1000++ Daftar Nama Hewan / Binatang Serta Gambarnya

Hewan dan binatang merupakan makhluk yang masuk dalam kategori kingdom animalia. Keanekaragaman hayati kategori kingdom animalia ini sangatlah banyak, bahkan di beberapa tempat seperti lautan dalam dan pedalaman hutan di dunia ini masih banyak makhluk kingdom animalia yang belum diketahui atau ditemukan.

Disamping keanekaragaman tumbuhan, Indonesia sendiri memiliki berbagai fauna yang tentunya menjadi kekayaan alam yang harus kita lestarikan. Namun, tidak jarang status keberadaannya terancam hingga beberapa di antaranya telah dinyatakan punah.

Berikut ini adalah nama-nama hewan lengkap beserta nama latin, gambar binatang dan rangkuman singkat yang RimbaKita.com kumpulkan dan dapat dijadikan materi referensi untuk pembaca.

Daftar nama hewan update secara berkala, oleh sebab itu, “bookmark” halaman ini agar tidak tertinggal nama-nama binatang terbaru.

colchester-zoo.com

Aardvark (Orycteropus afer) adalah nama dari sejenis hewan yang bentuknya terlihat seperti hasil persilangan antara babi, tikus, dan kelinci. Aardvark memiliki tubuh berukuran sedang dan hidup berbentuk panjang menyerupai babi.

Pixabay

Alap-alap atau dalam Bahasa Inggris disebut FalconCaracara atau Kestrel adalah sebutan untuk burung pemangsa yang masuk dalam keluarga FalconidaeFalconidae berasal dari kata Flax yang memiliki arti Sabit. Alap-alap berbeda dengan Elang dan Rajawali yang masuk dalam keluarga Accipitridae.

Alap-alap memiliki ciri fisik sayap yang sempit dan runcing, paruh pendek dan melengkung, kepal membulat, iris mata gelap serta terbang dengan gaya lebih cepat dan akrobatis. Penglihatan alap-alap 2,6 kali lebih tajam dibanding penglihatan manusia.

Pixabay

Albatros merupakan bagian dari keluarga Diomedeidae, yaitu burung laut besar dalam ordo Procellariiformes yang merupakan satu kelompok dengan Procellariidae, Petrel badai dan Petrel penyelam. Burung Albatros dapat ditemukan di wilayah Samudra Antartika dan Pasifik Utara.

Pixabay

Alpaka adalah binatang menyusui dari Amerika Selatan yang menyerupai ilama dan memiliki kualitas bulu seperti domba. Alpaka memiliki tubuh lebih kecil daripada ilama dan alpaka tak dimanfaatkan sebagai hewan pengangkut, namun untuk diambil bulunya. Bulu Alpaka digunakan untuk membuat rajutan dan jahitan, seperti bulu wol dari domba.

Pixabay

Anaconda termasuk dalam empat spesies ular raksasa yang berasal dari Amerika Selatan. Jenis anaconda yang paling dikenal adalah anaconda hijau. Ular ini memiliki panjang tubuh hingga lebih dari 5 meter dan berat hampir mencapai 100 kg.

Pixabay

Angsa adalah burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae. Bebek dan Angsa berleher pendek juga terdapat pada famili Anatidae. Angsa dan angsa berleher pendek masuk ke dalam subfamili Anserinae, namun Angsa memiliki suku sendiri, yaitu suku Cygnini.

Pixabay

Anjing merupakan hewan peliharaan yang akrab bagi manusia. Anjing telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu, bahkan mungkin sejak 100.000 tahun yang lalu. Hal tersebut berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA.

Pixabay

Anjing Chihuahua adalah jenis anjing yang berukuran kecil (Tiny Toy Size), memiliki tubuh yang lebih panjang daripada tingginya, bentuk kepalanya bulat seperti buah apel, bentuk moncong pendek, telinga tegak dan mempunyai ekor yang panjang.

Pixabay

Anjing Dalmatian adalah jenis anjing yang dikenal karena warna kulitnya yang putih dengan (pada umumnya) noda-noda hitam. Variasi warna coklat juga kadang ditemukan walaupun meskipun jarang. Nama Dalmatian berasal dari Provinsi Dalmatia dari negara Kroasia, yang diperkirakan sebagai asal dari jenis anjing ini.

Pixabay

Anjing Labrador atau nama latinnya Retriever Canis familiaris adalah salah satu dari beberapa jenis anjing pemburu (retriever). Labrador merupakan salah satu anjing ras terpopuler di dunia karena enerjik, pandai, dan bersahabat sehingga cocok dijadikan anjing pekerja.