(Terbaru) 1000++ Daftar Nama Hewan / Binatang Serta Gambarnya

4.1/5 - (85 votes)

Pixabay

Kera adalah mamalia dari ordo primata. Saat ini, habitat alami kera telah banyak menyusut akibat deforestasi sehingga menyebabkan populasinya menurun. Kera merupakan anggota superfamilia Homonoidea yang didalamnya termasuk manusia, simpanse, gorilla dan lain-lain. Habitat alami kera adalah di hutan hujan tropis.

Pixabay

Kerbau merupakan hewan yang dijadikan komoditas ternak oleh manusia, terutama dikawasan Asia yang mencapai 95% populasi dunia. Kerbau atau Bubaus bubalis dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kerbau liar, kerbau sungai, dan kerbau rawa. Kerbau merupakan sahabat petani yang tangguh dan kerap digunakan untuk menarik pedati dan bajak sawah.

Pixabay

Kijang atau muncak adalah kerabat rusa dalam genus Muntiacus. Kijang dianggap sebagai rusa tertua, karena telah hidup sejak 15 hingga 35 juta tahun yang lalu. Di Indonesia, nama kijang digunakan oleh salah satu produsen otomotif mobil sebagai nama produk mereka, yakni Toyota Kijang.

Pixabay

Koala adalah salah satu binatang berkantung atau marsupial khas dari Australia. Binatang ini merupakan binatang yang jarang minum, bahkan dikatakan tidak minum. Koala menyukai daun ekaliptus dan memiliki keunikan tingkah laku tidak bergerak hingga 20 jam per hari. Koala adalah salah satu mamalia yang memiliki sidik jari mirip dengan manusia.

komodo merupakan ciri khas kepulauan komodo Commons Wikipedia

Komodo atau Varanus komodoensis adalah spesies biawak terbesar yang hidup endemik di Taman Nasional Komodo yang teridir dari pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami, Nusa Tenggara Timur. Komodo merupakan kadal terbesar yang dapat tumbuh mencapai 3 meter dengan berat lebih dari 100 kg. IUCN memasukkan Komodo sebagai spesies rentan terhadap kepunahan.

baca juga:  Burung Gagak - Taksonomi, Morfologi, Habitat, Jenis, Mitos & Kecerdasan

Pixabay

Kucing merujuk pada istilah kucing domestik atau kucing rumah. Hewan ini adalah mamalia karnivora dari keluarga Felidae dan masih berkerabat dengan singa dan harimau. Kucing merupakan hewan paling populer dijadikan sebagai peliharaan manusia. Jumlah ras kucing diseluruh dunia sangat banyak, apalagi jika ditambah hasil dari perkawinan silang antar ras kucing yang menghasilkan jenis ras baru.

kucing.org

Anggora atau kucing angora adalah ras kucing alami yang menjadi salah satu ras paling tua di dunia. Kucing ini memiliki ciri tubuhnya yang kuat dan bulunya tumbuh panjang. Kucing anggora adalah kucing yang aktif, berisik, energik, suka bermain dan penurut.

kucing batu Wikimedia Commons

Kucing batu (Pardofelis marmorata) adalah salah satu jenis kucing hutan / kucing liar yang hidup di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Oleh IUCN, kucing dimasukkan dalam status rentan terhadap kepunahan dan saat ini populasinya hanya kurang dari 1000 ekor.

agrinak.com

Kucing Persia adalah ras kucing dengan bulu Panjang dan karakter wajah bulat dengan moncong pendek. Karakteristik kucing persia umumnya bertubuh gemuk, besar dan tambun. Ciri khas yang dimilikinya adalah hidung pesek, berwajah bulat dan bulu yang panjang.

Pixabay

Kuda adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan dengan nama ilmiah Equus caballus ini telah lama menjadi salah satu hewan peliharaan manusia. Dalam kebudayaan manusia, kuda telah dimanfaatkan sejak zaman nomaden sebagai hewan tunggangan. Tradisi China menganggap kuda sebagai simbol kebebasan, kecerdasan dan kekuatan.