(Terbaru) 1000++ Daftar Nama Hewan / Binatang Serta Gambarnya

4.1/5 - (85 votes)

Pixabay

Duyung atau dibeberapa daerah disebut dengan Dugong adalah mamalia laut anggota Sirenia atau lembu laut. Duyung memiliki umur sekitar 22 tahun hingga 25 tahun. Duyung bukan ikan karena hewan ini menyusui anaknya dan masih kerabat evolusi dari gajah.

Pixabay

Elang adalah salah satu burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terurama genus Aquila. Elang adalah hewan berdarah panas, memiliki sayap dan tubuh diselubungi bulu pelepah. Makanan utama burung elang adalah mamalia kecil seperti tikus, kadal, tupai, ikan dan ayam.

bandung-zoo.com

Elang Bido atau Elang Ular Bido (Spilornis cheela) termasuk dalam elang besar yang menyebar luas di Asia seperti India, Nepal, Sri Lanka, dan Cina. Selain itu juga terdapat di Asia Tenggara seperti Semenanjung Malaya, Sunda Besar, hingga Palawan Filipina.

bandung-zoo.com

Elang Bondol (Haliastur indus) merupakan spesies burung pemangsa dari famili Accipitridae. Elang ini memiliki ukuran sedang antara 43 cm hingga 51 cm dengan ukuran sayap pendek dan bulat ketika membentang. Di Indonesia, Elang Bondol tersebar mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua.

mongabay.com

Elang brontok merupakan burung pemangsa anggota suku Accipitridae. Memiliki nama demikian karena elang brontok memiliki warna bercak-bercak. Elang brontok memiliki ukuran sedang sampai besar, yaitu panjang tubuh dari ujung paruh hingga ekor sekitar 60 cm – 72 cm dengan rentang sayap 127 cm – 138 cm dan berat 1,2 kg – 1,9 kg.

baca juga:  Infografis - Manfaat Hutan Pesisir

kanalkalimantan.com

Enggang Gading atau Rangkong Gading memiliki nama latin Rhinoplax vigil. Burung ini termasuk dalam burung besar keluarga Bucerotidae. Enggang Gading termasuk burung yang dilindungi dalam undang-undang, dimana habitatnya meliputi Semananjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan.

Pixabay

Entog atau itik serati atau itik surati atau itik manila juga sering disebut dengan nama mentok adalah jenis burung atau unggas keluarga bebek. Entog memiliki nama latin Cairina moschataini dipelihara untuk diambil daging serta telurnya.

Pixabay

Gajah merupakan mamalia besar yang termasuk dalam famili Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional terdapat 2 jenis gajah, yaitu gajah afrika dan gajah asia. Meskipun demikian, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika adalah spesies yang berbeda.

Pixabay

Gibon atau ungka atau wawa atau wakwak atau owa (dalam bahasa Inggris Gibbon) adalah kera dalam keluarga Hylobatidae. Ungka biasa ditemukan hutan hujan tropis dan sub tropis dari timur laut India ke Indonesia, dan mulai dari Cina utara hingga Cina Selatan termasuk Sumetera, Kalimantan, dan Jawa.

Pixabay

Gorila adalah primata terbesar di bumi. Gorila merupakan pemakan sayur-sayuran dan terkadang serangga, sehingga termasuk dalam golongan omnivora. DNA gorila memiliki tingkat kesamaan sekitar 97% – 98% dan merupakan spesies kedua yang memiliki hubungan dekat dengan manusia setelah simpanse.