10 Rekomendasi Film Tentang Alam – Cerita Petualangan dan Keindahan!

Bagi orang-orang yang kehabisan waktu karena kesibukan, sehingga tidak sempat melakukan travelling untuk mengunjungi aneka tempat wisata, mungkin menonton film bertema alam bisa menjadi solusi. Melalui film, kita bisa melihat keindahan alam, flora dan fauna yang sekaligus dikisahkan melalui alur cerita.

Kita memilih tayangan yang menyajikan pemandangan alam, fenomena spektakuler, kicauan burung, dentuman air terjun dan ombak di pantai. Pemandangan yang ditampilkan dalam film menjadi hal yang menarik, karena disuguhkan melalui sudut pandang berbeda.

Bahkan melalui film, kita juga bisa mengetahui dan mencari rekomendasi tempat-tempat dengan pemandangan indah. Berikut ini adalah 10 film tentang alam favorit yang RimbaKita.com rekomendasikan untuk ditonton, yaitu:

10. Okja

Okja adalah film aksi petualangan asal Korea Selatan garapan Bong Joon-ho. Film ini menceritakan kehidupan sederhana seorang gadis kecil bernama Mija (Ahn Seo-hyun) yang berteman dengan seekor babi super hasil peranakan dari teknologi yang canggih.

okja walkerart.org

Mija tinggal bersama sang kakek di dekat gunung, dan Mija selalu mengajak sang babi yang ia beri nama Okja untuk membantunya berburu ikan, mencari sayur di dekat rumahnya. Rasa penasaran bentang alam Korea Selatan dapat dilihat dalam film Okja.

9. The Lord of the Rings Trilogy

Film fantasi ini merupakan film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Film The Lord of the Rings Trilogy mengisahkan raja kegelapan Sauron yang mencari Sang Cincin.

The Lord of the Rings Trilogy theasc.com

Ternyata cincin ini telah ditemukan oleh hobbit muda bernama Bilbo Baggins. Selanjutnya oleh keponakannya Frodo Baggins dan kedelapan teman terpilih harus menghancurkan cincin tersebut karena apabila tidak dihancurkan maka cincin tersebut akan mengancam kehidupan dunia.

Film The Lord of the Rings Trilogy berlatar belakang di New Zealand, dimana kota ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, seperti indahnya pemandangan Mount Sunday yang diselimuti salju dan juga cantiknya kota Matamata pastinya akan memanjakan mata kita untuk melihat dengan jelas keindahan kota New Zealand.

8. Earth

Earth menjadi film dokumenter terbaik produksi Disneynature yang rilis tahun 2007 silam. Sesuai dengan judulnya, film ini menggambarkan keberagaman habitat dan kehidupan hewan di bumi. Di film Earth, kita akan melihat keindahan alam di Kutub Utara dan Kutub Selatan dan bagaimana kehidupan sehari-harinya disana.

Earth 2007 Pinterest

Isi film Earth menggambarkan kehidupan dari 3 spesies hewan, yaitu beruang kutub, gajah semak Afrika, dan paus bungkuk. Saat kita menontonnya, kita akan mengetahui bahwa perubahan iklim sangat mempengaruhi habitat hewan di wilayah kutub utara dan kutub selatan. Bahkan kehidupan 3 spesies tersebut dikisahkan terancam karena efek perubahan iklim yang sangat cepat.

7. The Tree of Life

Berbicara tentang keindahan alam, film The Tree Of Life menyuguhkan banyak tempat dengan pemandangan yang estetik. Film ini disutradarai oleh Terrence Malick dan rilis tahun 2011.

The Tree of Life criterion.com

Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang Jack O’Brien (Hunter McCracken dan Sean Penn) di saat ia tinggal bersama sang ayah (Brad Pitt) dan ibunya (Jessica Chastain) yang memulai proses pendewasaan dalam hidupnya. Di film ini, kita akan menyaksikan pergolakan batin, pencarian jati diri, dan kegalauan Jack dengan hidupnya.

Terrence yang dikenal sebagai maestro seni visual menampilkan pemandangan alam dari dua sisi. Kita akan melihat padang pasir yang menenangkan, kupu-kupu indah berterbangan, dan keindahan alam lainnya di film hollywood bergenre fantasi ini.

6. Free Solo

Film dokumenter yang memenangkan Piala Oscar tahun 2018 ini menceritakan kisah perjuangan pendaki tebing ulung, yaitu Alex Honnold yang menaklukkan tebing granit El Capitan yang menjulang di Taman Nasional Yosemite, California.

Free Solo freefilmfestivals.org

Dengan sinematografi yang sangat apik, dalam film yang rilis pada tahun 2018 ini, kita akan menyaksikan jelas bagaimana pemandangan Taman Nasional Yosemite yang sangat indah dan luar biasa.

5. Java Heat

Film selanjutnya berasal dari Hollywood yang berjudul Java Heat yang sutradarai oleh Conor Allyn. Menariknya, meskipun film ini merupakan film luar negeri, namun yang menjadi lokasi syuting adalah jalanan Jogja.

Java Heat imdb

Kita akan mendapati pemandangan Borobudur, dan sawah-sawah indah dan kehidupan khas desa di Jogja.

4. 5 CM

Film yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama ini menampilkan segala sisi keindahan dari Gunung Semeru, yaitu Gunung tertinggi di Jawa. Film ini menceritakan tentang perjuangan, cinta, kebersamaan, persahabatan yang menjadikan jalan cerita film ini begitu banyak dinikmati oleh penontonnya.

5 CM Tagari

Film 5 CM menggambarkan secara jelas sudut-sudut dari gunung semeru. Setelah kemunculan film yang dibintangi Herjunot Ali dan kawan-kawannya, para pemulapun bermunculan untuk sekadar melihat Puncak Mahameru dari dekat.

3. Pendekar Tongkat Emas

Jika mendengar judulnya, pasti kita bertanya-tanya apakah film ini menggambarkan keindahan alam atau film laga? Dari judulnya bisa ditarik kesimpulan jika film ini merupakan fiksi yang menceritakan tentang kekuasaan, ambisi, pengkhianatan, balas dendam dan juga cinta.

Pendekar Tongkat Emas kompasiana.com

Namun yang membuat film ini menjadi luar biasa adalah latar belakang yang menampilkan Tanah Sumba Timur dengan gamblang. Perpaduan silat dan eksotisme Sumba membuat film ini sukses menampilkan bukan hanya keindahan alamnya namun juga budaya Indonesia yang kental terlihat dalam film Pendekar Tongkat Emas.

2. Denias – Senandung di Atas Awan

Film Denias menceritakan tentang perjuangan seorang anak yang berasal dari suku pedalaman Papua bernama Denias untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Cerita yang diangkat dari kisah nyata ini mengambil setting lokasi di Pulau Cendreawasih, Papua.

Denias – Senandung di Atas Awan asiapacificscreenawards.com

Pulau Cendrawasih merupakan kawasan Tanaman Nasional Teluk Cendrawasih yang mempunyai perairan laut terluas di Indonesia. Pantai ini memiliki pesisir pantai putih, pulau-pulau, perairan laut, terumbu karawang, dan berbagai keindahan alam lainnya yang ada di Pulau Cendrawasih. Jika ingin melihat jelas keindahan Pulau Cendrawasih, kita bisa menonton film Denias-Senandung di Atas Awan.

1. Laskar Pelangi

Siapa yang tidak kenal dengan film Laskar Pelangi? Tentunya film ini juga menghadirkan keindahan alam Indonesia yang sangat eksotis. Film Laskar Pelangi banyak mendapat pujian dari kalangan penikmat film di Indonesia.

Laskar Pelangi fimela.com

Selain ceritanya yang menggambarkan tentang perjuangan pendidikan oleh anak-anak di Belitung, film ini juga menampilkan keindahan wilayah Belitung. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi, Belitung.

Belitung memiliki banyak pantai elok dan masih sangat alami. Setelah kemunculan film ini di tahun 2008, antusias masyarakat untuk ke Belitung menjadi tinggi. Sebab keindahan alam lewat film Laskar Pelangi mampu menghipnotis para penontonnya untuk berkunjung ke banyak tempat wisata di Belitung.