Gili Trawangan – Keindahan Pulau Cantik Nan Eksotis

Gili Trawangan atau juga dikenal sebagai Gili T adalah salah satu tempat wisata terbaik dan terpopuler yang ada di Lombok. Gili Trawangan merupakan pulau terbesar diantara tiga pulau kecil lain di bagian barat pulau Lombok.

Tak hanya di Indonesia, pesona Gili Trawangan juga terkenal hingga ke berbagai negara. Sehingga jangan heran jika kita berkunjung kesini akan melihat banyak wisatawan mancanegara yang berlibur di pulau ini.

Dulunya pulau ini merupakan tempat pembuangan bagi pemberontak Suku Sasak. Namun karena keindahan alam laut dan daratnya yang masih sangat bersih dan alami membaut kawasan Gili Trawangan menjadi salah satu potensi wisata terbaik di Lombok.

Penduduk setempat tak hanya menjaga kebersihan pantai, namun juga peduli akan kelestarian terumbu karang di perairan Gili Trawangan. Bahkan, penduduk serta pemerintah setempat sepakat menerapkan larangan menggunakan kendaraan bermotor di kawasan ini.

Lokasinya cukup berdekatan dengan Pulau Gili Air dan Pulau Gili Meno. Namun dibandingkan dengan keduanya, Gili Trawangan mempunyai fasilitas paling lengkap sebagai tempat wisata. Mulai dari penginapan, kuliner, objek wisata, atraksi wisata, dan lainnya.

Jika berniat berkunjung ke Gili “T” saat liburan nanti? Informasi dibawah ini akan sangat membantu.

Lokasi Google Maps Gili Trawangan

Gili Trawangan secara administratif berada di Desa Gili Indag, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara. Gili Terawangan adalah pulau yang paling besar jika dibandingkan dengan Gili Air dan Gili Meno. Pulau yang berukuran 3 km x 2 km ini menyimpan banyak potensi wisata dan menjadi tujuan wisata favorit wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

Mengapa Gili Trawangan Layak Dikunjungi?

Ada banyak alasan mengapa gili trawangan benar-benar layak dikunjungi untuk berlibur. Berikut ini beberapa alasan yang dihimpun dari sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini.

1. Pesona Pemandangan Bawah Laut

Bagi yang menyukai kegiatan snorkeling atau diving, maka wajib rasanya untuk datang ke Gili Trawangan. Beningnya air laut yang ada di pulau ini membuat kita bisa melihat secara jelas bagaimana eksotisme pemandangan bawah lautnya. Ada banyak biota laut yang cantik seperti terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang bahkan bisa dilihat dari atas perahu.

2. Pantai Gili Trawangan Menghadap ke Barat dan Timur

Sepertinya sudah menjadi takdir jika gili trawangan memiliki panorama pantai yang sangat indah. Pantainya yang menghadap ke timur dan barat menjadi lokasi terbaik untuk menikmati muncul dan tenggelamnya matahari.

ayunan di tepi pantai travelingyuk.com

Sunset dan sunrise yang dihiasi langit cerah dan air laut yang bersih, serta desiran angin dan ombak merupakan perpaduan eksotis yang akan memberikan pesona tak terlupakan.

3. Tidak Ada Kendaraan Bermotor

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pemerintah dan penduduk setempat memberlakukan larangan penggunaan kendaraan bermotor di wilayah ini. Sehingga untuk pilihan transportasi yang bisa digunakan adalah sepeda gayung ataupun kereta kuda khas pulau Lombok yang bernama Cidomo.

Tidak adanya kehadiran kendaraan bermotor di kawasan ini tentunya membuat keunikan dan suasasan tenang yang membuat wisatawan betah berlibur di pulau ini.

4. Kebersihan Pantai

Penduduk lokal Gili Trawangan memang sangat menjaga kebersihan pantai dan pulau yang ditempatinya ini. Hal inilah yang membuat wisatawan yang datang merasa nyaman ketika ingin duduk-duduk santai di pinggiran pantai sambil memandang pasir pantai yang putih bersih.

5. Penduduk Ramah dan Lingkungan Aman

Agar bisa menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, tentunya warga yang ramah serta lingkungan yang aman adalah faktor penting yang harus dimiliki. Di pulau ini, kita bisa merasakan bagaimana keramahtamahan penduduk setempat seperti yang ada di Pulau Bali.

terumbu karang mangrove Pixabay

Akses Menuju Gili Trawangan

Untuk bisa mencapai pulau cantik ini, kita bisa menggunakan 2 alternatif akses menuju Gili Trawangan sebagai berikut:

1. Dari Pulai Bali: Menggunakan Speed Boat/Fast Boat

Cara pertama, tercepat, serta termudah untuk mencapai Gili Trawangan adalah dengan menggunakan speed boat atau fast boat dari pulau Bali. Ada beberapa titik di Pulau Bali yang menyediakan alat transportasi ini untuk menuju Gili Trawangan. Seperti Tanjung Benoa, Padang Bai, Sanur, dan Pulau Serangan. Meskipun cepat, harga yang ditawarkan tidak murah karena mencapai Rp 500.000 hingga Rp 800.000 per orangnya hanya untuk sekali jalan.

2. Menyebrang Dari Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara

Jika ingin menggunakan rute ini, maka kita harus terlebih dahulu sampai di pulau Lombok dengan menggunakan pesawat terbang. Setelah sampai di Bandara Internasional Lombok, lanjutkan perjalanan menuju pelabuhan bangsal ataupun teluk nara dan kemudian menyebrang menuju Gili Trawangan.

Untuk pelabuhan Bangsal, tempat ini adalah pelabuhan umum. Dari sini kita bisa menggunakan perahu kayu hanya dengan tarif Rp 15.000 per orang. Atau juga bisa menggunakan perahu cepat yang bertarif Rp 85.000 per orang. Untuk penyeberangan dari Teluk Nara dikhususkan untuk charter kapal cepat, tarifnya Rp 350.000 untuk satu kali jalan.

Aktivitas Menarik Di Gili Trawangan

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kita lakukan saat mengunjungi Pulau Gili Trawangan. Berikut ini daftar aktivitas menarik yang wajb dilakukan saat liburan di Pulau Gili Trawangan.

1. Bermain di Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan yang ada di Lombok menjadi objek wisata yang wajib kita kunjungi disini. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan latar air lautnya yang sangat jernih.

Pantainya memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Disini kita bisa menikmati keindahan sunset dan sunsrise dengan mudah. Kedua momen ini memang sangat mempesona, tak heran jika banyak yang menantikannya. Apalagi kita bisa menikmatinya sambil bersantai di beberapa kafe dan bar yang terjejer di pinggiran pantai.

Jika kita ingin berenang, apakah bisa? Tentu saja bisa. Namun perhatikan batasan keamanan yang ada. Arus di sekitar kawasan, terutama diantara pulau gili lainnya memang cukup kuat. Jadi selalu perhatikan himbauan serta batas aman kawasan berenang yang sudah tersedia.

2. Snorkeling dan Diving

Rasanya aktivitas yang satu ini wajib kita lakukan saat berlibur di Gili Trawangan. Dua aktivitas ini lah yang menjadi daya tarik utama di tempat ini. Biota lautnya masih sangat terjaga ditambah dengan air lautnya yang jernih membuat siapapun ingin menyelam di dalamnya.

diving Pixabay

Rekomendasi spot snorkeling yang bisa kita kunjungi adalah di sekitar kawasan gili trawangan, gili air, dan gili meno. Ada banyak paket snorkeling yang ditawarkan disini, bahkan kita tak perlu membawa peralatan snorkeling dari rumah karena banyak tempat penyewaan alat-alat snorkeling

Untuk yang ingin melakukan diving dan sudah mempunyai licence diving, kita bisa menikmati dengan puas pemandangan bawah laut di Gili Trawangan yang pasti tidak akan membuat kecewa. Namun jika kita belum memiliki license diving namun tetap ingin diving, kita dapat mengambil paket wisata Discovery Scuba Diving, dalam paket tersebut kita bisa berlatih diving selama 2 jam baik itu teori hingga praktek langsung.

Tak hanya itu saja, kita juga bisa melakukan island hopping dari gili trawangan. Tentunya untuk biaya sewa boat dikenakan tarif lebih mahal. Namun tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

3. Menyaksikan Pertunjukan Stick Fighting

Presean atau yang dikenal dengan nama Stick fighting merupakan salah satu simbol kejantanan untuk kaum lelaki dari suku sasak. Dalam presean, 2 orang akan bertarung dengan tongkat rotan dan tameng dari kulit kerbau. Acara ini biasanya di lakukan di sekitar pasar seni Gili Trawangan.

4. Berkeliling Menggunakan Sepeda

Hal yang tidak kalah menyenangkannya saat berwisata di Gili Trawangan adalah kita bisa berkeliling di pulau ini menggunakan sepeda ataupun cidomo. Mengingat pulau Gili Trawangan yang tidak begitu luas, jadi kita dapat mengitarinya dengan mudah. Karena kendaraan bermotor tidak diperbolehkan, maka bersepeda ataupun menaiki cidomo adalah pilihan yang tepat.

5. Mengunjungi Konservasi Penyu

Tak jauh dari pelabuhan, kita bisa menemukan fasilitas konservasi penyu. Disini kita dapat melihat proses pemeliharaan penyu hingga proses melepaskan penyu ke lautan lepas. Biasanya untuk pelepasan penyu dilakukan bersamaan dengan upacara adat tertentu yang tentunya akan sangat menarik untuk diikuti.

6. Berkuda Mengelilingi Pulau

Tak hanya bersepeda dan menaiki cimodo untuk berkeliling pulau Gili Trawangan. Kita juga bisa melakukan hal unik lainnya dengan berkuda mengelilingi pulau. Ada banyak tempat penyewaan kuda di kawasan ini, namun yang cukup terkenal adalah Sunset Stables dan Stud Stables. Untuk berkuda disini, kita bisa merogoh kocek sebesar Rp 250.000 per jam.

7. Menonton Film Di Tepi Pantai

Jika biasanya kita hanya bisa melihat film di bioskop ataupun televisi, namun disini kita bisa melihatnya di tepian pantai. Sangat seru bukan?

Di pantai Gili Trawangan tersedia beberapa tempat yang menawarkan nonton bareng di tepian pantai menggunakan layar lebar. Untuk tarifnya gratis, kita hanya perlu membeli makanan dan minuman yang ada di tempat itu saja.

8. Bermain Olahraga Air

Tak hanya snorkeling dan diving, aktivitas air yang juga bisa kita lakukan disini adalah olahraga air. Ada banyak fasilitas water sport yang tersedia disini. Mulai dari banana boat, jetski, paddle board, dan masih banyak lainnya.

9. Wisata Kuliner

Saat berkunjung ke Gili Trawangan, jangan lupa untuk berwisata kuliner menikmati makanan-makanan yang lezat. di sepanjang pantai, kita bisa menemukan banyak sekali kafe dan bar yang dapat kita kunjungi untuk bersantai. Apalagi menu-menu yang disajikannya juga lezat, seperti khas Eropa, Amerika, Irlandia, Asia dan sebagainya.

kafe di tepi pantai scallywagsresort.com

Sembari menikmati kuliner, kita bisa melihat pemandangan pantai yang mempesona. Jika ingin kuliner yang lebih murah, ada banyak restoran atau warung yang menawarkan makanan lokal yang pastinya dengan harga yang jauh lebih bersahabat. Misalnya es krim legendaris bernama Gili Gelator yang satu scoop-nya hanya seharga Rp 20.000 dan dua scoop-nya seharga Rp 30.000.

Tips untuk berhemat ketika memilih makanan dan minuman di Gili Trawangan adalah dengan membawa makanan atau minuman sendiri. Sebab, seperti dikawasan wisata pada umumnya, sudah tentu harga di lokasi wisata cenderung lebih tinggi diabnding harga umum.

Penginapan dan Hotel

Menghabiskan sehari saja di Gili Trawangan tentunya tidak akan cukup, karena itulah kita harus bermalam dan menginap di kawasan Gili Trawangan.

Tak perlu khawatir tentang penginapan atau hotel, karena disini ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan. Mulai dari homestay, hotel, resort, villa, dan masih banyak lainnya. namun jika ingin merasakan pengalaman menginap yang berbeda sambil menikmati keindahan alam di Gili Trawangan, kita bisa mencoba menginap dengan konsep glamping (glamour camping).

Kita bisa menginap di resort yang menawarkan model penginapan tenda mewah yang berada di pinggiran pantai. Akan tetapi untuk bisa menginap di tempat ini, tentunya kita harus merogoh kocek yang agak dalam. Namun jika lebih memilih untuk berhemat, ada banyak penginapan murah di tepian pantai mulai dari 200 ribu rupiah saja.

Pulau Gili Trawangan memang menjadi salah satu wisata alternatif yang bisa kita kunjungi selain Pulau Bali. Tak hanya bisa menikmati wisata baharinya, namun pemandangan alam yang ada di daratannya juga masih bersih dan bebas polusi. Cocok bagi yang sedang ingin menyepi dari keramaian dan hiruk pikuk perkotaan.

Sekedar tips bagi yang ingin berlibur ke Gili Trawangan, usahakan untuk merencanakan liburan sedini mungkin. Apalagi jika ingin datang saat musim liburan tiba, jangan sampai nantinya malah kehabisan tiket dan penginapan. Selain itu, jangan lupa abadikan setiap momen wisatamu melalui foto atau video!