Hewan dan binatang merupakan makhluk yang masuk dalam kategori kingdom animalia. Keanekaragaman hayati kategori kingdom animalia ini sangatlah banyak, bahkan di beberapa tempat seperti lautan dalam dan pedalaman hutan di dunia ini masih banyak makhluk kingdom animalia yang belum diketahui atau ditemukan.

Disamping keanekaragaman tumbuhan, Indonesia sendiri memiliki berbagai fauna yang tentunya menjadi kekayaan alam yang harus kita lestarikan. Namun, tidak jarang status keberadaannya terancam hingga beberapa di antaranya telah dinyatakan punah.

Berikut ini adalah nama-nama hewan lengkap beserta nama latin, gambar binatang dan rangkuman singkat yang RimbaKita.com kumpulkan dan dapat dijadikan materi referensi untuk pembaca.

Daftar nama hewan update secara berkala, oleh sebab itu, “bookmark” halaman ini agar tidak tertinggal nama-nama binatang terbaru.

Daftar Nama Hewan dan Binatang

colchester-zoo.com

Aardvark (Orycteropus afer) adalah nama dari sejenis hewan yang bentuknya terlihat seperti hasil persilangan antara babi, tikus, dan kelinci. Aardvark memiliki tubuh berukuran sedang dan hidup berbentuk panjang menyerupai babi.

Pixabay

Alap-alap atau dalam Bahasa Inggris disebut Falcon, Caracara atau Kestrel adalah sebutan untuk burung pemangsa yang masuk dalam keluarga FalconidaeFalconidae berasal dari kata Flax yang memiliki arti Sabit. Alap-alap berbeda dengan Elang dan Rajawali yang masuk dalam keluarga Accipitridae.

Alap-alap memiliki ciri fisik sayap yang sempit dan runcing, paruh pendek dan melengkung, kepal membulat, iris mata gelap serta terbang dengan gaya lebih cepat dan akrobatis. Penglihatan alap-alap 2,6 kali lebih tajam dibanding penglihatan manusia.

Pixabay

Albatros merupakan bagian dari keluarga Diomedeidae, yaitu burung laut besar dalam ordo Procellariiformes yang merupakan satu kelompok dengan Procellariidae, Petrel badai dan Petrel penyelam. Burung Albatros dapat ditemukan di wilayah Samudra Antartika dan Pasifik Utara.

Pixabay

Alpaka adalah binatang menyusui dari Amerika Selatan yang menyerupai ilama dan memiliki kualitas bulu seperti domba. Alpaka memiliki tubuh lebih kecil daripada ilama dan alpaka tak dimanfaatkan sebagai hewan pengangkut, namun untuk diambil bulunya. Bulu Alpaka digunakan untuk membuat rajutan dan jahitan, seperti bulu wol dari domba.

Pixabay

Anaconda termasuk dalam empat spesies ular raksasa yang berasal dari Amerika Selatan. Jenis anaconda yang paling dikenal adalah anaconda hijau. Ular ini memiliki panjang tubuh hingga lebih dari 5 meter dan berat hampir mencapai 100 kg.

Pixabay

Angsa adalah burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae. Bebek dan Angsa berleher pendek juga terdapat pada famili AnatidaeAngsa dan angsa berleher pendek masuk ke dalam subfamili Anserinae, namun Angsa memiliki suku sendiri, yaitu suku Cygnini.

Pixabay

Anjing merupakan hewan peliharaan yang akrab bagi manusia. Anjing telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu, bahkan mungkin sejak 100.000 tahun yang lalu. Hal tersebut berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA.

Pixabay

Anjing Chihuahua adalah jenis anjing yang berukuran kecil (Tiny Toy Size), memiliki tubuh yang lebih panjang daripada tingginya, bentuk kepalanya bulat seperti buah apel, bentuk moncong pendek, telinga tegak dan mempunyai ekor yang panjang.

Pixabay

Anjing Dalmatian adalah jenis anjing yang dikenal karena warna kulitnya yang putih dengan (pada umumnya) noda-noda hitam. Variasi warna coklat juga kadang ditemukan walaupun meskipun jarang. Nama Dalmatian berasal dari Provinsi Dalmatia dari negara Kroasia, yang diperkirakan sebagai asal dari jenis anjing ini.

Pixabay

Anjing Labrador atau nama latinnya Retriever Canis familiaris adalah salah satu dari beberapa jenis anjing pemburu (retriever). Labrador merupakan salah satu anjing ras terpopuler di dunia karena enerjik, pandai, dan bersahabat sehingga cocok dijadikan anjing pekerja.

Pixabay

Anjing Laut adalah mamalia besar dari ordo karnivora yang hidup di daerah sejuk. Mulanya anjing laut masuk ke dalam subordo Pinnipedia, namun sekarang kategori subordo ini telah bergeser menjadi kategori superfamilia.

Pixabay

Anjing Pitbull atau American Pit Bull Terrier (APBT) merupakan salah satu ras anjing tertua yang masih asli (original dog). Ras anjing ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan ras jenis lain, yaitu tenaga yang paling besar dibandingkan dengan ras lain, tahan terhadap rasa sakit, sifat pantang menyerah, tempramen stabil.

Kelebihan tersebut didapatkan dari leluhur APBT yang dahulu adalah anjing petarung. Leluhur APBT yang diadu dengan sesama anjing ataupun dengan banteng (bull baiting) dan beruang (bear baiting) mau tidak mau mengharuskan leluhur APBT beradaptasi dengan keadaan tersebut. Adaptasi yang dilakukan oleh leluhurnya tersebut menjadikan keturunan APBT memiliki sifat-sifat yang hampir menyerupai leluhurnya. Namun saat ini adu anjing telah dilarang, maka untuk mengetahui sifat-sifat dasar APBT digunakan berbagai cara seperti adu tarik tali, adu tarik beban dll.

Wikimedia Commons

Anoa (Bubalus sp.) adalah mamalia terbesar dan endemik yang hidup di daratan Pulau Sulawesi dan Pulau Buton. Sebutan lain untuk Anoa adalah kerbau kerdil. Anoa merupakan fauna peralihan.

Pixabay

Anteater merupakan binatang pemakan semut, yaitu hewan mamalia yang moncongnya panjang seperti selang & tubuhnya yang diselubungi bulu lebat.

Pixabay

Antelop adalah mamalia yang bentuknya menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas. Binatang ini mirip kijang tetapi bukan kijang, melainkan termasuk jenis sapi. Antelop merupakan anggota dari famili bovidae dan termasuk hewan yang terancam punah.

Pixabay

Aphid adalah serangga kecil yang bertubuh lunak, disebut pula sebagai kutu daun atau kutu tumbuhan.

Pixabay

Armadillo adalah mamalia plasental kecil yang memiliki perisai pada tubuhnya. Armadillo terbesar mencapai panjang 90 cm. Armadillo merupakan binatang asli Amerika yang dapat hidup di berbagai kondisi lingkungan.

Pixabay

Arwana atau Arwana Asia adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang, sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Ikan ini banyak dimanfaatkan sebagai ikan hias karena bentuknya yang cantik dan dipercaya membawa keberuntungan.

Pixabay

Ayam termasuk dalam jenis aves atau unggas. Ayam bernafas dengan paru paru dan tidak bisa terbang, memiliki paruh, memiliki 2 kaki yg fungsinya untuk mengais tanah agar bisa mencari makanan.

wowasiknya.com

Ayam Cemani adalah ayam yang seluruh anggota tubuhnya berwarna hitam. Mulai dari kuku, kulit, paruh, mata, daging sampai tulangnya berwarna hitam. Bahkan, beberapa Ayam Cemani memiliki darah hitam. Padahal, normalnya darahnya berwarna merah tua.

Pixabay

Ayam Kalkun atau disebut dengan Burung Kalkun adalah sebutan untuk spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus MeleagrisKalkun betina memiliki tubuh lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan dengan kalkun jantan. Kalkun memiliki rentang sayapnya yang mencapai 1,5-1,8 meter.

Pixabay

Ayam kate atau ayam katai atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Ayam Bantam. Ayam kecil ini pertama kali ditemukan oleh para pedagang Eropa, sekitar tahun 1700an di pelabuhan di pulau Jawa bernama Bantam, atau kita lebih mengenalnya sebagai Karesidenan Banten, atau sekarang Provinsi Banten.

Pixabay

Babi adalah binatang ungulata yang bermoncong panjang dan berhidung lemper. Babi merupakan binatang yang berasal dari Eurasia. Kadang juga dirujuk sebagai khinzir (bahasa Arab). Babi adalah omnivora, yang berarti mengonsumsi baik daging maupun tumbuh-tumbuhan.

thatsfarming.com

Babirusa adalah marga hewan dari beberapa jenis babi liar yang hanya terdapat di sekitar Sulawesi, Pulau Togian, Malenge, Sula, Buru dan pulau-pulau Maluku lainnya. Habitat babirusa banyak ditemukan di hutan hujan tropis.

Pixabay

Babon atau Babun atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Baboon adalah jenis monyet yang bergenus Papio yang banyak terdapat di Afrika dan Arab, dan merupakan bagian dari subfamili Cercopithecinae.

Pixabay

Badak atau dalam bahasa Inggris bernama rhinoceros, adalah spesies hewan dari famili Rhinocerotidae, ordo Perissodactyla yang kesemuanya berasal dari Afrika atau Asia.

beritagar.id

Badak jawa, atau badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. Badak jawa kemungkinan adalah mamalia terlangka di bumi. Populasinya sekitar 40-50 badak dan hidup di Taman Nasional Ujung Kulon di pulau Jawa, Indonesia.

Pixabay

Badak Sumatera adalah badak yang memiliki ukuran tubuh terkecil dibandingkan semua sub-spesies badak di dunia. Badak Sumatera hidup di alam dalam kelompok kecil dan umumnya menyendiri (soliter).

Pixabay

Bajing adalah nama umum bagi sekelompok mamalia pengerat dari suku Sciuridae. Dalam bahasa Inggris, bajing disamakan dengan squirrel. Dalam ilmu biologi, bajing tidak sama dengan tupai.

Pixabay

Bajing telinga totol atau C. Adamsi hidup terbatas di Borneo. Memiliki bercak pucat di belakang telinganya, berukuran sedikit lebih kecil.

Pixabay

Bangau adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Burung bangau tubuhnya berukuran besar, berkaki panjang, berleher panjang namun lebih pendek dari burung Kuntul, dan mempunyai paruh yang besar, kuat dan tebal. Bangau dapat dijumpai di daerah beriklim hangat.

penjagarumah.com

Kutu busuk atau Bangsat atau Kepinding atau Tinggi atau disebut juga Tumila adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas. Biasanya ditemukan dalam lingkungan yang kotor dan lembap.

Pixabay

Banteng atau tembadau (dari bahasa Jawa, banṭhèng) atau Bos javanicus adalah hewan yang berkerabat dengan sapi. Banteng dapat ditemukan di Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Banteng dibawa ke Australia Utara pada masa kolonisasi Britania Raya pada tahun 1849 dan sampai sekarang masih lestari.

Pixabay

Bebek atau Itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Nama Bebek umumnya digunakan untuk burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, yakni angsa dan angsa berleher pendek, serta dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut.

Pixabay

Bekantan atau dalam nama ilmiah adalah Nasalis larvatus adalah jenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis.

Pixabay

Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae. Hewan ini memilki cangkang, berjalan lambat dan menghasilkan lendir.

Pixabay

Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Serangga memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek. Serangga pada umumnya sayap, meskipun sayap tersebut terkadang tidak dapat dipergunakan untuk terbang.

otcdigest.id

Belatung adalah larva lalat yang sulit dibasmi. Biasanya belatung terdapat dan mengerumuni tempat sampah, rumah, atau bahkan di tubuh sebagai bagian dari infeksi yang terjadi di tubuh (myiasis).

Pixabay

Belibis atau Dendrocygna adalah sekelompok unggas berparuh datar (Anseriformes) yang dapat mengeluarkan suara seperti siulan. Karena kekhasan tersebut, dalam bahasa Inggris, Belibis dikenal dengan nama whistling duck atau itik bersiu.

Pixabay

Belut adalah predator ganas di lingkungan rawa dan sawah. Makanan belut adalah ikan kecil, cacing, krustasea. Belut aktif di malam hari, mengambil oksigen langsung dari udara dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air, dengan syarat lingkungannya tetap basah.

Pixabay

Beo, mamiang, atau tiong emas (Gracula) adalah sejenis burung anggota suku Sturnidae (jalak dan kerabatnya). Burung Beo memiliki kemampuan menirukan bahasa manusia, sehingga burung ini menjadi hewan peliharaan.

Pixabay

Berangberang adalah mamalia karnivora yang tergolong ke dalam subfamili Lutrinae. Terdapat 13 spesies berangberang dan semuanya merupakan hewan semiakuatik, akuatik, atau hewan laut, dan mereka memakan ikan atau invertebrata.

Pixabay

Beruang adalah binatang buas jenis Ursus, berbulu tebal, dapat berdiri di atas kedua kakinya, bercakar, dan bermoncong panjang. Dalam bahasa inggris dinamakan “bear” yang berasal dari Bahasa Inggris kuno yaitu “bera”. Beruang memiliki nama ilmiah Ursidae.

Pixabay

Beruang Kutub merupakan jenis beruang yang hidup di daerah kutub. Beruang betina biasanya akan hidup di sepanjang pantai Kutub Utara, sementara beruang jantan tinggal di atas bongkahan-bongkahan es dan terapung di laut sekitar 180 mil jauhnya dari pantai.

Pixabay

Beruang madu atau Helarctos Malayanus adalah fauna khas provinsi Bengkulu yang termasuk dalam familia Ursidae. Beruang madu merupakan jenis beruang paling kecil di dunia

Pexels

Beruk merupakan salah satu jenis monyet yang memiliki ekor panjang. Beruk memiliki nama latin Macaca Fascucularis. Sebagai informasi, monyet adalah istilah yang digunakan untuk anggota primata non prosimia (pra kera) atau kera.

flitto.com

Betet adalah sejenis burung anggota suku bayan. Burung betet banyak ditemukan mulai dari kaki pegunungan Himalaya, Cina Selatan, Asia Tenggara dan Indonesia. Betet merupakan burung yang paling tersebar luas dibanding burung lain sesama genusnya dan memiliki variasi geografis beragam.

fishesofaustralia.net.au

Betok merupakan nama sejenis ikan yang hidup di air tawar secara liar. Dalam beberapa bahasa ikan betok juga dikenal dengan nama ikan bethok atau ikan bethik, serta puyu atau pepuyu. Ikan ini memiliki kemampuan untuk memanjat ke daratan.

Wikimedia Commons

Biawak adalah sebangsa kadal yang memiliki ukuran sedang hingga besar. Sebaran biawak berada pada daerah dengan iklim panas dan tropis seperti Afirka, Asia dan Australia.  Biawak juga dikenal dengan sebutan bayawak di Sunda, bajul di Jawa, berekai di Madura.

Pixabay

Meski bintang laut dalam bahasa inggris memiliki nama Star Fish, namun pada dasarnya hewan ini bukanlah ikan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang masuk dalam golongan filum Echinodermata dan kelas Asteroidea. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki 5 atau lebih lengan.

Pixabay

Binturung merupakan jenis musang yang memiliki tubuh besar dan anggota suku Viverridae. Nama latin dari binturung adalah Arctictis binturong. Hewan ini memiliki ciri-ciri berbulu hitam lebat, berekor panjang, serta memiliki kumis seperti kucing.

arenahewan.com

Biri-biri yang seringkali disamakan domba adalah hewan pemakan rumput. Bulu biri-biri dimanfaatkan untuk bahan pembuatan wol. Selain itu, daging serta susu yang dihasilkan juga dapat dikonsumsi.

Pixabay

Bison atau Bison spp merupakan hewan darat terbesar yang hanya terdapat di Amerika dan Eropa. Di Amerika, bison umumnya tinggal di lembah sungai dan dataran padang rumput, serta daerah yang dipenuhi semak lebat. Bison hidup pada habitat tersebut karena mereka adalah binatang yang memakan rumput dan semak sebagai makanan utama.

spjkita.com

Blekok atau blekok sawah memiliki nama latin Ardeola speciosa yang termasuk dalam spesies burung famili Ardeidae. Makanan pokok dari burung blekok adalah serangga, ikna dan kepiting. Burung blekok tersebar luas di Asia Tenggara. Ciri fisik dari burung ini ialah panjang tubuh sekitar 46 cm, paruh berwarna kuning dan hitam dibagian ujung.

Pixabay

Buaya adalah reptil yang memiliki tubuh besar dengan habitat di air, sungai, rawa-rawa, danau, dan sekitar lahan basah. Buaya juga dapat ditemukan di air payau, sepeti buaya muara. Buaya dapat hidup lebih dari 100 tahun.

Pixabay

Bulbul merupakan burung yang memiliki karakter sering berkicau di malam hari, memiliki bulu dengan warna keabuan atau kecoklatan. Di Indonesia, bulbul juga disebut dengan nama burung kutilang.

Pixabay

Bulu Babi atau Landak Laut adalah hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya, serta bulu terserbut dapat digerakkan. Bulu Babi terbagi menjadi 950 spesies dan dapat ditemukan di daerah pasang surut hingga kedalama 5.000 meter dibawah permukaan laut.

Pixabay

Bunglon adalah sebutan khusus untuk kenis kadal yang memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulit sesuai dengan lingkungannya. Bunglon umumnya mencakup kadal dari keluarga Chamaeleonidae dan Agamidae. Dalam istilah bahasa Inggris, bunglon disebut dengan nama Chamaeleon. Jenis kadal ini tersebat di Afrika, Arab, dan Asia.

birdpx.com

Burung Anis Kembang memiliki nama latin Zoothera interpres dan juga dikenal dengan nama punglor kembang atau anis cacing. Burung ini seringkali dipelihara karena termasuk dalam jenis burung kicauan.

hbw.com

Burung Bidadari atau Semioptera wallacii adalah burung jenis cendrawasih berukuran sedang atau sekitar 28 cm. Burung ini memiliki warna cokelat zaitun. Cendrawasih ini adalah satu-satunya burung yang masuk dalam genus Semioptera.

sobatmiskin.com

Burung Ciblek atau Perenjak Jawa adalah sejenis burung pengicau dari suku Cisticolidae, namun pada beberapa referensi juga dimasukkan pada suku Sylviidae. Burung ini memiliki nama ilmiah Prinia familiaris Horsfield

Pixabay

Burung dara atau merpati merupakan burung famili Columbidae dari ordo Columbiformes. Istilah dara biasanya digunakan untuk burung yang lebih kecil, dan merpati untuk burung yang lebih besar. Ciri fisik burung ini adalah memiliki leher pendek, badan gempal dan paruh ramping pendek dengan cere berair.

Pixabay

Burung Finch masih satu genus dengan burung pipit. Burung ini terkenal karena digunakan sebagai penelitian oleh Charles Darwin di Kepulauan Galapagos untuk mengembangkan teori evolusi.

Pixabay

Flamingo adalah spesies burung dengan ciri fisik berkaki panjang dan hidup secara berkelompok. Burung Flamingo berasal dari genus Phoenicoterus dan famili Phoenicopteridae. Burung ini tersebar di belahan bumi barat dan timur, namun lebih banyak di belahan bumi timur.

Pixabay

Burung gagak adalah anggota burung pengicau yang termasuk dalam marga Corvus dan suku Corvidae. Gagak umumnya memiliki bentuk relatif besar dan dominan hitam. Burung gagak hampir tersebar di seluruh benua dan kepulauan, kecuali daerah Amerika Selatan. Burung gagak memiliki tingkat kecerdasan tinggi dibanding burung-burung lainnya.

Pixabay

Burung gelatik merupakan burung dari Indonesia yang terdiri dari 2 jenis burung pengicau, yaitu gelatik jawa (P. oryzivora) dan gelatik timor (P. Fuscata). Kedua burung tersebut memiliki pola yang mirip, namun gelatik timor memiliki ukuran sedikit lebih kecil. Burung gelatik hidup secara berkelompok dengan tempat lapak dan banyak rerumputan.

Pixabay

Burung Gereja juga disebut dengan nama Burung Pingai merupakan jenis burung pipit kecil yang berasal dari keluarga Passeridae. Ciri fisik yang dapat kita kenali dari burung gereja adalah bentuknya kecil, warna coklat kelabu, gemuk, ekor pendek dan paruhnya yang kuat. Makanan utama dari burung gereja adalah biji-bijian dan serangga kecil.

Pixabay

Burung hantu adalah kelompok burung dari anggota ordo Strigiformes. Burung hantu merupakan burung buas (pemakan daging atau karnivora) dan hewan nokturnal (hewan malam). Terdapat sekitar 222 speses burung hantu yang teleh dikenali, dimana penyebarannya adalah di seluruh dunia kecuali Antartika dan sebagian besar Greenland dan pulau-pulau terpencil.

Pixabay

Burung Ibis adalah jenis burung famili Threskiornithidae. Burung ini memiliki paruh panjang bengkok dan mencari makanan secara berkelompok di tanah berlumpur untuk mencari crustacea. Nama Ibis berasal dari bahasa Yunani yang digunakan dalam bahasa mesir yaitu “hib”.

Pixabay

Burung Junco adalah burung kecil dari Amerika Utara. Habitat burung ini adalah di area hutan campuran, daratan taiga dan hutan-hutan pegunungan.

asiatimes.com

Burung Kakatua adalah burung dari suku Cacatuidae yang merupakan jenis burung hias dengan bulu indah dan suara yang melengking dan nyaring. Burung ini memiliki tingkat kecerdasan tinggi sehingga sering digunakan untuk acara hiburan di kebun binatang.

Pixabay

Burung Kenari atau Serinus Canaria pertama ditemukan oleh Jean de Berthan Cout seorang pelaut Perancis di Kepulauan Canary pada abad ke 15. Kenari asal Belanda dikenal sering di datangkan ke Indonesia, selain itu juga kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian di kawinkan dengan kenari liar sehingga menghasilkan jenis lainnya.

Bobo

Burung kepodang adalah burung kicau (Passeriformes) yang berbulu indah dan dikenal sebagai burung pesolek yang selalu tampil cantik, rapi dan bersih termasuk dalam membuat sarang. Saat ini populasi burung kepodang semakin menurun karena menjadi komoditas perdagangan di masyarakat.

inaturalist.org

Burung Maleo adalah sejenis burung gosong berukuran sedang dengan panjang sekitar 55 cm. Nama latin dari maleo adalah Macrocephalon maleo dimana merupakan satu-satunya burung dalam genus tunggal Macrocephalon. Keunikan burung maleo adalah anak maleo langsung bisa terbang seketika setelah menetas.

Pixabay

Burung merak meliputi tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan (pheasan), Phasianidae. Burung merak jantan memiliki bulu ekor yang indah dan dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina. Spesies merak antara lain: Merak India / Pavo cristacus, Merak Hijau / Pavo muticus, Merak Kongo / Afropavo congensis.

Pixabay

Burung Nuri atau Bayan memiliki nama latin Eclectus rotatus. Ukuran burung ini sedang dengan panjang sekitar 43 cm dan merupakan salah satu genus burung paruh bengkok Eclectus.

Pixabay

Puyuh merupakan nama untuk beberapa genera dalam famili Phasianidae. Burung ini memiliki ukuran menengah yang merupakan unggas daratan kecil namun gemuk. Burung puyuh banyak dibudidayakan untuk diperoleh manfaat berupa daging serta telurnya.

Pixabay

Burung unta merupakan burung terbesar yang saat ini masih bertahan hidup. Burung unta memiliki tinggi hingga 2,5 meter atau 8 kaki. Burung unta hidup di daerah sabana dan gurun di Afrika, Arab dan kawasan Khatulistiwa.

Pixabay

Burung walet atau Collocalia vestita adalah burung dengan sayap meruncing, berekor panjang dan berwarna hitam namun dibagian bawah berwarna coklat. Burung walet tidak dapat bertengger karena bentuk kakinya yang sangat pendek, namun dapat menempel di dinding tembok atau atap.

Walet dapat terbang dalam kegelapan karena memiliki kemampuan ekolokasi. Sarang burung walet banyak diperdagangkan karena memiliki nilai ekonomis tinggi untuk sup dan bahan obat-obatan.

Pixabay

Cacing tanah adalah cacing berbentuk tabung dan digolongkan dalam filum Annelida. Cacing tanah merupakan pemakan bahan organik hidup dan mati. Hewan ini bernapas atau melakukan respirasi melalui kulitnya.

Pixabay

Camar atau burung camar adalah burung famili Laridae dan masih berkerabat dengan burung dara laut (famili Sternidae). Burung ini hidup pada habitat tempat-tempat tinggi dengan ciri berwarna abu atau putih dengan warna kehitaman pada bagian kepala dan sayapnya.

Pixabay

Capung atau disebut juga sibar-sibar dan capung jarum adalah serangga yang masuk dalam golongan Odonata. Dalam bahasa daerah sunda dinamakan papatong, daerah jawa dinamakan kinjeng atau coblang.

travimgz.com

Cendrawasih adalah burung anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeridormes. Burung cendrawasih dapat ditemukan di Indonesia bagian timur, pulau selat flores, Papua Nugini dan Australia bagian timur.

Pixabay

Cangcorang atau belalang sentadu atau belalang sembah merupakan serangga yang masuk dalam ordo Mantodea. Karena memiliki bentuk seperti sedang berdoa, dalam bahasa Inggris belalang ini disebut dengan praying mantis. 

Pixabay

Cheetah atau dalam bahasa Indonesia dinamakan Citah adalah anggota keluarga kucing (Felidae) yang berburu mangsa dengan mengandalkan kecepatan dan bukan taktik mengendap ataupun bergerombol. Cheetah merupakan hewan darat tercepat dengan kecepatan hingga 110 km/jam dalam jarak 460 m selama 3,5 detik.

busy.org

Cecak atau cicak adalah hewan reptil yang berwarna abu-abu dan terdapat pula yang berwarna kehitam-hitaman. Reptil ini umumnya berukuran sekitar 10 cm dan termasuk dalam suku Gekkonidae seperti halnya tokek.

Pixabay

Codot adalah nama bagi jenis kelelawar pemakan buah. Codot masuk dalam suku Pteropodidae dan sub ordo Megachiroptera bersama dengan kalong, nyap, paniki dan jenis kelelawar lainnya.

Pixabay

Cumi-cumi merupakan kelompok hewan cephalopoda besar atau moluska yang hidup di laut. Penamaan Chepalopoda diambil dari bahasa Yunani yang berarti “kaki kepala” karena cumi-cumi memiliki bentuk kaki terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkar di kepala.

Pixabay

Iklan cupang atau Betta sp. adalah ikan air tawar yang hidup di negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei, Singapura dan Vietnam. Ikan ini memiliki sifat agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Kalangan penggemar ikan cupang membagi 3 jenis ikan cupang, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

filahafarm.com

Domba masuk dalam genus Ovis merupakan hewan memamah biak yang memiliki bulu atau rambut tebal. Hewan ini dapat dimanfaatkan mulai dari rambut, daging, serta susunya. Domba masuk dalam sub famili Caprinae dan famili Bovidae.

Pixabay

Duyung atau dibeberapa daerah disebut dengan Dugong adalah mamalia laut anggota Sirenia atau lembu laut. Duyung memiliki umur sekitar 22 tahun hingga 25 tahun. Duyung bukan ikan karena hewan ini menyusui anaknya dan masih kerabat evolusi dari gajah.

Pixabay

Elang adalah salah satu burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terurama genus Aquila. Elang adalah hewan berdarah panas, memiliki sayap dan tubuh diselubungi bulu pelepah. Makanan utama burung elang adalah mamalia kecil seperti tikus, kadal, tupai, ikan dan ayam.

bandung-zoo.com

Elang Bido atau Elang Ular Bido (Spilornis cheela) termasuk dalam elang besar yang menyebar luas di Asia seperti India, Nepal, Sri Lanka, dan Cina. Selain itu juga terdapat di Asia Tenggara seperti Semenanjung Malaya, Sunda Besar, hingga Palawan Filipina.

bandung-zoo.com

Elang Bondol (Haliastur indus) merupakan spesies burung pemangsa dari famili Accipitridae. Elang ini memiliki ukuran sedang antara 43 cm hingga 51 cm dengan ukuran sayap pendek dan bulat ketika membentang. Di Indonesia, Elang Bondol tersebar mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua.

mongabay.com

Elang brontok merupakan burung pemangsa anggota suku Accipitridae. Memiliki nama demikian karena elang brontok memiliki warna bercak-bercak. Elang brontok memiliki ukuran sedang sampai besar, yaitu panjang tubuh dari ujung paruh hingga ekor sekitar 60 cm – 72 cm dengan rentang sayap 127 cm – 138 cm dan berat 1,2 kg – 1,9 kg.

kanalkalimantan.com

Enggang Gading atau Rangkong Gading memiliki nama latin Rhinoplax vigil. Burung ini termasuk dalam burung besar keluarga Bucerotidae. Enggang Gading termasuk burung yang dilindungi dalam undang-undang, dimana habitatnya meliputi Semananjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan.

Wikimedia Commons

Entog atau itik serati atau itik surati atau itik manila juga sering disebut dengan nama mentok adalah jenis burung atau unggas keluarga bebek. Entog memiliki nama latin Cairina moschata ini dipelihara untuk diambil daging serta telurnya.

Pixabay

Gajah merupakan mamalia besar yang termasuk dalam famili Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional terdapat 2 jenis gajah, yaitu gajah afrika dan gajah asia. Meskipun demikian, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika adalah spesies yang berbeda.

Pixabay

Gibon atau ungka atau wawa atau wakwak atau owa (dalam bahasa Inggris Gibbon) adalah kera dalam keluarga Hylobatidae. Ungka biasa ditemukan hutan hujan tropis dan sub tropis dari timur laut India ke Indonesia, dan mulai dari Cina utara hingga Cina Selatan termasuk Sumetera, Kalimantan, dan Jawa.

Pixabay

Gorila adalah primata terbesar di bumi. Gorila merupakan pemakan sayur-sayuran dan terkadang serangga, sehingga termasuk dalam golongan omnivora. DNA gorila memiliki tingkat kesamaan sekitar 97% – 98% dan merupakan spesies kedua yang memiliki hubungan dekat dengan manusia setelah simpanse.

Pixabay

Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda atau kaki hewan di kepala. Habitat utamanya adalah terumbu karang di samudera. Gurita memiliki bentuk fisik yaitu 8 lengan dengan alat penghisap berupa bulatan cekung pada lengan untuk bergerak dan menangkap mangsa.

Pixabay

Hamster adalah binatang pengerat yang berbentuk seperti tikus. Hamster masuk dalam sub famili Cricetinae dan merupakan hewan omnivora. Makanan utamanya adalah butir padi, buah segar, akar dan tumbuhan hijau.

Pixabay

Harimau atau bernama Panthera tigris dalam bahasa latin merupakan golongan filum Chordata. Harimau adalah hewan karnivora dari keluarga felidae atau sejenis kucing tebesar setelah beruang kutub dan beruang cokelat. Di Indonesia populasi harimau jawa dan harimau bali telah dinyatakan punah, dan saat ini yang dikenal adalah spesies harimau sumatera.

Pixabay

Hiena adalah karnivora yang berasal dari Afrika, Arab, Asua dan sub benua India. Hieana termasuk dalam famili Hyaenidae, dimana dalam famili tersebut terdapat 4 spesies yaitu Crocuta, Hyaena, Parahyaena dan Proteles.

Pixabay

Ibex adalah hewan sejenis kambing. Hewan jenis ini yang sering kita kenal adalah ibex nubia dan ibex alpen.

Pixabay

Iguana adalah marga kadal yang hidup di daerah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia. Sejauh ini, jenis Iguana hanya terdiri dari 2 spesies, yaitu Iguana Hijau dan Iguana Antiles Kecil. Kata Iguana diduga berasal dari bahasa Taino (suku asli Amerika) yaitu “iwana” yang merujuk pada “kadal”.

inaturalist.org

Ikan Arapaima atau Pirarucu atau Paiche memiliki nama ilmiah Arapaima gigas adalah ikan air tawar terbesar di dunia yang berasa dari daerah tropis Amerika Selatan. Ikan ini dapat tumbuh hingga 3 meter dengan berat 200 kg.

WWF

Ikan Arwana (Scleropages formosus) atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Arwana Asia biasanya memiliki warna keperak-perakan dan sering disebut sebagai “Ikan Naga” karena dihubungankan dengan naga dari mitologi Tionghoa.

Pixabay

Ikan Badut atau Giru adalah ikan dari anak suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ikan ini terkenal dengan hubungan simbiosisnya bersama anemon laut, dimana anemon akan melindungi Ikan Badut dari pemangsa dan Ikan Badut akan membersihkan anemon dengan memakan sisa-sisa makanan anemon.

Pixabay

Ikan Bandeng adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan yang memiliki nama ilmiah Chanos chanos ini merupakan satu-satunya ikan yang masih ada dalam suku Chanidae. Dalam bahasa Bugis dan Makassar, ikan ini dikenal dengan nama Ikan Bolu.

Pixabay

Ikan Barakuda adalah ikan kelas Actinopterygii yang memiliki wujud menyeramkan dan memiliki tubuh dengan ukuran besar, yaitu panjang 6 kaki dan lebar 1 kaki. Habitat Barakuda adalah samudera tropis dan sub tropis di seluruh dunia.

mancingmania.com

Ikan Baronang atau Siganus sp. adalah ikan laut keluarga Signidae. Ikan ini dikenal dengan nama berbeda-beda di tiap daerah, antara lain kea-kea di Kep. Seribu, biawas di Jawa Tengah, dan samadar di Pulau Maluku.

majalahikan.net

Ikan Bass atau Kakap Putih adalah ikan yang hidup berpindah dalam keluarga Latidae dari ordo Perciformes. Ikan ini hidup di perairan Hindia – Pasifik Barat mulau dari Asia Tenggara hingga Papua Nugini dan Australia Utara. Di Thailand ikan ini dikenal dengan nama Pla kapong dan Barramundi di Australia.

Wikimedia Commons

Ikan Baung adalah golongan ikan marga Hemibagurs suku Bagridae yang menyebar luas di India, Cina Selatan, dan Asia Tenggara. Ikan ini masih berkerabat dengan ikan lele.

tausehat.com

Ikan Belanak (Moolgarda seheli) adalah ikan laut tropis dan subtropis. Ikan ini berbentuk seperti Ikan Bandeng. Selain itu, Ikan Belanak juga dapat ditemukan di habitat air payau dan terkadang di air tawar.

Wikimedia Commons

Ikan Lopis adalah ikan sungai dalam suku Notopteridae (ikan berpunggung pisau). Ikan ini populer dinamakan dengan Ikan Belida atau Belido yang nama tersebut diambil dari salah satu nama sungai di Sumatera Selatan.

Wikimedia Commons

Ikan Betutu adalah ikan air tawar dengan nama ilmiah Oxyeleotris marmorata. Ikan ini terkenal dikalangan hobi pancing karena betotan atau tarikannya yang kuat dan tiba-tiba. Di Indonesia ikan ini memiliki beragam nama seperti bakut, bakutut, belosoh, boso, boboso, bodobod, ketutuk, dan lainnya.

kuyahejo.com

Ikan Bilis atau Bilih atau Bako adalah ikan air tawar anggota suku Cyprinidae dengan nama latin Mystacoleucus padangensis. Ikan ini tersebar secara endemik hanya di Pulau Sumatera terutama Danau Singakarak dan Danau Maninjau.

Pxhere

Ikan Bonito dalam bahasa Spanyol atau Portugis memiliki arti “cantik”. Ikan Bonito adalah spesies ikan berukuran sedang dari genus Sarda dan dari keluarga ikan makarel.

iktiologi-indonesia.org

Ikan Brek atau mata Merah memiliki nama latin Puntuis orphoides. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar dari suku Cyprinidae yang tersebar di wilayah Indocina dan Kepulauan Sunda.

Pixabay

Ikan Buntal atau Tetraodontidae adalah famili dari ikan muara dan laut yang berasal dari ordo Tetraodontiformes. Ikan ini serupa dengan ikan landak yang memiliki tulang belakang luas dan besar. Ikan Buntal dipercaya sebagai vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah katak racun emas. Di Jepang, Ikan Buntal dikenal dengan nama Fugu.

abahtani.com

Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) adalah ikan dengan ukuran sedang dari famili Skombride (tuna). Ikan Cakalang dapat berukuran hingga 1 m dengan berat 18 kg, namun umumnya Ikan Cakalang yang tertangkap oleh nelayan berukuran sekitar 50 cm.

abahtani.com

Ikan Gupi / Seribu / Cere / Suwadakar merupakan spesies ikan hias yang hidup di air tawar. Ikan ini dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan habitat baru dan beranak-pinak.

farming.id

Ikan Gabus adalah ikan predator yang hidup di lingkungan air tawar. Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan bermacam nama seperti bocek di Riau, aruan di Banjar, kocolan di Betawi, bogo di Sunda, kutuk di Jawa dan lain sebagainya. Habitat hidup ikan gabus adalah di danau, rawa, sungai, saluran air, hingga persawahan.

langgengpancing.com

Osphronemus goramy atau dikenal dengan Ikan Gurami adalah ikan air tawar yang populer dan digemari sebagai makanan di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Ikan ini memiliki bentuk lebar dan pipih dengan sirip perut serta jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang seperti cambuk.

Wikimedia Commons

Ikan Hampal atau Adungan atau Kabarau memiliki nama latin Hampala macrolepitoda adalah ikan air tawar yang masih berkerabat dengan Ikan Mas dari suku Cyprinidae.

Pixabay

Ikan Haring atau dalam bahasa Inggris Herring adalah ikan pelagik kecil yang menjadi makanan predator atau ikan yang lebih besar darinya. Ikan ini berkumpul dan bergerak dalam kawanan besar di sekitar bagian laut dangkal.

Pixabay

Ikan Hiu adalah ikan yang hidup di lautan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap. Hiu memiliki tubuh yang ramping dan bernapas menggunakan 5 liang insang (kadang 6 atau 7 tergantung dari jenis spesies hiu). Dalam mitos di Hawaii terdapat cerita mengenai hiu yang dapat berubah menjadi manusia dalam waktu-waktu tertentu.

Wikimedia Commons

Ikan Injel merupakan ikan dari ordo Perciformes dari famili Pomacanthidae. Ikan ini hidup di terumbu karang laut dangkal di daerah tropis samudera pasifik, antlantik dan hindia.

Pixabay

Ikan Kerapu dalam bahasa Inggris disebut dengan grouper atau groper yang berasal dari kata garaoupa (bahasa Portugis). Kerapu masuk ke dalam genus anak sub Epinephelinae, suku Serranidae dalam seri Perciformes.

Pixabay

Koi dalam bahasa jepang berarti Karper. Lebih lengkapnya, dalam bahasa Jepang merujuk pada nama nishikigoi yang bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. Ikan Koi dipercaya menggambarkan hubungan persahabatan dan percintaan.

Pixabay

Ikan Lele merupakan salah satu ikan konsumsi kegemaran masyarakat di Indonesia. Lele atau Keli adalah ikan air tawar yang memiliki tubuh licin tak bersisik, agak pipih memanjang dan memiliki kumis di bagian mulutnya.

sciencemag.com

Ikan Marlin atau Swordfish (Xiphias gladius) adalah ikan predator besar yang memiliki bentuk mulut seperti pedang panjang. Ikan ini dapat ditemukan di perairan tropis di samudera atlantik, pasifik dan hindia.

Pixabay

Ikan Mas atau Karper memiliki nama latin Cyprinus carpio merupakan ikan air tawar yang tersebar luas di Indonesia. Ikan Mas berasal dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

mancingmania.com

Ikan Mujair adalah jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi. Penyebaran alami ikan ini berasal dari Afrika. Di Indonesia, ikan ini ditemukan pertama kali oleh seseorang bernama Mujair di muara Sungai Serang, pantai Blitar selatan pada 1939 sehingga ikan tersebut dinamakan sama dengan penemunya.

mancingmania.com

Ikan Nila adalah ikan air tawar yang saat ini menjadi ikan peliharaan populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia. Ikan ini memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus dan dalam bahasa Inggris dinamakan Nile Tilapia.

Pixabay

Ikan Pari atau Ikan Peh adalah ikan laut yang terdiri dari 560 spesies dan 13 golongan famili. Ikan ini mudah dikenali karena memiliki bentuk pipih dan datar, serta tidak memiliki tulang.

mancingmania.com

Ikan Patin adalah ikan berkumis dalam genus Pangasius. Ikan ini memiliki nilai ekonomi sebagai hidangan konsumsi.

Pixabay

Paus adalah mamalia yang hidup di lautan. Meskipun Paus sering dinamakan Ikan Paus, namun sebenarnya Paus bukan termasuk keluarga ikan, karena Paus bernapas dengan paru-paru, memiliki rambut, berdarah panas, memiliki kelenjar susu, dan jantung dengan 4 ruang.

Pixabay

Ikan Piranha adalah omnivora air tawar yang hidup di sungai-sungai Amerika Selatan seperti sungai Amazon. Ikan ini memiliki gigi tajam dan sering digambarkan sangat berbahaya. Akan tetapi, sebenarnya ikan ini tidak seberbahaya yang digambarkan karena juga dibudidayakan di rumah dan perkantoran.

Pixabay

Ikan Salmon adalah ikan dari famili Salmonidae, yaitu salah satu jenis ikan berminyak yang hidup di Samudera Atlantik dan Pasifik. Ikan ini memiliki kandungan nutrisi protein dan vitamin D yang tinggi.

Pixabay

Ikan Tuna adalah ikan laut pelagik dalam bangsa Thunnini. Tuna merupakan ikan yang banyak dicari oleh nelayan karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Pixabay

Impala adalah mamalia jenis antilop yang hidup di stepa bagian selatan Gurun Sahara. Impala dikenal sebagai hewan yang memiliki kecepatan berlari dan kemampuan melompat hingga 3 meter. Di habitat asalnya, mereka hidup di padang rumput atau hutan gurun yang dekat dengan sumber air.

Pixabay

Itik atau Bebek adalah spesies burung dari famili Anatidae. Umumnya, itik berukuran lebih kecil dan mempunyai leher lebih pendek dibanding kerabatnya Angsa. Sebaran unggas ini cukup luas dan hampir terdapat di seluruh dunia, kecuali Antartika.

Pixabay

Jaguar adalah kucing besar dari genus Panthera. Binatang ini adalah kucing liar terbesar di bumi belahan barat, meliputi Meksiko, Paraguay, dan Argentina. Seperti ras kucing pada umumnya, hewan ini dibekali taring panjang dan kuat, bahkan cangkang kura-kura dapat tertembus oleh gigitannya. Binatang ini merupakan pemangsa rusa, tapir, rubah, dan jenis binatang air seperti ikan dan ular.

Pixabay

Burung Jalak merupakan burung pengicau dari suku Sturnidae. Burung ini memiliki paruh kuat, tajam dan lurus, serta tubuh yang gagah. Jalak termasuk burung yang mudah dijinakkan, sehingga tidak heran sering dijadikan hewan peliharaan masyarakat. Beberapa spesies Jalak yang populer di Indonesia, yaitu Jalak Suren, Jalak Putih, Jalak Bali, dan Jalak Kerbau.

Pixabay

Jangkrik atau cengkering adalah jenis serangga kerabat belalang. Serangga ini memiliki tubuh rata dengan sepesang antena panjang. Jangkrik merupakan serangga omnivora dan dikenal menghasilkan suara nyaring pada jangkrik jantan.

Pixabay

Jerapah (Giraffa camelopadrdalis) atau juga disebut zarafah adalah mamalia berkuku genap endemik Afrika. Jerapah merupakan hewan tertinggi yang hidup di daratan. Pada spesies jantan, tingginya sekitar 4,8 hingga 5,5 meter dengan berat lebih dari 1.300 kg.

Jerapah masih berkerabat dengan rusa dan sapi meski dari suku yang berbeda. Ada 9 subspesies Jerapah yang dibedakan berdasarkan warna dan polanya, yakni Jerapah Somalia, Jerapah Angola,Jerapah Kordofan, Jerapa Masai / Kilimanjaro, Jerapah Nubia, Jerapah Rothschild, Jerapa Afrika Selatan, Jerapah Thornicroft atau Rhodesia, dan Jerapah Afrika Barat / Nigeria.

Pixabay

Jerboa adalah hewan pengerat gurun dari keluarga Dipodidae. Binatang ini dapat ditemukan di seluruh Arab, Afrika Utara dan Asia. Jerboa mempunyai kemampuan berlari hingga 24 km per jam. Umumya, hewan ini menjadi mangsa burung hantu.

Pixabay

Kadal merupakan binatang reptil yang tersebar di seluruh dunia. Kadal atau bengkarung di Indonesia ditujukan untuk menyebut kelompok kadal bertubuh kecil, padat, bersisik licin dan berkilau serta hidup di tanah. Kadal terdiri dari 40 suku yang tersebar di bermacam habitat, seperti hutan, gurun, padang rumput, sawah, rawa dan pemukiman manusia. Meski termasuk binatang omnivora, kadal lebih menyukai makan berupa serangga.

Pixabay

Kakiseribu atau millipede adalah arthropoda yang memiliki dua pasang kaki pada setiap segmen tubuhnya (kecuali segmen pertama belakang kepala). Apakah jumlah Kakiseribu benar-benar seribu? Sebenernya tidak, sebab hewan yang berbentuk silinder ini hanya tumbuh dengan jumlah segmen 25 hingga 100 dan mempunyai 1 pasang kaki pada setiap segmennya. Binatang ini unik, jika terganggu maka akan melingkar seperti obat nyamuk bakar.

Pixabay

Kalajengking adalah hewan beruas dengan jumlah kaki delapan (oktopoda) dan masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Lebih dari 2000 jenis kalajengkin tersebar di selruh dunia, kecuali di Selandia Baru dan Antartika. Bebeberapa kalajengking memiliki racun jenis neurotoksin (racun saraf) dan sebagian lainnya hanya mengandung racun yang bersifat lokal (bengkak) jika tersengat oleh ekornya.

beritagar.id

Dalam kehidupan sehari-hari, kalong sering disamakan dengan kelelawar. Hal ini tidak sepenuhnya tepat, sebab tidak seluruh kelelawar adalah kalong. Kalong merupakan binatang pemakan buah, bunga, nektar dan serbuk sari. Wilayah tropis Indonesia adalah habitat yang cocok untuk kehidupan kalong. Di beberapa wilayah Pasifik, kalong mengalami ancaman kepunahan yang serius akibat perburuan untuk konsumsi manusia.

Pixabay

Kambing merujuk istilah hewan (kambing) yang diternak dan dipelihara oleh manusia. Kambing dan biri-biri merupakan hewan yang masih berkerabat dari sub famili Caprinae. Beberapa manfaat ternak kambing, yaitu susu, daging, dan bulu. Menurut data FAO dan PBB, populasi kambing di dunia mencapai 924 juta.

Wikimedia Commons

Pelanduk atau kancil adalah nama mamalia berkuku genap yang berkerabat dengan kijang dan rusa. Binatang ini memiliki tubuh berukuran seperti kelinci. Kancil banyak hidup di habitat hutan hujan tropis Asia Tenggara, termasuk hutan di Indonesia. Di pulau Jawa, terdapat spesies kancil yang hidup endemik, yakni Pelanduk Jawa / Kancil Jawa.

Pixabay

Kanguru adalah hewan khas Australia yang masuk dalam kelompok mamalia berkantung atau marsupialia. Kanguru merupakan satu-satunya mamalia yang berjalan dengan cara melompat. Hewan khas Australia ini dapat tumbuh mencapai tinggi 8 meter.

goodnewsfromindonesia.id

Kangkareng perut putih adalah burung yang masuk dalam status Least Concern oleh IUCN sejak 2004 dan Appendix II oleh CITES. Burung yang tersebar dari India, Nepal, Bangladesh, Myanmar, China, Vietnam, Thailand, Singapura, hingga Indonesia ini menempati habitat hutan primer dan hutan sekunder, serta hutan-hutan pesisir pantai.

Pixabay

Kapibara adalah hewan pengerat terbesar di dunia. Kapibara merupakan hewan asli wilayah tropis dan lembap Amerika Selatan. Hidup liar disekitar kawasan Kolombia, Venezuela, Uruguay dan Argentina. Hewan ini memliki kemampuan semi aquatik, yaitu dapat hidup diberbagai macam habitat, mulai dari hutan hujan hingga dataran bersemak, rawa, hutan mangrove dan padang rumput terbuka yang dekat dengan sumber air.

Pixabay

Katak atau frog adalah binatang amphibi pemakan serangga yang hidup di air tawar dan daratan, berkulit licin, berwarna hijau atau merah kecokelatan. Binatang ini memiliki kaki belakang yang lebih panjang dan mampu berenang dan melompat dengan baik.

Pixabay

Kodok atau toad adalah binatang amphibi pemakan serangga yang hidup di air tawar dan daratan, kulitnya kasar dan berbintil, kering, dan kaki belakang lebih pendek dari katak, sehingga kemampuan melompatnya tidak sebaik katak.

lars-fehlandt.de

Katak sungai sambas atau Ansonia latidisca atau katak pelangi borneo adala spesies katak kecil yang sempat menghilang sejak tahun 1924 dan ditemukan kembali pada 2011. Spesies ini tersebar di hutan hujan tropis dan sungai dataran rendah di pulau Kalimantan antara Indonesia dan Malaysia. Katak ini adalah salah satu dari sepuluh katak yang paling dicari di dunia.

Google Images

Katak limtonectes atau katak bertaring merupakan katak yang memiliki tonjolan tulang pada rahang bagian bawahnya. Taring yang dimaksud bukanlah taring yang sebenarnya, sebab tidak memiliki ciri gigi atau lainnya. Hingga saat ini belum diketahui apa manfaat dari tonjolan tersebut, namun menurut dugaan hal ini berkaitan dengan perburan mangsa dan perlawanan terhadap predator.

Pixabay

Kecoa merupakan serangga yang tersebar di seluruh bumi lebih dari 4.000 spesies, kecuali di wilayah kutub. Dibeberapa tempat, serangga ini dinamakan lipas atau coro. Kecoa dianggap mampu bertahan dari bom nuklir dan telah ada sejak 280 juta tahun yang lalu.

Pixabay

Lipan atau kelabang adalah hewan Arthropoda dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. Kelabang adalah hewan metametrik yang memiliki sepasang kaki pada setiap ruas tubuhnya. Dibeberapa tempat, kelabang dijadikan konsumsi untuk obat meski belum terbukti secara ilmiah.

Pixabay

Keledai masih berkerabat dengan kuda telah menjadi hewan peliharaan manusia sejak 5.000 tahun yang lalu. Hewan ini bernama ilmiah Equus asinus yang termasuk hewan jinak dan umumnya digunakan untuk membantu transportasi, seperti membawa barang dan menarik gerobak.

Pixabay

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang mempunyai kemampuan terbang. Hewan ini berasal dari ordo Chroptera yang dua kaki depannya berkembang menjadi seperti sayap.

Pixabay

Kelinci adalah mamalia yang menjadi hewan peliharaan dan pedaging bagi manusia. Berdasarkan jenis bulunya, kelinci dibagi menjadi dua, yakni berbulu pendek dan berbulu panjang. Di Indonesia, habitat kelinci liar berada di hutan pegunungan Sumatera dan merupakan kelinci asli Indonesia.

Pixabay

Keong adalah sebutan umum untuk menamakan sejumlah siput laut beserta cangkangnya, mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Pixabay

Kepik atau hemiptera adalah serangga yang terdiri dari 80.000 spesies tersebar diseluruh dunia, kecuali daerah kutub. Serangga ini mempunyai ciri khusus, yaitu mulut berbentuk jarum dan mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Pixabay

Kepiting atau ketam adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh. Binatang ini memiliki cangkang keras yang tersusun dari zat kitin dan dibekali sepasang capit. Terdapat beberapa jenis kepiting, seperi kepiting air tawar, kepiting darat dan kepiting laut.

Pixabay

Kera adalah mamalia dari ordo primata. Saat ini, habitat alami kera telah banyak menyusut akibat deforestasi sehingga menyebabkan populasinya menurun. Kera merupakan anggota superfamilia Homonoidea yang didalamnya termasuk manusia, simpanse, gorilla dan lain-lain. Habitat alami kera adalah di hutan hujan tropis.

Pixabay

Kerbau merupakan hewan yang dijadikan komoditas ternak oleh manusia, terutama dikawasan Asia yang mencapai 95% populasi dunia. Kerbau atau Bubaus bubalis dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kerbau liar, kerbau sungai, dan kerbau rawa. Kerbau merupakan sahabat petani yang tangguh dan kerap digunakan untuk menarik pedati dan bajak sawah

Pixabay

Kijang atau muncak adalah kerabat rusa dalam genus Muntiacus. Kijang dianggap sebagai rusa tertua, karena telah hidup sejak 15 hingga 35 juta tahun yang lalu. Di Indonesia, nama kijang digunakan oleh salah satu produsen otomotif mobil sebagai nama produk mereka, yakni Toyota Kijang.

Pixabay

Koala adalah salah satu binatang berkantung atau marsupial khas dari Australia. Binatang ini merupakan binatang yang jarang minum, bahkan dikatakan tidak minum. Koala menyukai daun ekaliptus dan memiliki keunikan tingkah laku tidak bergerak hingga 20 jam per hari. Koala adalah salah satu mamalia yang memiliki sidik jari mirip dengan manusia.

Commons Wikipedia

Komodo atau Varanus komodoensis adalah spesies biawak terbesar yang hidup endemik di Taman Nasional Komodo yang teridir dari pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami, Nusa Tenggara Timur. Komodo merupakan kadal terbesar yang dapat tumbuh mencapai 3 meter dengan berat lebih dari 100 kg. IUCN memasukkan Komodo sebagai spesies rentan terhadap kepunahan.

Pixabay

Kucing merujuk pada istilah kucing domestik atau kucing rumah. Hewan ini adalah mamalia karnivora dari keluarga Felidae dan masih berkerabat dengan singa dan harimau. Kucing merupakan hewan paling populer dijadikan sebagai peliharaan manusia. Jumlah ras kucing diseluruh dunia sangat banyak, apalagi jika ditambah hasil dari perkawinan silang antar ras kucing yang menghasilkan jenis ras baru.

kucing.org

Anggora atau kucing angora adalah ras kucing alami yang menjadi salah satu ras paling tua di dunia. Kucing ini memiliki ciri tubuhnya yang kuat dan bulunya tumbuh panjang. Kucing anggora adalah kucing yang aktif, berisik, energik, suka bermain dan penurut.

Wikimedia Commons

Kucing batu (Pardofelis marmorata) adalah salah satu jenis kucing hutan / kucing liar yang hidup di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Oleh IUCN, kucing dimasukkan dalam status rentan terhadap kepunahan dan saat ini populasinya hanya kurang dari 1000 ekor.

agrinak.com

Kucing Persia adalah ras kucing dengan bulu Panjang dan karakter wajah bulat dengan moncong pendek. Karakteristik kucing persia umumnya bertubuh gemuk, besar dan tambun. Ciri khas yang dimilikinya adalah hidung pesek, berwajah bulat dan bulu yang panjang.

Pixabay

Kuda adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan dengan nama ilmiah Equus caballus ini telah lama menjadi salah satu hewan peliharaan manusia. Dalam kebudayaan manusia, kuda telah dimanfaatkan sejak zaman nomaden sebagai hewan tunggangan. Tradisi China menganggap kuda sebagai simbol kebebasan, kecerdasan dan kekuatan.

Pixabay

Kuda laut adalah spesies ikan yang hidup di perairan laut. Kuda laut merupakan satu-satunya makhluk yang spesies jantannya dapat hamil. Setidaknya, ada 54 jenis kuda laut diseluruh dunia dan sebagian besar hidup di perairan laut tropis hingga sedang.

Pixabay

Kuda nil atau hippo adalah mamalia dari keluarga Hippopotemidae yang berukuran besar, omnivora dan berasal dari Afrika Sub Sahara. Kuda nil merupakan hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih. Ancaman populasi kuda nil datang dari manusia melalui kegiatan perburuan untuk mengambil daging dan gigi taringnya, serta hilangnya habitat alami.

thejakartapost.com

Kukang sunda dengan nama latin Nycticebus coucang atau kukang besar adalah spesies kukang asli Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura. Seperti kukang pada umumnya, binatang ini memiliki hidung basah, kepala bulat, telinga tersembunyi, wajah datar, mata besar serta ekor vestigial.

terseram.com

Kumbang adalah sekelompok serangga dari ordo Coleoptera yang memiliki dua pasang sayap. Sepasang sayapnya mengeras dan menebal untuk melindungi sepasang sayap lainnya. Sebaran kumbang sangat luas dan dapat ditemukan diseluruh habitat, kecuali wilayah kutub.

Pixabay

Kunang-kunang merupakan serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang nampak pada malam hari. Cahaya ini dihasilkan dari sinar dingin yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah. Cahaya kunang-kunang berfungsi sebagai tanda kawin atau tanda peringatan ancaman bahaya.

Pixabay

Kupu-kupu merupakan serangga bersayap sisik. Serangga ini memiliki siklus hidup atau metamorphosis dari telur, ulat, kepompong hingga kupu-kupu dewasa. Ketika telah menjadi kupu-kupu, serangga ini mengonsumsi madu bunga atau nektar.

Pixabay

Kura-kura adalah hewan bersisik berkaki empat dari golongan reptil. Ciri khas yang dimiliki kura-kura adalah batok yang keras dan kaku. Batok bagian atas disebut karapas dan batok bagian bawah disebut ventral. Batok ini berkembang melalui proses evolusi sehingga membentuk tempurung seperti saat ini.

hellosehat.com

Kutu kepala adalah parasit penghisap darah yang hidup di rambut kepala. Kutu betina menghasilkan enam buah telur per hari, melekat kuat di rambut dan akan menetas pada hari ke delapan. Gejala rambut kepala yang terdapat kutu adalah gatal di permukaan, tanda merah atau bengkak di belakang telinga dan terdapat telur kutu seperti ketombe.

liputan6.com

Kuskus adalah mamalia berkantung nokturnal yang termasuk dalam famili Phalangeridae. Di Indonesia, binatang ini tersebar di wilayah timur hingga Australia dan Papua Nugini. Saat ini kuskus termasuk makhluk hidup yang terancam punah.

Pixabay

Laba-laba atau labah-labah adalah hewan berbuku-buku yang terdiri dari dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tidak memiliki sayap dan tidak memiliki mulut pengunyah. Serangga ini masuk dalam jenis arthropoda dan dalam ordo Araneae bersama kalajengking, ketonggeng dan tungau. Laba-laba merupakan predator yang berburu mangsa dengan membuat jaring berbentuk bulat di antara daun dan ranting.

Pixabay

Lalat adalah serangga jenis Diptera (dua sayap) yang memiliki sepasang mata majemuk. Dalam hal reproduksi, lalat betina bertelur di makanan seperti buah yang hampir matang agar larva lalat dapat mengonsumsi sebanyak mungkin makanan sebelum berubah dewasa.

Wikimedia Commons

Landak Raya atau Hystrix brachyura adalah salah satu jenis landak yang dilindungi di Indonesia selain Landak Jawa. Landak Raya merupakan hewan berdarah panas, bereproduksi dengan cara melahirkan dan memiliki bulu atau duri disekujur tubuhnya.

Pixabay

Laron adalah fase rayap yang tumbuh dan memiliki sayap. Serangga ini tertarik terhadap cahaya dan umumnya akan datang berbondong-bondong ke arah sumber cahaya pada awal musim penghujan. Di beberapa wilayah di Indonesia, Laron dimanfaatkan sebagai sajian makanan dengan mengolahnya dengan cara digoreng.

5.0
04
baca juga:  Anemon Laut, Berbahayakah?