(Terbaru) 1000++ Daftar Nama Hewan / Binatang Serta Gambarnya

4.1/5 - (85 votes)

Pixabay

Koi dalam bahasa jepang berarti Karper. Lebih lengkapnya, dalam bahasa Jepang merujuk pada nama nishikigoi yang bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. Ikan Koi dipercaya menggambarkan hubungan persahabatan dan percintaan.

budidaya ikan lele Pixabay

Ikan Lele merupakan salah satu ikan konsumsi kegemaran masyarakat di Indonesia. Lele atau Keli adalah ikan air tawar yang memiliki tubuh licin tak bersisik, agak pipih memanjang dan memiliki kumis di bagian mulutnya.

sciencemag.com

Ikan Marlin atau Swordfish (Xiphias gladius) adalah ikan predator besar yang memiliki bentuk mulut seperti pedang panjang. Ikan ini dapat ditemukan di perairan tropis di samudera atlantik, pasifik dan hindia.

Pixabay

Ikan Mas atau Karper memiliki nama latin Cyprinus carpio merupakan ikan air tawar yang tersebar luas di Indonesia. Ikan Mas berasal dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

mancingmania.com

Ikan Mujair adalah jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi. Penyebaran alami ikan ini berasal dari Afrika. Di Indonesia, ikan ini ditemukan pertama kali oleh seseorang bernama Mujair di muara Sungai Serang, pantai Blitar selatan pada 1939 sehingga ikan tersebut dinamakan sama dengan penemunya.

mancingmania.com

Ikan Nila adalah ikan air tawar yang saat ini menjadi ikan peliharaan populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia. Ikan ini memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus dan dalam bahasa Inggris dinamakan Nile Tilapia.

Pixabay

baca juga:  Makhluk Hidup - Pengertian, Ciri, Karakteristik & Sistem Klasifikasi

Ikan Pari atau Ikan Peh adalah ikan laut yang terdiri dari 560 spesies dan 13 golongan famili. Ikan ini mudah dikenali karena memiliki bentuk pipih dan datar, serta tidak memiliki tulang.

mancingmania.com

Ikan Patin adalah ikan berkumis dalam genus Pangasius. Ikan ini memiliki nilai ekonomi sebagai hidangan konsumsi.

Pixabay

Paus adalah mamalia yang hidup di lautan. Meskipun Paus sering dinamakan Ikan Paus, namun sebenarnya Paus bukan termasuk keluarga ikan, karena Paus bernapas dengan paru-paru, memiliki rambut, berdarah panas, memiliki kelenjar susu, dan jantung dengan 4 ruang.

Pixabay

Ikan Piranha adalah omnivora air tawar yang hidup di sungai-sungai Amerika Selatan seperti sungai Amazon. Ikan ini memiliki gigi tajam dan sering digambarkan sangat berbahaya. Akan tetapi, sebenarnya ikan ini tidak seberbahaya yang digambarkan karena juga dibudidayakan di rumah dan perkantoran.