Cara Membuat Kandang Kucing Sendiri – Bisa Dari Pipa, Kayu atau Besi

4.7/5 - (4 votes)

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang mempunyai hubungan dekat dengan manusia. Binatang berbulu ini memiliki tingkah lucu dan menggemaskan sehingga banyak dipelihara oleh manusia, baik itu dipelihara sebagai teman bermain ataupun menjadi peluang bisnis ternak kucing.

Meski merawat hewan ini tergolong mudah, namun memelihara kucing rumahan juga membutuhkan tempat khusus agar mereka bisa hidup lebih nyaman. Cara praktisnya adalah membeli kandang kucing di toko hewan peliharaan. Namun selain itu, kita juga bisa memubuat kandang kucing sendiri dari bahan-bahan sederhana disekitar kita, seperti kardus, kayu, pipa, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara membuat kandang kucing sendiri secara mudah? Berikut adalah panduan DIY (do it yourself) yang dapat diikuti.

Syarat Layak Kandang Kucing

Sebelum kita memulai membuat kandang untuk kucing, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini, antara lain:

1. Ukuran Kandang Kucing

Untuk menentukan seberapa besar atau luas kandang kucing, kita bisa melakukan pengukuran dengan menyesuaikan dengan besar dan berat kucing peliharaan, meliputi lebar, panjang, dan tinggi kandang. Selain itu, kita harus mempertimbangkan kenyamanan kucing dengan ukuran kandang melalui pengamatan perilaku dan sifatnya.

Sebagai rekomendasi, kita bisa membuat kandang kucing dengan lebar, panjang, dan tinggi dua kali lebih besar dari ukuran kucing yang kita pelihara. Sebab jika rumah kucing yang dibuat terlalu sempit, maka kucing akan merasa stres, tidak nyaman dan berpengaruh terhadap kesehatannya.

2. Alas Kandang Kucing

Kita tidak boleh sembarangan ketika memilih alas untuk kucing. Jika alas kucing tidak cocok dan tidak nyaman, maka kucing yang kita pelihara tidak akan betah berada di kandang barunya.

baca juga:  Burung Beo - Taksonomi, Habitat, Makanan, Jenis, Kemampuan Meniru Suara & Harga

Selain itu, alas kucing yang tidak sesuai akan menyebabkan bau yang berasak kotoran kucing. Bau tersebut pasti akan mengganggu kenyamanan kucing dan kita sendiri. Lalu, bagaimana mengatasi hal tersebut?

Saat ini sudah banyak produk alas kandang kucing yang mampu menyerap bau. Bahkan, ada juga produk alas kucing dengan aroma wangi sehingga kita tak perlu khawatir mengenai bau tak sedap kotoran kucing. Jangan lupa juga untuk menempatkan pasir kucing di dalam kandang supaya kucing tidak membuang kotorannya secara sembarangan.

Pasir kucing umumnya dijual dalam berbagai bentuk dan kemasan. Ada jenis pasir yang mudah menggumpal dengan aroma menyegarkan. Ada juga yang menggumpal tanpa aroma, kita bisa memilihnya jika tidak terlalu suka dengan wewangian.

Oleh sebab itu, kita perlu menyesuaikan pilihan produk alas kandang kucing dengan kebutuhan dan ketersediaan biaya.

Cara Membuat Kandang Kucing Sederhana

Setelah mengetahui faktor-faktor apa saja yang harus terpenuhi sebelum membuat kandang kucing, berikut ini adalah beberapa contoh kandang kucing yang bisa kita buat sendiri beserta cara dan keunggulan dari masing-masing bahan yang digunakan.

1. Kandang Kucing Dari Pipa

Pipa adalah salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kandang kucing karena mudah diperoleh. Beberapa keunggulan bahan pipa untuk kandang kucing adalah harganya yang terjangkau, memiliki daya tahan ekstra kuat, sehingga lebih awet.

kandang kucing pipa Pinterest

Namun, pipa juga memiliki beberapa kekurangan, seperti dapat rusak dan hancur jika pembuatannya tidak dilakukan dengan cara-cara yang benar.

Cara membuat kandang kucing dari pipa ini sangat mudah. Kita cukup memotong pipa dengan ukuran 50 dan 20 cm, kemudian membuat kerangka kandang berbentuk persegi panjang. Selanjutnya, sambung pipa-pipa kecil yang telah kita potong menggunakan knee L dan T.

Jangan lupa untuk membuat engsel pintu menggunakan pipa T dan potongan pipa berukuran sekitar 3 cm. Setelah itu gunakan triplek yang diikat pada pipa menggunakan kawat jaring sebagai dinding..

baca juga:  Air Terjun Kedung Pedut - Dua Warna Air Berbeda di Kulon Progo

Tentukan juga dimana posisi tempat tidur, tempat makan, dan tempat membuang kotoran di dalam kandang tersebut. Sebaiknya, beri alas keramik pada bagian bawah kandang supaya kotoran kucing lebih mudah dibersihkan. Kita juga bisa menambahkan karpet beralaskan kardus berbentuk persegi sebagai alas tidur kucing agar tetap hangat.

Letakkan wadah makan dan minum kucing pada tempat yang ditentukan, isi kardus atau litterbox dengan pasir, dan tempatkan di dalam kandang sebagai tempat kucing membuang kotorannya. Pastikan kandang tersebut berada di tempat yang teduh dan berada dalam pantauan kita.

2. Kandang Kucing Dari Kayu

Kayu juga menjadi salah satu bahan alternatif yang bisa kita gunakan untuk membuat kandang kucing. Kayu merupakan material yang lebih ramah bagi kucing dan harganya pun lebih terjangkau. Selain itu, kita bisa menggunakan kayu baru maupun kayu bekas yang ada di sekitar rumah untuk membuat kandang kucing yang nyaman.

kandang kucing kayu spca.bc.ca

Sementara itu, kelemahan bahan kayu adalah mudah terserang rayap, berjamur, dan keropos. Namun jangan khawatir, kita bisa meletakkan kandang kucing yang kita buat sendiri ditempat yang terkena sinar matahari agar terhindar dari risiko tersebut. Agar kandang kayu untuk kucing tidak mudah keropos, sebaiknya lapisi dengan pelitur atau cat yang aman bagi kucing.

Untuk membuatnya, kita awali dengan mengukur panjang dan berat kucing terlebih dulu agar kandang yang kita buat nantinya sesuai. Jika kucing peliharaan mempunyai berat 5 kilogram, maka ukuran kandang yang ideal sekitar 120 cm untuk panjangnya, sementara lebar dan tinggi sekitar 80 cm hingga 90 cm.

Pastikan ukuran kandang kucing tersebut sesuai dengan banyaknya kucing yang akan ditempatkan di dalamnya. Kita bisa mengatur letak tempat tidur yang telah diberi alas kardus ataupun karpet, tempat makan dan minum, beserta litterbox berisi pasir untuk kucing membuang kotoran.

baca juga:  Pantai Sembilan - Pulau Unik Berbentuk Angka Dekat Labuan Bajo

Cara pembuatannya ialah dengan memotong kayu dan papan sesuai ukuran yang telah ditentukan, susun satu per satu dan satukan dengan lem kayu dan paku hingga menjadi kandang yang nyaman. Jangan lupa untuk membuat pintu keluar masuk sesuai ukuran kucing dilengkapi dengan engsel supaya tetap aman.

3. Kandang Kucing Dari Besi

Jika dibandingkan dengan harga bahan-bahan sebelumnya, harga besi pastinya lebih mahal. Namun, besi memliki kualitas lebih baik dan lebih dari kayu dan pipa. Jika kita menginginkan kandang kucing yang bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama, maka kandang kucing dari besi merupakan pilihan terbaik.

kandang kucing besi karousell.com

Besi juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Keunggulan besi adalah lebih kuat, tahan lama, harga terjangkau, dan kotoran kucing yang menempel mudah dibersihkan. Sementara itu, kekurangan besi ialah mudah berkarat jika tidak dirawat dengan melapisinya secara berkala.

Untuk membuat kandang kucing berbahan besi, kita awali dengan mengukur dan memotong besi settinggi 0,5 meter dan panjang 1 meter. Kita juga bisa menyesuaikan ukuran tersebut dengan berat, tinggi, dan jumlah kucing yang akan dimasukkan ke dalam kandang tersebut.

Selanjutnya, susun dan bentuk besi-besi tersebut menjadi persegi panjang. Satukan setiap potongan menggunakan kawat strimin dan beri alas keramik agar kandang mudah dibersihkan. Seperti halnya membuat kandang kucing dari bahan kayu, kita juga harus menentukan letak tempat tidur dan memberi alas supaya kucing tetap nyaman. Jangan lupa juga tentukan dimana tempat wadah makanan kucing dan minuman serta litterbox.

Lengkapi kandang kucing tersebut dengan pintu dan engsel. Apabila telah selesai, kita bisa mengecat keseluruhan kandang tersebut dengan cat khusus besi, lalu letakkan kandang di tempat yang sejuk.