Desa Wisata Pujon Kidul – Keseruan Agrowisata Malang

Kota Malang memang menjadi tren wisata yang menawarkan banyak sekali pilihan hiburan. Mulai dari taman bermain, kebun binatang, museum, cafe unik dan lainnya semua terjadi di kota sejuk ini.

Bersebelahan dengan Kota Malang, Kota Batu juga patut dikunjungi untuk melengkapi perjalanan liburan. Kota Batu yang terletak 15 km sebelah barat Kota Malang ini terkenal dengan wisata alamnya dan memiliki suhu yang relatif lebih dingin daripada di Kota Malang.

Jika tengah berkunjung di sekitar Malang-Batu, ada satu lokasi wisata yang patut dikunjungi, yaitu Desa Wisata Pujon Kidul. Desa ini merupakan sebuah kampung agrowisata yang berada di dataran tinggi dengan spot-spot yang menyenangkan.

Berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul

Jika dituju dari Malang, Desa Pujon Kidul berada di sisi barat setelah melewati Kota Batu. Jaraknya 30 km dari pusat Kota Malang, atau ditempuh sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan.

Udara di Pujon Kidul sangat sejuk karena posisinya berada di dataran tinggi. Selain itu, banyak pemandangan indah dan spot foto yang bertebaran. Pengelolaan Desa Wisata Pujon Kidul ini dikelola langsung oleh warganya secara mandiri.

Untuk menikmati hiburan di Desa Wisata Pujon Kidul, kita cukup membayar 8 ribu untuk tiket masuk dan 10 ribu sampai 50 ribu untuk wahananya. Cukup murah sekali, apalagi tiket masuknya sudah termasuk voucher 5 ribu yang bisa ditukarkan dengan makanan. Datanglah di pagi hari agar bisa puas bermain, wisata ini dibuka mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Destinasi Wisata di Desa Pujon Kidul

Jika sudah sampai di desa wisata Batu ini, rasanya kurang lengkap jika belum coba semua wahana atau obyek wisata yang ditawarkan. Simak baik-baik berbagai macam destinasi wisata yang tersedia di Desa Pujon Kidul, antara lain:

1. Kuliner dan Hunting Foto Instagenik di Café Sawah

Inilah yang paling dicari-cari oleh traveller dan backpacker saat berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul. Café Sawah memang hits dan terkenal sebagai salah satu tujuan untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, café ini dikelilingi oleh areal sawah dan latar belakang pemandangan Gunung Dorowati.

Tema lokasi ini tentu disesuaikan dengan suasana di sekitarnya, jalanan setapak, bunga-bunga, tempat duduk kayu atau bambu dan area makan khas gubug atau gazebo.

cafe sawah cewealpukat.com

Dengan mengusung konsep prasmanan, pengunjung bebas mengambil menu makanannya sendiri kemudian langsung membayar di kasir. Seluruh area di café sawah ini pun bisa dijadikan spot foto atau selfie. Sehingga, sambil menimati makanan, kita bisa sekalian hunting foto yang instagenik untuk melengkapi koleksi di laman instagram.

Untuk masuk ke area café, dikenakan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah yang dapat ditukarkan dengan makanan. Sedangkan biaya parkirnya adalah 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil.

Makanan di café ini harganya mulai 10 ribu dan minumannya mulai 4 ribu rupiah, benar-benar sangat terjangkau. Perlu diperhatikan, jam buka pada hari Senin-jumat pada pukul 08.00-17.00 WIB. Sedangkan di hari Sabtu-Minggu buka pukul 08.00-21.00 WIB.

2. Keseruan di The Roudh 78

Setelah puas makan dan selfie di café sawah, kita bisa geser sedikit ke The Roudh 78, Texasnya Desa Wisata Pujon Kidul. The Roudh 78 lokasinya berdekatan dengan café sawah, sehingga tidak perlu pindah parkir atau bayar tiket masuk lagi.

the roudh 78 atiqohhasan.com

The Roudh 78 menawarkan lebih banyak kegiatan fisik yang seru, yaitu:

  • Berkuda atau Horse Riding – Jalan-jalan sambil naik kuda? Tentu ini hal yang sangat menyenangkan. Bagi yang suka berkuda atau horse riding, kita bisa langsung mencobanya di The Roudh 78. Bukan hanya untuk dewasa, karena anak-anak pun boleh melakukannya. Selain naik kuda, kita juga bisa bertanya mengenai bagaimana cara merawat kuda, memberi makan, dan informasi lain seputar kuda. Jadi, bermain dan bersenang-senang sekalgus menambah wawasan juga.
  • Off Road Naik Jeep – Bagi yang suka petualangan menantang, bisa mencoba off road di The Roudh 78. Di sini sudah tersedia jeep tempur untuk mengantarkanmu berkeliling kawasan Desa Wisata Pujon Kidul. Rute off road naik jeep tempur melewati perkebunan, persawahan dan peternakan di kawasan wisata.
  • Perang Bersenjata Paintball – Selain keseruan naik jeep, bermain perang-perangan bersenjata juga tak kalah seru dan memicu adrenalin. Tentunya senjata yang digunakan tidak berbahaya, yaitu menggunakan paintball yang pelurunya terbuat dari cat warna
  • Makan di Café Dekat Kolam Ikan – The Roudh 78 juga menyediakan tempat makan atau café seperti Café Sawah. Bedanya, saung-saung di The Roudh 78 tidak berdekatan dengan persawahan, tetapi dekat dengan kolam ikan. Disini, kita bisa hunting foto yang keren. Tema lokasinya lebih maskulin dan suasananya mirip seperti Texas dengan dominasi bangunan dari kayu bergaya rustic.

3. Trail dan ATV

Kontur tanah di Desa Pujon ini memang cukup menantang sehingga bisa dimanfaatkan untuk bermain motor trail dan ATV. Cukup menyewa motor trail, kita bisa berkeliling 7 putaran di lintasan yang sudah disediakan. Sedangkan jika menyewa ATV, kita akan mendapat kesempatan 10 kali putaran. Permainan yang satu ini cukup seru dan menantang.

4. Hiking di Pujon Kidul Menuju Kawasan Coban

Jika ingin kegiatan fisik yang lebih menantang dan menguras tenaga, kita bisa mencoba hiking menuju kawasan coban di sekitar Pujon. Jalanan menuju coban lumayan berbukit, biasanya disarankan membawa guide dari warga Pujon.

Salah satu tujuan coban yang paling banyak diminati adalah Coban Sumber Pitu. Dinamakan demikian karena aliran air terjunnya seperti muncul di 7 tempat yang berbeda. Untuk masuk ke area Coban ini kita dikenakan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah.

Petualangan bisa dilanjutkan ke Coban Manan yang masih asri dan jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya juga cukup ke dalam. Sebenarnya tidak terlau jauh dari area Coban Sumber Pitu, tetapi medan yang dilalui cukup berat dan berbahaya jika belum terbiasa hiking.

5. Mengunjungi Peternak Sapi

Tak selalu kuliner atau hiburan seru, Desa Wisata Pujon Kidul juga menyuguhkan wahana atau hiburan yang edukatif bagi pengunjung. Biasanya hiburan yang satu ini dipilih oleh pengunjung keluarga sehingga dijadikan sarana bermain dan belajar bagi anak-anaknya.

sapi perah Pixabay

Pujon merupakan salah satu desa penghasil susu perah di Malang, di sini pengunjung bisa menikmati aktivitas para peternak sapi. Pengunjung bisa mengamati mulai dari proses pemerahan susu sampai distribusi ke koperasi.

Selain itu, kita juga bisa ikut memerah susu dan langsung meminumnya. Proses pemerahan susu dilakukan pagi dan sore hari, 2 kali dalam sehari.

6. Sunrise di Bukit Amping

Pengunjung yang menginap di homestay akan mendapat suguhan kehangatan dan eloknya sunrise yang dilihat dari bukit Amping. Selain itu, disekitar juga terlihat pemandangan Gunung Arjuna yang tinggi di sebelah timur laut. Gunung Kawi dan Gunung Kelud juga terlihat di sebelah selatan area sunrise.

Fasilitas Wisata di Desa Pujon Kidul

Disamping lokasi Desa Wisata Pujon Kidul ini cukup mudah dituju. Fasilitas yang ada di dalamnya juga cukup memadai bagi pengunjung. Di sini tersedia toilet dan mushola untuk beribadah, serta bagi yang ingin beristirahat dapat santai-santai di gazebo. Warga sekitar selalu berupaya mengelola kebersihan dan ketertiban di Wisata Desa Pujon Kidul.

pujon kidul jatimtimes.com

Itulah beberapa spot wisata atau wahana seru-seruan yang bisa dinikmati saat berlibur ke Desa Wisata Pujon Kidul. Banyak sekali yang bisa dilakukan, jika ingin coba semuanya boleh juga menginap di homestay agar dapat menikmati sunrise di bukit Amping.

Referensi: https://dolandolen.com/desa-wisata-pujon-kidul-di-kabupaten-malang-ini-14-faktanya/ | https://travelspromo.com/htm-wisata/desa-wisata-pujon-kidul/