Danau Matano – Pesona Danau Purba & Terdalam di Asia Tenggara

Keindahan dan keunikan alam Indonesia tidak hanya dalam skala nasional. Beberapa diantaranya bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Salah satunya adalah Danau Matano di Sulawesi Selatan yang menyandang status sebagai danau terdalam di Asia Tenggara menurut WWF.

Kedalaman danau ini berapa sih, sampai-sampai dinobatkan menjadi yang paling dalam di Asean?. Kedalaman Danau Matano mencapai 590 meter! Sangat dalam bukan?. Bahkan tidak hanya di Asia Tenggara, danau ini juga menempati posisi ke-8 sebagai danau terdalam di dunia!

Danau Matano berada di Kawasan Pegunungan Verbek, Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Karena terletak di pegunungan, danau ini mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Danau ini telah berusia jutaan tahun dan berukuran kurang lebih sepanjang 28 km dan lebar 8 km. Jaraknya dari Ibukota Luwu Timur (Malili) adalah 50 km.

Wisata alam ini memiliki air berwarna biru seperti lautan. Terdapat banyak sekali mata air yang muncul akibat gerakan tektonik dari lapisan batuannya, jumlahnya mencapai ribuan mata air!

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan jika berlibur ke danau ini, seperti bermain air dan berkunjung ke gua yang berada di sisi danau. Tiga dari enam gua yang ada disini berada tepat di bibir danau dan ketika kita memasukinya bisa langsung tembus ke danau. Gua ini juga menyimpan peninggalan sejarah, seperti peralatan perang masa lampau (parang dan tombak), serta alat rumah tangga lain yang terbuat dari kuningan.

wisata danau matano travelingyuk.com

Selain gua di pinggiran Danau Matano, ada pula gua yang letaknya tidak jauh dari pemukiman warga. Gua ini begitu gelap dan diguni oleh ribuan kelelawar. Namanya adalah Gua Tengkorak, sebab didalamnya juga terdapat banyak tengkora dan tulang belulang.

Disamping bermain di tepi danau, kita juga bisa mengjungi beberapa pulau yang ada di tengah danau. Kita bisa menyewa perahu motor Matano Yacht Club dan hanya butuh waktu sekitar 40 menit untuk mencapai pulau-pulau tersebut.

Perairan Danau Matano sangat kaya akan spesies fauna endemik, contohnya adalah kepiting, udang, ikan dan siput yang hanya ada ditempat ini. Bahkan salah satu jenis ikan langka di dunia hidup di kawasan danau ini, yaitu Ikan Buttini. Seringkali ikan ini disebut ikan purba karena mempunyai warna kecokelatan dan bentuknya mirip dengan hewan purba.

danau terdalam asia tenggara eljohnnews.com

WWF juga memasukkan danau ini kedalam Global Ecoregions karena memiliki keunikan, ekosistem dan keanekaragaman hayati endemis.

Danau ini dikelola oleh Pemerintah Daerah dengan cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari kelengkapan fasilitas seperti perahu kano, rafting, shelter dan sebagainya. Masyarakat lokal pun turut melakukan pengelolaan dan mencari pendapatan disini dengan menyewakan banana boat.

Wisata Danau Matano buka selama 24 jam penuh sehingga kita bebas mengunjunginya. Untuk memasuki kawasan wisata air ini, kita dikenakan tiket Rp 10.000 per orang. Biaya ini belum terasuk tiket wahana seperti perahu yang mengantarkan kita ke pulau di tengah danau.

Selain sebagai lokasi wisata, danau ini juga dimanfaatkan untuk sumber air minum warga, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), dan tempat penelitian karena disamakan dengan kondisi laut bumi pada masa Arhaean Eon sekitar 2,5 juta tahun yang lalu.

danau matano pesona.travel

Pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 274/Kpts/Um/4/1979 tanggal 24 April 1979 telah memasukkan kawasan Danau Matano, Mahalona dan Towuti menjadi kawasan konservasi Taman Wisata Alam dengan nama Taman Wisata Alam Danau Matano, Taman Wisata Alam Danau Mahalona, dan Taman Wisata Alam Danau Towuti.  Sehingga pemanfaatannya mengutamakan kepentingan pariwisata dan rekreasi alam.

Bagaimana, tertarik untuk berlibur ke Danau Matano?

Nah, untuk sampai di obyek wisata ini kita bisa berangkat dari Makassar menuju Danau Matano menggunakan bus dari terminal dengan trayek Makassar-Sorowako. Setibanya di Sorowako, kemudian kita naik ojek menuju Dermaga Pantai Ide.