Danau Weekuri – Pesona Laguna Tersembunyi di Sumba

Nusantara adalah hamparan keindahan yang tersusun di tiap-tiap wilayahnya. Mulai dari gunung, lautan, pantai, air terjun dan danau di Indonesia berpotensi menjadi obyek wisata alam dengan pesona indah yang dimilikinya. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah Danau Weekuri.

Danau ini berlokasi di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jika diukur dari ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, yaitu Tambaloka adalah 60 km.

Laguna Weekuri adalah danau air asin dengan warna air hijau kebiruan. Ukurannya sekitar 150 meter x 50 meter.

danau weekuri sumba idntimes.com

Padahal kan danau ini berada di daratan, tapi kenapa airnya asin? Danau Weekuri berair asin karena sumber airnya berasal dari air laut yang meresap dan menembus gugusan batuan karang. Nama danau ini juga memiliki makna yang diambil dari bahasa Sumba, yaitu Weekuri yang berarti air percikan.

Namun sementara itu, ada juga mitos yang berkembang jika Weekuri dulunya adalah nama sebuah perkampungan yang tenggelam akibat luapan air laut.

Selain memiliki air asin, ternyata danau ini juga mempunya titik sumber air lain. Sumber-sumber mata air inilah yang akhirnya membentuk gradasi warna air danau jernih hijau kebiruan yang membuatnya semakin cantik. Bahkan dibeberapa tempat suhu airnya juga berbeda, yaitu ada yang hangat dan dingin. Tentunya ini menjadi fenomena langka!

bisniswisata.co.id

Air Danau Weekuri yang sangat jernih membuat kita bisa melihat dasar perairan hanya dengan mata telanjang. Kita bisa melihat ikan-ikan yang berenang tanpa harus berbasah-basahan untuk menyelam. Namun jika kita tetap ingin bermain air, danau ini cukup aman. Danau Weekuri tidak terlalu dalam sehingga aman untuk berenang, kedalamannya berkisar 30 cm hingga 2,5 meter, dan pada saat pasang mencapai 5 meter.

Selain keindahan danau, lokasi Danau Weekuri yang jauh dari perkotaan dan keramaian, dikelilingi hutan, semak belukar dan tebing karang juga menambah sensasi liburan dan petualangan.

Pengunjung yang ingin berwisata ke danau air asin di Sumba ini harus menyiapkan bekal seperti makanan, minuman dan pakaian ganti. Sebab di obyek wisata Danau Weekuri belum ada fasilitas pendukung. Akan tetapi, justru inilah yang akan membuat petualangan semakin seru!

Selain persiapan bekal, untuk menuju ke lokasi danau juga dibutuhkan usaha tak mudah. Kita harus menggunakan kendaran pribadi karena belum ada transportasi umum yang menjangkau tempat ini. Sebagian besar jalanan pun belum diaspal dan hanya terbuat dari bebatuan lancip dan tajam.

Agar liburanmu semakin asyik, sebaiknya datanglah jam 4 sore. Pada jam ini pemandangan air danau akan sangat indah dengan warna biru berasal dari pantulan senat matahari dari sisi barat. Selain itu, kita juga bisa menikmat sunset yang sangat memukau serta mengunjungi tebing karang yang membatasi danau dengan lautan lepas.