peta hewan kartun
ragam hewan di dunia

1000++ Daftar Nama Hewan / Binatang Serta Gambarnya

asiatimes.com

Burung Kakatua adalah burung dari suku Cacatuidae yang merupakan jenis burung hias dengan bulu indah dan suara yang melengking dan nyaring. Burung ini memiliki tingkat kecerdasan tinggi sehingga sering digunakan untuk acara hiburan di kebun binatang.

Pixabay

Burung Kenari atau Serinus Canaria pertama ditemukan oleh Jean de Berthan Cout seorang pelaut Perancis di Kepulauan Canary pada abad ke 15. Kenari asal Belanda dikenal sering di datangkan ke Indonesia, selain itu juga kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian di kawinkan dengan kenari liar sehingga menghasilkan jenis lainnya.

Bobo

Burung kepodang adalah burung kicau (Passeriformes) yang berbulu indah dan dikenal sebagai burung pesolek yang selalu tampil cantik, rapi dan bersih termasuk dalam membuat sarang. Saat ini populasi burung kepodang semakin menurun karena menjadi komoditas perdagangan di masyarakat.

Maleo inaturalist.org

Burung Maleo adalah sejenis burung gosong berukuran sedang dengan panjang sekitar 55 cm. Nama latin dari maleo adalah Macrocephalon maleo dimana merupakan satu-satunya burung dalam genus tunggal Macrocephalon. Keunikan burung maleo adalah anak maleo langsung bisa terbang seketika setelah menetas.

Pixabay

Burung merak meliputi tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan (pheasan), Phasianidae. Burung merak jantan memiliki bulu ekor yang indah dan dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina. Spesies merak antara lain: Merak India / Pavo cristacus, Merak Hijau / Pavo muticus, Merak Kongo / Afropavo congensis.

Pixabay

Burung Nuri atau Bayan memiliki nama latin Eclectus rotatus. Ukuran burung ini sedang dengan panjang sekitar 43 cm dan merupakan salah satu genus burung paruh bengkok Eclectus.

Pixabay

Puyuh merupakan nama untuk beberapa genera dalam famili Phasianidae. Burung ini memiliki ukuran menengah yang merupakan unggas daratan kecil namun gemuk. Burung puyuh banyak dibudidayakan untuk diperoleh manfaat berupa daging serta telurnya.

Pixabay

Burung unta merupakan burung terbesar yang saat ini masih bertahan hidup. Burung unta memiliki tinggi hingga 2,5 meter atau 8 kaki. Burung unta hidup di daerah sabana dan gurun di Afrika, Arab dan kawasan Khatulistiwa.

Pixabay

Burung walet atau Collocalia vestita adalah burung dengan sayap meruncing, berekor panjang dan berwarna hitam namun dibagian bawah berwarna coklat. Burung walet tidak dapat bertengger karena bentuk kakinya yang sangat pendek, namun dapat menempel di dinding tembok atau atap.

Walet dapat terbang dalam kegelapan karena memiliki kemampuan ekolokasi. Sarang burung walet banyak diperdagangkan karena memiliki nilai ekonomis tinggi untuk sup dan bahan obat-obatan.

cacing tanah Pixabay

Cacing tanah adalah cacing berbentuk tabung dan digolongkan dalam filum Annelida. Cacing tanah merupakan pemakan bahan organik hidup dan mati. Hewan ini bernapas atau melakukan respirasi melalui kulitnya.