(Terbaru) 1000++ Daftar Nama Hewan / Binatang Serta Gambarnya

4.1/5 - (85 votes)

Pixabay

Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda atau kaki hewan di kepala. Habitat utamanya adalah terumbu karang di samudera. Gurita memiliki bentuk fisik yaitu 8 lengan dengan alat penghisap berupa bulatan cekung pada lengan untuk bergerak dan menangkap mangsa.

Pixabay

Hamster adalah binatang pengerat yang berbentuk seperti tikus. Hamster masuk dalam sub famili Cricetinae dan merupakan hewan omnivora. Makanan utamanya adalah butir padi, buah segar, akar dan tumbuhan hijau.

Pixabay

Harimau atau bernama Panthera tigris dalam bahasa latin merupakan golongan filum Chordata. Harimau adalah hewan karnivora dari keluarga felidae atau sejenis kucing terbesar setelah beruang kutub dan beruang cokelat. Di Indonesia populasi harimau jawa dan harimau bali telah dinyatakan punah, dan saat ini yang dikenal adalah spesies harimau sumatera.

Pixabay

Hiena adalah karnivora yang berasal dari Afrika, Arab, Asua dan sub benua India. Hieana termasuk dalam famili Hyaenidae, dimana dalam famili tersebut terdapat 4 spesies yaitu Crocuta, Hyaena, Parahyaena dan Proteles.

Pixabay

Ibex adalah hewan sejenis kambing. Hewan jenis ini yang sering kita kenal adalah ibex nubia dan ibex alpen.

Pixabay

Iguana adalah marga kadal yang hidup di daerah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia. Sejauh ini, jenis Iguana hanya terdiri dari 2 spesies, yaitu Iguana Hijau dan Iguana Antiles Kecil. Kata Iguana diduga berasal dari bahasa Taino (suku asli Amerika) yaitu “iwana” yang merujuk pada “kadal”.

baca juga:  Status Konservasi - IUCN Red List & CITES, Apakah Beda?

inaturalist.org

Ikan Arapaima atau Pirarucu atau Paiche memiliki nama ilmiah Arapaima gigas adalah ikan air tawar terbesar di dunia yang berasa dari daerah tropis Amerika Selatan. Ikan ini dapat tumbuh hingga 3 meter dengan berat 200 kg.

Pixabay

Ikan Arwana (Scleropages formosus) atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Arwana Asia biasanya memiliki warna keperak-perakan dan sering disebut sebagai “Ikan Naga” karena dihubungankan dengan naga dari mitologi Tionghoa.

ikan badut dan anemon laut Pixabay

Ikan Badut atau Giru adalah ikan dari anak suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ikan ini terkenal dengan hubungan simbiosisnya bersama anemon laut, dimana anemon akan melindungi Ikan Badut dari pemangsa dan Ikan Badut akan membersihkan anemon dengan memakan sisa-sisa makanan anemon.

Pixabay

Ikan Bandeng adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan yang memiliki nama ilmiah Chanos chanos ini merupakan satu-satunya ikan yang masih ada dalam suku Chanidae. Dalam bahasa Bugis dan Makassar, ikan ini dikenal dengan nama Ikan Bolu.