(Terbaru) 1000++ Daftar Nama Hewan / Binatang Serta Gambarnya

4.1/5 - (85 votes)

lars-fehlandt.de

Katak sungai sambas atau Ansonia latidisca atau katak pelangi borneo adala spesies katak kecil yang sempat menghilang sejak tahun 1924 dan ditemukan kembali pada 2011. Spesies ini tersebar di hutan hujan tropis dan sungai dataran rendah di pulau Kalimantan antara Indonesia dan Malaysia. Katak ini adalah salah satu dari sepuluh katak yang paling dicari di dunia.

Google Images

Katak limtonectes atau katak bertaring merupakan katak yang memiliki tonjolan tulang pada rahang bagian bawahnya. Taring yang dimaksud bukanlah taring yang sebenarnya, sebab tidak memiliki ciri gigi atau lainnya. Hingga saat ini belum diketahui apa manfaat dari tonjolan tersebut, namun menurut dugaan hal ini berkaitan dengan perburan mangsa dan perlawanan terhadap predator.

Pixabay

Kecoa merupakan serangga yang tersebar di seluruh bumi lebih dari 4.000 spesies, kecuali di wilayah kutub. Dibeberapa tempat, serangga ini dinamakan lipas atau coro. Kecoa dianggap mampu bertahan dari bom nuklir dan telah ada sejak 280 juta tahun yang lalu.

Pixabay

Lipan atau kelabang adalah hewan Arthropoda dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. Kelabang adalah hewan metametrik yang memiliki sepasang kaki pada setiap ruas tubuhnya. Dibeberapa tempat, kelabang dijadikan konsumsi untuk obat meski belum terbukti secara ilmiah.

Pixabay

Keledai masih berkerabat dengan kuda telah menjadi hewan peliharaan manusia sejak 5.000 tahun yang lalu. Hewan ini bernama ilmiah Equus asinus yang termasuk hewan jinak dan umumnya digunakan untuk membantu transportasi, seperti membawa barang dan menarik gerobak.

baca juga:  9 Teori Proses Pembentukan Bumi dan Tata Surya

Pixabay

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang mempunyai kemampuan terbang. Hewan ini berasal dari ordo Chroptera yang dua kaki depannya berkembang menjadi seperti sayap.

Pixabay

Kelinci adalah mamalia yang menjadi hewan peliharaan dan pedaging bagi manusia. Berdasarkan jenis bulunya, kelinci dibagi menjadi dua, yakni berbulu pendek dan berbulu panjang. Di Indonesia, habitat kelinci liar berada di hutan pegunungan Sumatera dan merupakan kelinci asli Indonesia.

Pixabay

Keong adalah sebutan umum untuk menamakan sejumlah siput laut beserta cangkangnya, mulai dari ukuran kecil hingga besar.

serangga kepik Pixabay

Kepik atau hemiptera adalah serangga yang terdiri dari 80.000 spesies tersebar diseluruh dunia, kecuali daerah kutub. Serangga ini mempunyai ciri khusus, yaitu mulut berbentuk jarum dan mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Pixabay

Kepiting atau ketam adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh. Binatang ini memiliki cangkang keras yang tersusun dari zat kitin dan dibekali sepasang capit. Terdapat beberapa jenis kepiting, seperi kepiting air tawar, kepiting darat dan kepiting laut.