Durian Tanpa Duri – Varietas Asli Kaki Gunung Rinjani

Durian Tanpa DuriKing of Fruit atau “raja dari segala buah” merupakan julukan yang pantas disandang oleh buah durian. Buah ini memiliki beberapa keunikan, selain dari aromanya yang khas, juga “kaya rasa” yang tidak ditemukan di jenis buah lainnya.

Jika umumnya kita mengenal durian sebagai buah berduri keras dan tajam, baru-baru ini ditemukan buah durian tanpa duri di kawasan hutan Gunung Rinjani. Durian yang tidak memiliki duri ini disebut dengan “si gundul”, tidak lain karena bentuknya bulat polos mirip kepala manusia tanpa rambut.

Awalnya, durian ini diduga sebagai buah beracun karena bentuknya yang tak lazim. Adapula yang menduganya sebagai buah sukun karena secara morfologis bentuknya mirip dan ukurannya pun sama.

Durian tak berduri asli Nusa Tenggara Barat ini sebenarnya telah ditemukan dan diidentifikasi pada tahun 2007. Mulanya, durian tidak berduri ditemukan oleh tim eksplorasi Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Nusa Tenggara Barat.

durian tanpa duri Google Images

Pohon durian “si gundul” ditemukan tengah berbuah lebat ketika itu. Namun sayangnya, penelusuran lebih luas tidak menemukan pohon lain yang menghasilkan buah serupa.

Buah durian yang tidak mempunyai duri ini memiliki kulit lebih tipis dibanding durian pada umumnya, sehingga mudah untuk dibelah dan rasanya pun tak kalah lezat.

Sejak 2008, jenis durian tanpa duri dari NTB ini telah resmi didaftarkan menjadi Varietas Unggul Nasional pada 22 April 2008 dengan nama “si gundul”.

Bibit buahnya durian si gundul telah tersebar luas ke seluruh daerah di Indonesia, salah satunya di Taman Buah Merkarsari, Cileungsi, Bogor. Meski pertumbuhan pohon durian jenis ini sangat subur, namun belum juga berbuah.

Dugaan sementara, permasalahan pohon durian si gundul enggan berbuah adalah karena faktor cuaca. Secara lebih spesifik, letak putik dan benangsari dalam posisi yang berjauhan sehingga gagal melakukan penyerbukan alami dan harus dibantu dengan penyerbukan oleh manusia.

Budidaya buah durian tanpa duri masih dalam tahap pengembangan dan observasi oleh BPSB Pertanian Propinsi NTB bersama Prof. Dr. Reza Tirtawinata ahli durian dari Taman Buah Mekarsari dan Yayasan Durian Nusantara di taman kerajaan Narmada Kabupaten Lombok Barat.


Referensi: berbagai sumber