Wisata Pulau Derawan – Warisan Surga di Indonesia

Pulau Derawan – Indonesia, negeri ribuan pulau dengan keanekaragaman flora, fauna dan bentang alam yang sangat beragam. Berbagai flora dan fauna yang ada didalamnya diakui dunia sebagai makhluk hidup endemik, beserta keindahan alamnya, meliputi pantai, hutan, pulau, air terjun dan sebagainya.

Sebut saja Pulau Derawan, kawasan wisata alam yang sempat didaftarkan pemerintah ke UNESCO pada tahun 2005 untuk dijadikan situs warisan dunia. UNESCO merupakan organisasi internasional yang mengurusi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tempat ini disebut-sebut sebagai destinasi terindah yang ada di Pulau Kalimantan, bahkan tidak berlebihan jika menyebutnya sebagai surga tersembunyi yang patut dikunjungi sekali seumur hidup.

pulau derawan hariliburnasional.com

Pulau Derawan adalah pulau yang dijuluki Pristine Island, artinya tempat dengan keasrian alam yang masih perawan dan terjaga. Wisatawan dari berbagai penjuru dunia tergila-gila dengan pesona pulau ini dan rela datang untuk menikmati surga alam Derawan. Lokasinya berada di daerah administratif Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kesan pertama berlibur ke Kepulauan Derawan adalah mendapat sambutan dari pesona pantai dengan hamparan pasir putih nan halus serta birunya air laut. Suara ombak dan desiran angin seakan mendorong kita untuk singgah lebih lama di pulau eksotis ini.

Perairan Derawan menyimpan berbagai rupa keindahan taman laut. Kita bisa menikmatinya dengan melakukan diving dan snorkeling, melihat warna-warni terumbu karang yang begitu indah dihiasi ikan-ikan laut.

Perlu diketahui, perairan Pulau Derawan memiliki berbagai jenis terumbu karang langka yang tidak bisa ditemukan di perairan dunia manapun! Jadi untuk melihat jenis karang tersebut, mau tidak mau kita harus datang ke Pulau Derawan di Kalimantan Timur.

Pada kedalaman 10 meter dari permukaan, terdapat karang yang dikenal sebagai Blue Trigger Wall berukuran panjang 18 meter yang dihuni oleh ikan trigger atau red-toothed trigger fishes. Perairan Derawan merupakan habitat lebih dari 870 jenis biota laut lainnya!

penyu terumbu karang Pixabay

Selain terumbu karang langka, terdapat pula beberapa jenis ikan langka yang begitu menawan. Namun tidak semua orang bisa melihatnya, sebab perlu sedikit keburuntungan dan waktu yang tepat ikan-ikan ini muncul ke permukaan. Jika bertemu, pastikan jangan lupa abadikan momen ini ya!

Sebagai bukti kita pernah berkunjung ke pulau ini, tidak ada salahnya membeli oleh-oleh dan souvenir khas Derawan. Kebanyakan souvenir yang dijual disini dibuat oleh Suku Bajou, sehingga sangat-sangat unik!

Selain itu, jangan lupa juga mampir mencari pengalaman baru dengan melihat area konservasi penangkaran penyu hijau. Disini kita bisa sekaligus melihat proses penyu bertelur sampai menetas menjadi tukik.

Seru bukan? Jadi kapan datang ke Pulau Derawan?

Eits! Tak cuma ke pulau ini, karena kita bisa juga berlibur ke pulau sekitarnya, seperti Pulau Sangalaki, Maratua dan Kakaban!