38++ Gambar Bunga Indah & Belajar Cara Mewarnainya

Bunga adalah bagian dari tanaman yang umumnya berbentuk indah dan mengeluarkan aroma wangi. Warna-warni bunga sangat beraneka ragam, bahkan tak jarak juga menjadi sumber inspirasi gambar, lukisan, puisi dan kesenian lainnya.

Beberapa contoh gambar bunga yang populer adalah mawar, melati, anggrek, dahlia, sakura, aster, kamboja, bunga matahari dan sebagainya.

Nah, kali ini RimbaKita.com akan membagikan daftar gambar-gambar bunga dengan aneka jenis warna dan bentuknya agar bisa digunakan sebagai media belajar bagaimana cara mewarnai gambar bunga agar nampak seperti aslinya.

1. Bunga Aster

Bunga yang juga dinamakan bunga daisy ini berasal dari tanaman asli China yang kemudian tersebar ke berbagai wilayah di dunia. Umumnya tanaman ini tumbuh di hamparan padang rumput.

bunga aster Pixabay

Kita bisa memperhatikan gambar kelopak bunga aster yang terdiri dari warna putih dan kuning. Oleh banyak orang, memberikan bunga aster dianggap sebagai tanda cinta, simpati dan kasih sayang.

2. Bunga Matahari

Bunga matahari adalah jenis tumbuhan semusim dan kelaurga kenikir-kenikiran. Tanaman bunga ini populer sebagai tanaman hias serta tanaman komoditas. Sebab selain memiliki bentuk dan warna menarik, bunga matahari juga menghasilkan minyak untuk berbagai keperluan.

bunga matahari Pixabay

Keunikan dari bunga matahari ialah pertumbuhannya yang selalu menghadap atau condong ke arah matahari. Sifat alami ini disebut dengan heliotropisme.

3. Bunga Mawar

Bunga mawar adalah salah satu tanaman berbunga yang sanagt populer dijadikan tanaman hias. Selain itu, bunga mawar juga menjadi pilihan utama bagi pasangan kekasih mengutarakan cinta.

bunga mawar Pixabay

Meski jenis mawar paling populer berwarna merah, sebenarnya ada jenis warna lain seperti putih, biru, kuning dan merah muda. Oleh sebab itu, mewarnai gambar bunga mawar sangat mudah dilakukan karena cenderung memiliki warna tunggal.

4. Bunga Tulip

Meski tulip sangat populer di Belanda, ternyata bunga ini berasal dari kawasan Asia Tengah, tepatnya pegunungan Pamir, Hindu Khus, Kazakhstan.

tulip Pixabay

Tumbuhan tulip masuk dalam keluarga Liliaceae yang terdiri dari berbagai warna, antara lain merah, merah muda, biru, kuning, dan sebagainya.

5. Bunga Melati

Melati adalah bunga yang berkedudukan khusus di Indonesia. Bunga melati merupakan simbol Puspa Bangsa. Dengan warna putihnya yang bersih dan wanginya yang harum, bunga ini dianggap sebagai lambang kesucian dan kemurnian.

bunga melati Pixabay

Di Indonesia, bunga melati dapat dengan mudah kita temukan di tanam sebagai tanaman penghias tanam, pekarangan dan sebagainya. Dalam mengenalkan nama-nama bunga di sekolah pun, umumnya melati disandingkan dengan mawar.

6. Bunga Sakura

Bunga sakura adalah bunga nasional Jepang. Bunga ini umumnya akan mekar saat memasuki musim semi, yaitu antara bulan Maret hingga Juni. Bagi tradisi dan budaya masyarakat Jepang, sakura dianggap sebagai simbol harapan.

bunga sakura Pixabay

Sakura terdiri dari beberapa jenis, yaitu Yamazakura, Kanzakura, Hikanzakura, Somei Yoshino dan sebagainya. Perbedaan dari masing-masing jenis bunga sakura tersebut bisa kita lihat dari bentuk dan warna bunganya.

7. Bunga Anggrek

Anggrek adalah tanaman epifit yang banyak ditemukan di Indonesia, sebab hutan tropis dengan kelembaban tinggi merupakan habitat alaminya. Setidaknya ada 6 jenis anggrek langka di Indonesia, yaitu anggrek hartinah, anggrek hitam, anggrek larat, anggrek bulan, anggrek pensil dan anggrek tebu.

anggrek hutan Pixabay

Sebagai upaya pencegahan terdahadap kelangkan dan ancaman kepunahan anggrek, maka kita wajib mengenalkan bunga ini ke generasi selanjutnya. Kita bisa mengajarkan mengenai bagaimana bentuknya, warnanya, jenisnya, serta cara menanam bunga anggrek.

8. Bunga Lavender

Lavender dikenal sebagai tanaman yang dibenci oleh nyamuk. Sehingga tak heran apabila bunga lavender serta aromanya sering dijadikan bahan baku produk lotion anti nyamuk. Selain itu, bunga ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat, detoksifikasi, menghilangkan ketombe dan khasiat lainnya.

lavender Pixabay

Jika digambarkan, bunga lavender memiliki warna ungu yang cantik dan terkesan mewah. Bahkan karena keistimewaannya, di Eropa bunga ini kerap digunakan oleh kerajan sebagai hiasan dekoratif.

9. Bunga Dahlia

Bunga dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang memiliki sifat tahunan atau perenial. Bunga ini akan mekar saat musim panas hingga musim gugur.

bunga dahlia Pixabay

Dahlia merupakan bunga nasional bagi negara Meksiko. Begitu sangat istimewanya bunga ini dikarenakan bunga dahlia merupakan tumbuhan asli Meksiko.

10. Bunga Bakung

Bakung adalah tanaman berbunga yang indah dan mencolok. Warna kembangnya putih berbentuk lonceng. Akan tetapi dibalik keindahannya, ternyata tanaman ini mengandung racun.

bunga bakung Pixabay

Di Indonesia, bunga bakung sering dianggap sebagai bunga lili. Kedua jenis tanaman tersebut sulit dibedakan karena memiliki ciri morfologi hampir serupa serta habitat tumbuh yang sama.

11. Bunga Teratai

Bunga teratai adalah salah salah satu bunga penuh makna dan filosofi. Teratai merupakan tanaman air yang umumnya hidup di permukaan air yang tenang.

tumbuhan teratai Pixabay

Makna dan filosofi bunga teratai dibedakan berdasarkan warnanya. Misalnya warna putih dianggap sebagai simbol kesucian. Sedangkan warna merah melambangkan cinta, gairah, dan kasih sayang. Oleh sebab itu, saat mewarnai gambar bunga teratai, pastikan warna yang kita gunakan sesuai dengan maksud yang ingin disampaikan.

12. Bunga Edelweis

Edelweis Jawa seringkali juga disebut bunga senduro. Tumbuhan ini adalah endemik zona alpina atau montana, sehingga hanya bisa tumbuh dan ditemukan di kawasan pegunungan tinggi.

edelweiss jawa adventuretravel.co.id

Bunga edelweis termasuk tumbuhan langka dan dilindungi. Bahkan juga terdapat larangan memetik edelweis. Bunga ini termasuk tumbuhan pelopor di tanah vulkanik muda. Kemampuan hidup dan adaptasi di pegunungan sangat baik karena mampu hidup di kawasan berbatu, dingin dan tandus.

13. Bunga Cosmos

Bunga Cosmos termasuk tanaman hias yang berasal dari kawasan Amerika Latin, seperti Meksiko dan Brazil. Cosmos adalah tanaman tahunan atau semusim yang menghasilkan bunga berwarna merah muda yang sangat cerah.

gambar bunga cosmos Liputan6

Sebelum menjadi tumbuhan dekoratif, bunga cosmos adalah tanaman liar yang hidup di daerah semak. Di Indonesia, bunga ini dapat tumbuh subur karena iklim dan kondisi alam nusantara mirip seperti daerah asalnya.

14. Bunga Alamanda

Jika dilihat dari bentuknya, bunga ini mirip seperti terompet dengan warna emas atau kuning. Asal bunga alamanda adalah kawasan Amerika Tengah dan Selatan.

gambar bunga alamanda paktanidigital.com

Tumbuhan bunga alamanda termasuk kategori perdu berkayu yang dapat tumbuh hingga 2 meter. Tanaman ini bersifar evergreen dan biasanya tumbuh disekitar sungai dan tempat terbuka yang mendapat cukup sinar matahari dan air hujan. Selain sebagai tanaman hias, bunga alamanda juga memiliki manfaat medis, seperti anitbakteri, laksatif dan mengobati malaria.

16. Bunga Asoka

Bunga asoka tumbuh dari pohon bernama sama, yakni pohon asoka. Ciri morfologi pohon asoka ialah memiliki percabangan besar. Bunga asoka berukuran kecil dan bergerombol dengan benang sari muncul mirip kembang api.

bunga asoka Pixabay

Oleh karena bentuknya yang kecil dan bergerombol, maka untuk menggambar bunga ini diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam mewarnainya. Warna bunga asoka antara lain kuning, jingga, serta merah.

17. Bunga Camelia

Camelia adalah nama bunga dari tanaman keluarga Theaceae. Bunga ini tersebar di berbagai kawasan Asia, khususnya Asia Timur, Asia Selatan, Himalaya, Jepang dan Indonesia.

gambar bunga camelia paktanidigital.com

Setidaknya ada 100 hingga spesies yang telah terindentigikasi. Nama bunga ini diambil dari nama seorang ahli botani di abad ke-17 bernama George Joseph Kamel.

18. Kembang Sepatu

Bunga sepatu atau juga familiar dengan kembang sepatu merupakan bunga dari tanaman semak suku Malvaceae. Bunga ini aslinya berasal dari Asia Timur, namun saat ini telah tersebar diberbagai wilayah tropis maupun subtropis.

kembang sepatu needpix.com

Mahkota bunga sepatu terdiri dari 5 helai yang terlindungi oleh kelopak tambahan. Oleh karena morfologi bunga tersebut, maka kembang sepatu seakan memiliki dua lapis kelopak bunga.

19. Bunga Kamboja

Tanpa melihat gambar bunga pun banyak diantara kita yang hafal bagaimana bentuk dan warna bunga kamboja. Bunga ini memiliki kelopak besar serta menghasilkan aroma wangi yang begitu semerbak.

bunga kamboja Pixabay

Meski termasuk tanaman hias, namun stigma yang terbentuk di masyarakat mengenai bunga kamboja berbanding terbaling dengan kecantikannya. Sebab, tumbuhan ini banyak di tanaman di pemakaman.

20. Bunga Gardenia

Bunga gardenia juga disebut kacapiring dan erat dikaitkan sebagai simbol kemurnia, cinta dan kebaikan. Hal itu nampak dari warnanya yang putih mirip seperti bunga melati.

gambar bunga gardenia kebunpedia.com

Dalam ilmu pengobatan tradisional, kacapiring sering digunakan untuk mengatasi flu dan menghilangkan stres. Tentunya harus melalui pengolahan yang baik dan benar.

21. Bunga Sedap Malam

Meski populer di Indonesia, ternyata bunga sedap malam bukan tanaman asil Indonesia. Tradisi dan budaya beberapa daerah di Indonesia kerap menggunakan bunga ini untuk prosesi upacara adat keagamaan.

bunga sedap malam gardeningknowhow.com

Aroma sedap malam sangat khas dan memberikan ketenangan. Selain itu, bunga sedap malam bisa dioleh menjadi obat batuk dan diare, serta parfum yang merangsang gairah.

22. Bunga Bougenville

Seringkali kita mengenal bougenville sebagai bunga kertas. Disebut demikian karena tekstur bunganya sangat tipis dan mudah sobek.

bunga bougenville Pixabay

Bunga bougenville dapat tumbuh sepanjang musim. Pertumbuhan pohonnya bisa mencapai 10 meter, namun umumnya jika ditanam sebagai tanaman hias hanya tumbuh setinggi 1 meter.

23. Kaktus

Sebagian besar mungkin tidak tahu jika kaktus juga menghasilkan bunga. Tumbuhan dengan ciri utama duri pada batangnya ini adalah tanaman dengan kemampuan adaptasi tinggi.

bunga kaktus Pixabay

Habitat aslinya adalah kawasan gurun serta daerah tandus. Akan tetapi juga mampu tumbuh di iklim Indonesia asalkan tidak terlalu banyak mendapat siraman air.

24. Bunga Krokot

Krokot adalah tumbuhan rumput yang menghasilkan bunga tak kalah indah. Umumnya daun krokot dimanfaatkan sebagai pakan jangkrik.

bunga krokot Pixabay

Bunga yang dihasilkan krokot berwarna-warni, mulai dari merah, kuning, putih dan sebagainya. Meski awalnya adalah tanaman liar, bunga krokot juga sangat diminati untuk dijadikan tanaman hias.

25. Bunga Begonia

Begonia adalah salah satu tanaman hias yang banyak diincar para penghobi flora. Estetikanya begitu indah dan perawatannya mudah.

gambar bunga begonia infobdg.com

Beberapa kepercayaan yang berkembang menganggap menanam begonia dapat memberikan keberuntungan. Tanaman ini bisa kita tanam di tanah pekarangan maupun pot.

26. Bunga Kenanga

Kenanga merupakan salah satu jenis bunga yang hampir selalu di jual oleh pedagang bunga. Bunga ini berwarna hijau kekuningan hingga hijau tua dengan wangi yang harum.

bunga kenanga Pixabay

Orang zaman dahulu sering menanam bunga kenanga di pekarangan rumah. Oleh sebab itu, bunga ini juga dikaitkan dengan unsur-unsur mistis.

27. Bunga Cempaka

Cempaka adalah bunga yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Jika ditotal seluruhnya, bunga cempaka terdiri dari 50 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, bunga ini terdiri dari 4 spesies.

cempaka wangi wikimedia

Beberapa contohnya adalah cempaka putih dan cempaka kuning. Oleh sebab itu, jika kita memberi warna pada gambar bunga cempaka dengan warna tersebut, maka itu adalah hal yang tepat.

28. Bunga Rosela

Teh rosela sudah sangat terkenal di Indonesia. Teh ini berasal dari bunga rosela. Teh bunga ini memiliki rasa unik, agak asam namun menyegarkan.

bunga rosela jurustani.com

Teh yang berasal dari bunga rosela berkhasiat sebagai obat. Cara pembuatannya pun cukup mudah, yait dengan menjemur bunganya hingga kering kemudian seduh dengan air hangat.

29. Bunga Safron

Bunga safron yang juga dinamakan kuma-kuma adalah salah satu bunga rempah dengan harga fantastis. Bahkan bunga ini masuk dalam kategori rempah termahal di dunia.

bunga safron Pixabay

Bunga safron mempunyai kandungan yang berguna bagi kesehatan, antara lain untuk mengobati depresi, melawan kanker, meredakan nyeri hadi, penambah gairah dan sebagainya.

30. Bunga Seruni / Krisan

Seruni atau krisan cukup populer di Indonesia. Bahkan banyak yang mengenalnya sebagai bahan baku pembuatan teh.

gambar bunga krisan dekoruma

Sama seperti lavender, bunga krisan juga ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk. Bunga seruni mempunyai makna pujian, kekaguman, serta umur panjang.

31. Bunga Azalea

Mungkin bunga ini sulit ditemukan di Indonesia, karena habitat asalnya adala Amerika Serikat, tepatnya di Alabama. Bunga ini tumbuh dengan lebat dengan warna cerah yang indah.

gambar bunga azalea Liputan6

Hampir sama dengan bunga-bunga lain, warna dari masing-masing jenis azalea juga mempunyai makna berbeda. Misalnya putih merupakan simpol kepolosan, merah adalah keromantisan, unga adalah rasa semangat, serta kuning ialah rasa persahabatan.

32. Bunga Bangkai

Bungai bangkai (Amorphophallus titanum) sering disamakan dengan bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii), padahal kedua floranya berbeda. Akan tetapi dianggap sama karena keduanya menghasilkan bau busuk dan ukuran sangat besar.

bunga bangkai goodnewsfromindonesia.id

Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Odoardo Beccar, seorang peneliti Italia pada tahun 1878. Ia menemukan Amorphophallus titanum di sekitar air terjun Lembah Anai, Sumatera Barat. Aroma menyengat yang dikeluarkan bunga ini bertujuan untuk menarik serangga agar membantu penyerbukan.

33. Bunga Flamboyan

Bunga indah selanjutnya adalah bunga flamboyan. Seperti nampak pada gambar, bunga ini sangat cantik dan wajar apabila disukai oleh masyarakat.

pohon flamboyan Pixabay

Tanaman hias ini dapat tumbuh mencapai 12 meter jika ditanam di tempat terbuka dengan cukup sinar matahari. Ranting dan cabang pohon flamboya cukup banyak sehingga termasuk pohon rindang yang sering dimanfaatkan sebagai peneduh.

34. Bunga Garbera

Garbera adalah bunga yang berasal dari Afrika Selatan. Akan tetapi, iklim tropis di Indonesia juga sesuai untuk pertumbuhan bunga ini.

bunga garbera Pixabay

Makna yang terkandung dari bunga ini adalah kebahagiaan. Beberapa varias warna yang dihasilkan bunga garbera adalah hijau, merah dan kuning. Tanaman ini sangat cocok ditanam di halaman rumah.

35. Bunga Lili

Di tengah masyarakat Indonesia, bunga ini cukup terkenal. Bunga lili termasuk tumbuhan yang sering dijadikan tanam hias. Selain itu, bunga ini juga kerap diberikan kepada orang sebagai tanda kasih sayang.

lili putih Pixabay

Lili terdiri dari berbagai varian warna, dimana masing-masing memiliki arti tersendiri. Sehingga saat kita menggambar atau mewarnai bunga lili, pastikan sesuaikan dengan tema gambar. Contohnya warna putih berarti suci, kuning adalah persahabatan, merah ialah kemakmuran dan oranye adalah kebencian.

36. Bunga Dandelion

Sebutan lain untuk dandelion adalah randa tapak. Bunga ini sangat unik karena sangat mudah terbang jika tertiup angin. Bagian bunga berupa biji yang terbang tersebut akan menjadi tumbuhan lain setelah tertiup angin.

gambar bunga dandelion pexels

Kita dapat melihat gambar bunga dandelion, dimana bentuknya sangat tipis, kecil dan ringan. Selain unik, bunga ini juga punya khasiat sebagai obat, kaya vitamin dan daunnya dapat dioleh menjadi sayur.

37. Bunga Kantil

Kantil sangat identik dengan unsur klenik dan mistis, sebab banyak upacara adat menggunakan bunga ini sebagai perlengkapan. Bunga kantil adalah bunga yang sangat wangi dan memiliki makna suci atau bersih yang diambil dari warna putihnya.

kebunpedia.com

Kanti sebenarnya adalah bunga melati yang masih kuncup. Jadi saat menggambar bunga ini, kita harus teliti dan tidak keliru dengan gambar bunga melati.

38. Bunga Daffodil

Daftar bunga selanjutnya adalah dafodil. Keunikan bunga ini terdapat pada mahkota ganda yang dimilikinya, yaitu mahkota luar dan dalam. Mahkota luar berbentuk lincip, sedangkan mahkota dalam seperti bunga pada umumnya.

gambar bunga daffodil nendensan.web.id

Mahkota bagian dalam disebut juga dengan mahkota terompet. Warna uang digunakan untuk mewarnai bungai ini adalah pink, kuning, oranye dan putih sesuai jenis bunga aslinya.

Sketsa Gambar Bunga Untuk Latihan Menggambar & Mewarnai

Bagi yang ingin berlatih menggambar bunga sekaligus mewarnainya, maka bisa menggunakan sketsa gambar mentah hitam putih serta contoh gambar bunga yang telah diwarnai berikut ini:

1. Contoh Mewarnai Gambar Bunga Matahari

mewarnai gambar bunga matahari
gambar mewarnai bunga matahari

2. Contoh Mewarnai Gambar Bunga Tulip

mewarnai gambar bunga tulip
gambar mewarnai bunga tulip

3. Contoh Mewarnai Gambar Bunga dan Kupu-Kupu

mewarnai gambar bunga dan kupu-kupu
gambar mewarnai bunga dan kupu-kupu