(Terbaru) 1000++ Daftar Nama Hewan / Binatang Serta Gambarnya

4.1/5 - (85 votes)

Pixabay

Kakiseribu atau millipede adalah arthropoda yang memiliki dua pasang kaki pada setiap segmen tubuhnya (kecuali segmen pertama belakang kepala). Apakah jumlah Kakiseribu benar-benar seribu? Sebenernya tidak, sebab hewan yang berbentuk silinder ini hanya tumbuh dengan jumlah segmen 25 hingga 100 dan mempunyai 1 pasang kaki pada setiap segmennya. Binatang ini unik, jika terganggu maka akan melingkar seperti obat nyamuk bakar.

Pixabay

Kalajengking adalah hewan beruas dengan jumlah kaki delapan (oktopoda) dan masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Lebih dari 2000 jenis kalajengking tersebar di selruh dunia, kecuali di Selandia Baru dan Antartika. Bebeberapa kalajengking memiliki racun jenis neurotoksin (racun saraf) dan sebagian lainnya hanya mengandung racun yang bersifat lokal (bengkak) jika tersengat oleh ekornya.

beritagar.id

Dalam kehidupan sehari-hari, kalong sering disamakan dengan kelelawar. Hal ini tidak sepenuhnya tepat, sebab tidak seluruh kelelawar adalah kalong. Kalong merupakan binatang pemakan buah, bunga, nektar dan serbuk sari. Wilayah tropis Indonesia adalah habitat yang cocok untuk kehidupan kalong. Di beberapa wilayah Pasifik, kalong mengalami ancaman kepunahan yang serius akibat perburuan untuk konsumsi manusia.

Pixabay

Kambing merujuk istilah hewan (kambing) yang diternak dan dipelihara oleh manusia. Kambing dan biri-biri merupakan hewan yang masih berkerabat dari sub famili Caprinae. Beberapa manfaat ternak kambing, yaitu susu, daging, dan bulu. Menurut data FAO dan PBB, populasi kambing di dunia mencapai 924 juta.

Wikimedia Commons

baca juga:  Daftar Tumbuhan & Hewan yang Dilindungi di Indonesia

Pelanduk atau kancil adalah nama mamalia berkuku genap yang berkerabat dengan kijang dan rusa. Binatang ini memiliki tubuh berukuran seperti kelinci. Kancil banyak hidup di habitat hutan hujan tropis Asia Tenggara, termasuk hutan di Indonesia. Di pulau Jawa, terdapat spesies kancil yang hidup endemik, yakni Pelanduk Jawa / Kancil Jawa.

Pixabay

Kanguru adalah hewan khas Australia yang masuk dalam kelompok mamalia berkantung atau marsupialia. Kanguru merupakan satu-satunya mamalia yang berjalan dengan cara melompat. Hewan khas Australia ini dapat tumbuh mencapai tinggi 8 meter.

goodnewsfromindonesia.id

Kangkareng perut putih adalah burung yang masuk dalam status Least Concern oleh IUCN sejak 2004 dan Appendix II oleh CITES. Burung yang tersebar dari India, Nepal, Bangladesh, Myanmar, China, Vietnam, Thailand, Singapura, hingga Indonesia ini menempati habitat hutan primer dan hutan sekunder, serta hutan-hutan pesisir pantai.

Pixabay

Kapibara adalah hewan pengerat terbesar di dunia. Kapibara merupakan hewan asli wilayah tropis dan lembap Amerika Selatan. Hidup liar disekitar kawasan Kolombia, Venezuela, Uruguay dan Argentina. Hewan ini memliki kemampuan semi aquatik, yaitu dapat hidup diberbagai macam habitat, mulai dari hutan hujan hingga dataran bersemak, rawa, hutan mangrove dan padang rumput terbuka yang dekat dengan sumber air.

katak Pixabay

Katak atau frog adalah binatang amphibi pemakan serangga yang hidup di air tawar dan daratan, berkulit licin, berwarna hijau atau merah kecokelatan. Binatang ini memiliki kaki belakang yang lebih panjang dan mampu berenang dan melompat dengan baik.

baca juga:  15++ Puisi Tentang Hewan & Binatang Kesayangan

kodok Pixabay

Kodok atau toad adalah binatang amphibi pemakan serangga yang hidup di air tawar dan daratan, kulitnya kasar dan berbintil, kering, dan kaki belakang lebih pendek dari katak, sehingga kemampuan melompatnya tidak sebaik katak.