kicau Merdu

Sebagai burung pekicau, nuri memiliki suara yang merdu. Bahkan beberapa jenis nuri mampu menirukan suara manusia. Selain warna bulunya, faktor kemampuannya dalam berkicau merupakan hal yang paling banyak diminati.

4. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh burung nuri relatif sedang dengan rata-rata berat badan sekitar 375 sampai 550 gram. Burung pemakan biji ini memiliki mata bulat dengan warna coklat. Bentuk dan warna ini sangat umum pada nuri yang berbeda jenis.

Jenis Burung Nuri

Nuri adalah burung yang mayoritas jenisnya hidup di Indonesia Timur. Burung ini memiliki harga jual cukup mahal karena populasinya yang langka. Berikut ini adalah beberapa jenis burung nuri yang ada di Indonesia dan sekitarnya, antara lain:

burung nuri bayan Pixabay

1. Nuri Papua

Nuri Papua berasal dari Pulau Papua dan sekitarnya. Ciri paling jelas dari jenis ini dapat dilihat dari bulunya yang berwarna hitam pada bagian sayap dan kepala samping. Jika dibandingkan dengan jenis nuri lainnya, Nuri Papua merupakan yang paling mahal di pasaran.

2. Nuri Merah

Warna bulunya yang mayoritas merah membuatnya disebut sebagai nuri merah. Burung dengan paruh bengkok berwarna hitam ini memiliki gradasi warna lain di bagian badan lainnya, yaitu biru di area lingkar leher dan perut, serta hitam pada bagian ekornya.

baca juga:  Burung Gereja - Taksonomi, Morfologi, Habitat, Sebaran, Populasi & Keunikan

3. Nuri Kepala Hitam

Nuri kepala hitam adalah jenis burung nuri yang banyak dipelihara. Seperti namanya, warna bulu di bagian kepalanya adalah hitam. Sedangkan di bagian tubuh lainnya terdapat campuran beberapa warna, yakni hijau pada sayap, merah pada leher hingga perut, serta biru di sekitar ekor.

Selain keunikan pada warna kepalanya yang hitam, nuri ini juga mempunyai kicauan sangat indah.

4. Nuri Pelangi

Warna bulu yang sangat indah menjadi ciri khas nuri jenis ini. Hampir semua jenis warna terdapat pada bulunya, mulai dari merah, kuning, biru, hingga hijau menyelimuti seluruh tubuhnya. Paruh nuri pelangi berwarna oranye dengan ukuran mungil.

5. Nuri Maluku

Nuri Maluku berasal dari Pulau Maluku. Biasanya jenis ini hidup di dataran tinggi Maluku. Ciri khas yang paling menonjol adalah bulunya yang berwarna merah maroon. Selain itu, terdapat kombinasi warna biru dan hitam yang membuatnya terlihat semakin cantik.

Keunikan Burung Nuri

Ada sejumlah keunikan yang membuat burung nuri spesial dibandingkan jenis burung lainnya. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu:

1. Burung Cerdas

Nuri termasuk salah satu jenis burung cerdas. Ia dapat dilatih untuk menirukan berbagai suara layaknya burung beo. Hal ini pula yang menjadikan harga jualnya mahal dan tinggi peminat di pasaran.

Permintaan burung nuri yang terus meningkat, membuat perburuannya juga semakin meningkat. Jika hal ini terus terjadi, maka akan mengancam kelestariannya di alam bebas.

2. Umur Panjang

Burung nuri termasuk spesies yang memiliki umur panjang. Usia nuri dapat mencapai 60 hingga 70 tahun. Kondisi tersebut dapat tercapai apabila mendapatkan perawatan yang baik dan benar. Selain berumur panjang, burung berparuh bengkok ini juga sangat setia.

3. Satwa Dilindungi

Nuri termasuk satwa dilindungi, misanya nuri bayan yang telah memiliki perlindungan hukum dari pemerintah Indonesia dalam Undang-Undang RI No.5 Tahun 1990 mengenai Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistem.

baca juga:  Pohon Meranti - Taksonomi, Ciri, Kayu, Jenis & Ancaman Kepunahan

Tiap tahunnya, sekitar 10 ribu ekor burung paruh bengkok termasuk nuri diburu. Perburuan paling masif terjadi di kawasan Maluku Utara, Papua, hingga Halmahera Utara. Perdagangan ilegal nuri tidak hanya dalam skala domestik, melainkan hingga ke luar negeri.

Makanan

Salah satu ciri khas dari burung nuri adalah paruhnya yang berbentuk bengkok. Dari bentuk paruh tersebut, kita dapat mengidentifikasi jenis makanan yang cocok untuknya, antara lain:

Burung Nuri Pixabay

1. Buah & Biji-bijian

Buah apel dan pir merupakan makanan kesukaan burung nuri. Burung paruh bengkok cenderung vegetarian sehingga sangat gemar mengonsumsi pakan nabati. Dengan memberikan buah-buahan dan biji-bijian, asupan antioksidan yang dibutuhkan burung nuri akan terpenuhi secara optimal.

2. Sayuran

Sayuran adalah salah satu bahan makanan kesukaan nuri. Sayuran yang dapat diberikan untuk burung nuri adalah kentang, brokoli, wortel, dan kangkung. Jika ingin memberikan ubi jalar pun tidak masalah karena bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

3. Pelet Khusus Burung Nuri

Pelet khusus burung merupakan alternatif praktis apabila sulit menemukan buah-buahan dan biji-bijian. Meskipun diberikan pakan pabrikan, namun nuri tetap membutuhkan sumber pakan alami.

4. Pakan Buatan

Pakan buatan bisa diberikan untuk burung nuri. Kita bisa mencampurkan gandum, sayur, beras merah, serta jewawut untuk diberikan sebagai pakan sehari-hari. Bahan-bahan tersebut dapat dicampur menjadi bubur kemudian diberikan sebagai variasi.