Gili Pasir – Pulau Serpihan Surga Mungil di Lombok Timur

Lombok adalah pulau yang terkenal dengan pesona alamnya, terutama deretan pantai-pantai dengan panorama alam yang memukau. Kali ini kita akan membahas salah satu Gili yang ada di Lombok, yaitu Gili Pasir.

Meski belum terlalu populer seperti Gili lain, yakni Gili Meno, Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Kapal, akan tetapi Gili Pasir mempunyai bentangan alam yang tak mau kalah. Yuk simak ulasannya pulau pasir unik ini!

Pulau Lombok adalah salah satu pulau di Nusantara yang terkenal dengan keragaman gili-nya. Gili adalah istilah untuk menyebut pulau kecil oleh masyarakat Lombok. Penamaan tersebut berasal dari bahasa suku asli Lombok, yaitu Suku Sasak.

gili pasir lombok timur picuki.com

Gili Pasir adalah obyek wisata alam berupa pulau kecil atau gungukan pasir yang berada di tengah laut. Pulau ini tidak permanen dan hanya akan muncul ketika air surut kemudian menghilang saat air laut pasang.

Gili Pasir berada di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Luasnya hanya sebesar lapangan futsal dan hanya terdiri dari hamparan pasir tanpa vegetasi ataupun makhluk hidup lain.

Gundukan pasir ditengah lautan ini dikelilingi oleh air laut yang biru dan beratapkan langit biru serta awan putih diatasnya. Sungguh suasana yang sangat damai akan kita rasakan saat berada di pulau mungil ini.

Meski arus dan ombak perairan disekitarnya cukup tenang, kita tidak disarankan berenang, snorkeling dan bermain air disekitarnya. Sebab banyak terdapat bintang laut dan bulu babi yang bisa berbahaya jika terkena kulit.

Pixabay

Saat berada disini jangan lupa abadikan seluruh momen, termasuk saat bertemu dengan bintang laut yang cantik. Oya, sebelum memutuskan liburan ke Gili Pasir, sebaiknya cari informasi tentang waktu pasang dan surut air, karena jika berkunjung diwaktu yang salah kita tidak akan melihat apa-apa!

Kita bisa menuju Gili Pasir dengan menaiki perahu dari pulau besar disekitarnya. Perjalanan ditempuh sekitar 15 menit dengan ditemani jernihnya air laut dan pemandangan biota laut yang nampak dari permukaan.