Durian J Queen – Durian 14 Juta!

Di awal tahun 2018, media sosial sempat digemparkan dengan foto dan video durian J – Queen. Nama J – Queen baru pertama kali terdengar di dunia buah durian dan langsung membuat heran.

Bukan hanya nama uniknya yang membuat gempar, tapi harganya yang fantastis mencapai Rp. 14 juta per butir ini lah yang lebih menghebohkan.

Durian J – Queen pertama kali ditawarkan di Asia Plaza, Tasikmalaya, Jawa Barat. Jumlah hanya ada 4 buah durian yang dijual dan laku sebanyak dua buah. Tak hanya di Indonesia, beberapa media asing seperti CNN, The Guardian, dan Huffington Post pun ikut memberitakan keberadaan buah berduri yang super mahal ini. Lalu, seperti apakah buah durian J – Queen ini?

Asal Durian J Queen

Durian J – Queen merupakan hasil perkawinan beberapa varietas durian terbaik yang ada di Indonesia. Untuk mencari varietas ini pun penemunya mengklaim menggunakan sebuah alat yang berasal dari Thailand.

durian j queen scmp.com

Alat ini bisa membantu menemukan formula varietas durian yang akan dihasilkan. Penjualnya menjamin jika durian J – Queen memiliki keunggulan dan ciri khas yang berbeda dari durian terbaik lainnya.

Menurut penemunya yang adalah seorang mahasiswa UII Yogjakarta, pohon durian J Queen hanya tumbuh di Kendal, Jawa Tengah. Namun, ada juga yang mengatakan kalau pohon durian J – Queen juga tumbuh di Banyumas, di antara ratusan pohon durian asal Banyumas yang juga terkenal unggul dan berharga ratuan ribu per kg nya.

Sangat mungkin jika pohon durian J Queen juga tumbuh di Banyumas, karena Aka, penemu varietas durian super mewah ini memiliki beberapa kebun durian di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Uniknya, baik Pemerintah Daerah Banyumas dan Pemerintah Daerah Kendal sama-sama belum mengetahui keberadaan pohon durian J Queen ini. Keduanya baru mendengar nama durian J – Queen setelah durian ini menjadi viral dan perbincangan di Indonesia.

Aka memang serius menghasilkan varietas baru dari buah durian. Bukan hanya karena dia memiliki banyak kebun durian, tetapi karena tujuan mulianya yang ingin membantu para petani durian. Dengan menjual jenis buah durian yang berkualitas, tentu kesejahteraan para petani buah durian juga akan meningkat, seiring dengan tingginya harga buah durian tersebut.

Ciri-ciri Durian J – Queen

Durian J Queen yang merupakan pendatang baru dalam dunia perdurenan Indonesia ini memiliki ciri-ciri yang sangat mudah dikenali, seperti:

  1. Memiliki bentuk yang bulat sempurna dengan 6 garis jalur buah di dalamnya.
  2. Bentuk dagingnya hanya bulat dan berwarna kuning emas, hampir mirip oranye dan tak ada satupun buahnya yang berbentuk lonjong.
  3. Memiliki perpaduan rasa yang unik, yakni perpaduan antara rasa kacang dengan rasa mentega, serta memiliki kolaborasi rasa antara manis dan pahit yang seimbang. Konon saking manisnya buah durian ini, rasanya akan tertinggal di tenggorokan dan saat sendawa pun rasa manis duriannya masih dapat dirasakan.
  4. Setiap pohon hanya menghasilkan maksimal 20 buah saja. Pohon durian J Queen bisa dipanen dalam 3 tahun sekali. Ini karena saat proses berbuah, banyak buah durian yang jatuh prematur. Jadi hanya sedikit yang bisa dipanen secara sempurna.
  5. Memiliki harum atau aroma yang melebihi durian lainnya, bahkan keharuman durian J Queen mampu mengalahkan keharuman durian Mussang King asal Malaysia lebih dahulu terkenal.
  6. Memiliki daging yang super tebal, hampir 95% tanpa biji.
  7. Berat rata-rata 1 butir durian sekitar 4 hingga 5 kg.

Faktor Penyebab Harga Mahal

Sama halnya seperti kasus durian tanpa duri yang memiliki harga tak wajar, durian J-Queen juga dibandrol dengan harga tak masuk akal, yakni 14 juta rupiah. Lantas, apa penyebab harga bisa melambung tinggi?

  1. Durian J – Queen merupakan jenis varietas baru dalam jenis durian Indonesia. Namanya baru terdengar saat buah ini dipasarkan. Durian ini dianggap bukan sembarang durian, sebab diklaim lahir dari perkawinan berbagai varietas unggul buah durian yang tumbuh di Indonesia.
  2. Karena berasal dari perkawinan berbagai variestas durian yang terbaik, maka buah yang dihasilkan pun sempurna. Mulai dari bentuknya yang mudah dikenali, dagingnya yang nyaris tanpa biji, rasanya yang merupakan perpaduan antara rasa kacang dan rasa mentega, sampai dengan harum buahnya yang luar biasa wangi. Durian J – Queen bila digabung dengan 100 jenis durian lainnya, maka durian ini akan tetap mudah dikenali, tentu saja dari wanginya yang khas dan jauh lebih harum dari pada jenis durian lainnya.
  3. Durian J-Queen berhasil menjadi pemenang kontes buah durian dengan mengalahkan durian Mussang King asal Malaysia. Baik dari sisi keharuman, rasa buah durian J – Queen yang peanut butter (Durian Mussang King hanya memiliki rasa butter saja), sampai daging buah durian yang super tebal.
  4. Durian J – Queen hanya benar-benar siap panen setelah masa tanam 3 tahun, itu pun hanya 20 buah dalam 1 pohon dan tidak semua buahnya dapat dipanen, karena beberapa buah akan jatuh prematur, sehingga tidak dapat dijual.

Dengan ke-empat kelebihan di atas, tidak heran bila durian J – Queen ini dibanderol dengan harga Rp. 14 juta. Terlebih, masa menunggu panennya yang lumayan lama, yakni 3 tahun.

Mengingat Aka si penemu durian ini belum menjual bibit durian J Queen ke siapapun, akankah 3 tahun lagi durian J-Queen ini akan tetap dibanderol dengan harga Rp. 14 juta? atau bahkan lebih? Kita tunggu saja…