Danau Habema – Danau Tertinggi di Indonesia, Pesona di Atas Awan!

Di salah satu kawasan Taman Nasional Lorentz yaitu Wamena, terdapat sebuah danau yang menjadi lokasi wisata alam bernama Danau Habema. Tempat yang bernama asli Yuginopa ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Keindahannya senantiasa memukau wisatawan yang mengunjunginya.

Danau ini dijuluki Habema ternyata diambil dari nama salah seorang perwira Belanda. Seorang perwira yang melakukan pengawalan rombongan ekspedisi menuju puncak trikora pada tahun 1909.

Danau Habema adalah danau tertinggi di Indonesia, tepatnya berada di ketinggian sekitar 3.225 mdpl. Oleh karena letaknya yang berada di pegunungan, seringkali danau ini selimuti awan dan kabut, sehingga sering dijuluki danau di atas awan.

habema lake thisisapril.com

Luasnya danau ini kurang lebih 224,35 hektar dan kelilingnya 9,79 kilometer. Hamparan perairan yang berpadu dengan pemandangan gunung yang puncaknya diselimuti salju abadi adalah fenomena langka di Indonesia. Hijaunya padang rumput dan cerahnya langit biru juga semakin membuat betah berlama-lama menikmati keindahan Papua.

Jika beruntung, disini kita dapat bertemu burung khas Papua, seperti Cendrawasih dan Kanguru Pohon, serta Rumah Semut dan Anggrek Hitam endemik Papua.

Untuk menuju danau ini, kita membutuhkan bantuan guide atau penunjuk jalan serta biaya untuk transportasi. Sedangkan untuk biaya masuknya adalah gratis selama 24 jam penuh setiap hari.

foto danau habema thisisapril.com

Wisata alam ini benar-benar alami, sehingga belum ada fasilitas apapun. Selain itu, hal ini juga disebabkan karena letaknya yang jauh dari pusat kota. Karena keterbatasan sarana dan prasaranan tersebut, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan ketika hendak berlibur ke kawasan Danau Habema, yaitu:

  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya agar tidak kelaparan dan kehausan
  • Pakailah jaket dan celana tebal karena udara disekitar danau cukup dingin, yakni antara 0 sampai 10 derajat Celcius
  • Gunakanlah sepatu agar kaki terlindungi saat melakukan perjalanan
  • Sebaiknya berkunjung pada pagi hari agar kita bisa menikmati pemandangan danau yang jelas tanpa tertutupi kabut
danau habema thisisapril.com

Kota terdekat menuju danau ini adalah Wamena, yakni berjarak 48 kilometer. Diperlukan usaha keras dan melewati jalanan terjal dan berbukit dengan menggunakan kendaraan 4 penggerak roda. Butuh waktu 3 jam untuk menempuh bedan berat tersebut, padahal jika jalanan rata mungkin hanya perlu waktu 1,5 atau 2 jam saja.

Oke! Jika kamu berkunjung ke Papua Barat, berkunjunglah ke Danau Habema!