Gua Lo Bangi, Malang – Petualangan Seru di Bawah Tanah

Tak hanya memiliki wisata alam pegunungan dan pantai, Kota Malang juga mempunyai tempat wisata berupa gua. Salah satunya adalah Gua Lo Bangi yang bisa jadi pilihan lokasi liburan.

Gua Lo Bangi berada di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Letaknya tidak jauh dari Pantai Ngliyep yang juga populer akan keindahan alamnya.

Gua Lo Bangi berada pada dua tempat berbeda. Goa Lo berlokasi di area ladang miliki warga Desa Kedungsalam. Diberi nama demikian karena di mulut gua ini terdapat pohon Lo. Sedangkan Gua Bangi berada di area ladang milik warga Desa Kedungsalam bernama Pak Bangi.

sungai gua Pixabay

Gua ini mempunyai sistem aliran air bawah tanah atau sungai bawah tanah sehingga saling terhubung. Untuk memasukinya kita bisa menuruni dinding tanah dengan kedalaman 3 meter kemudian menelusuri lorong horizontal aliran sungai bawah tanah sepanjang 10 km.

Saat menyusuri lorong gua, kita akan bertemu dengan aliran sungai, air terjun, dan danau bawah tanah. Mulut Gua Lo Bangi memiliki ukuran kurang lebih 5 meter dengan lantai bertekstur tanah berbatu.

Ukuran lorong yang tidak berair akan semakin mengecil dengan lantai berlumpur serta terdapat beberapa genangan di beberapa tempat. Oleh sebab itu, sesekali kita dituntut untuk merangkak dan membungkuk saat berjalan. Melanjutkan perjalanan, kita akan sampai di ruangan kecil dengan lorong menurun untuk mencapai batas muka air.

Pada lorong berikutnya, kita memasuki area gua dengan atap pendek, sempat dan terdapat aliran sungai kecil di dalamnya. Area Goa Lo Bangi mempunyai ornamen stalakmit, gourdam, reruntuhan bebatuan, kolom dan lain-lain yang terbentuk secara alami.

Di dalam gua ini kita bisa melihat bebatuan alam yang indah menggantung di atap dan dinding gua. Bahkan saat berada di tubuh gua kita bisa mendengar suara alam yang begitu damai, seperti jangkrik, walet, kelelawar, udang, lele, olang dan sebagainya.

dolandolen.com

Untuk menyusuri gua ini kita membutuhkan fasilitas penulusaran gua. Kita tak perlu membawanya dari rumah, sebab telah ada persewaan alat seperti senter, helm, tali, tabung oksigen, alat climbing dan lain-lain sebagai penunjang keamanan wisata.

Selain itu fasilitas umum juga telah lengkap, misalnya area parkir, warung makan, tempat istirahat, kamar mandi, dan sarana prasarana yang mendukung perkembangan pariwisata Gua Lo Bangi.

Karena berada dibawah tanah dan dialiri sungai bawah tanah, sebaiknya kita tidak memasuki lokasi wisata gua ini jika cuaca hujan. Selain itu, pastikan saat menelusuri gua kita didampingi oleh pemandu yang berpengalaman.