Gumuk Pasir Sumalu – Indahnya Bukit-Bukit Pasir Toraja

Gumuk Pasir Sumalu – Apa yang kamu pikirkan jika ditanya tentang Tana Toraja? Kopi bercita rasa khas dan mantab? ataukah tentang upacara adat pemakaman yang unik?

Ternyata kawasan ini juga memiliki tempat wisata alam yang indah dan sangat unik, salah satunya adalah Gumuk Pasir Sumalu.

Mungkin Gumuk Pasir Sumalu belum se-populer Gumuk Pasir di Pantai Parangtritis atau Parangkusumo di Jogja, akan tetapi keindahannya dijamin tak kalah cantik. Bahkan dikatakan bisa disandingkan dengan Painted Hills di Oregon atau Rainbow Mountain di Peru.

Gumuk Pasir Semalu adalah obyek wisata berupa gundukan pasir yang terletak di Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini ditemukan dan dikenal mulai tahun 2016 dan kian ramai dikunjungi oleh masyarakat.

picpanzee.com

Kita jangan mengira ini gundukan pasir biasa, akan tetapi lokasi ini juga menyajikan pemandangan yang sangat eksotis. Timbunan pasir berwarna hitam membentuk perbukitan dengan alur-alur yang tidak simetris dan tidak beraturan.

Alur tersebut terbentuk akibat proses alam, yaitu tiupan angin dan aliran air hujan. Bentuk abstrak inilah yang menjadi keunikan utamanya!

Udara di wilayah Bukit Pasir Sumalu juga sangat sejuk, mirip-mirip udara di pegunungan yang segar dan bisa menjadi pengurai penat saat kita berlibur.

Disini, kita bisa melihat matahari terbit maupun tenggelam yang menampilkan pesonanya yang begitu indah. Tapi tentu saja, untuk dapat menikmati fenomena ini kita harus bangun pagi-pagi. Agar tetap nyaman, jangan lupa memakai pakaian tebal atau jaket karena udara subuh ditempat ini lumayan dingin.

Berkunjung ke Gumuk Pasir Sumalu tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis! Hanya dikenakan biaya parkir jika kita membawa kendaraan pribadi, seperti motor ataupun mobil.

superadventure.co.id

Jika ingin mengunjungi tempat wisata alam ini, kita bisa menuju ke Kota Rantepao terlebih dahulu, yaitu salah satu kota terbesar di Toraja Utara. Sesampainya di kota ini, sebaiknya kita menyewa kendaraan bermotor karena medan yang akan dilalui cukup terjal dan ukuran jalannya kecil.

Setidaknya kita memerlukan 45 menit perjalanan ditemani hamparan perbukitan dan perkampungan penduduk asli sebelum sampai ke lokasi wisata eksotis ini.

Setelah melalalui perjalan itu, kita sampai di area parkir dan harus berjalan kaki sejauh 500 meter untuk sampai di Bukit Pasir Sumalu. Jalan kaki 500 meter yang rasanya cukup lelah itu nantinya akan terobati dengan melihat pemandangan alam yang indah berupa gundukan-gundukan pasir ini.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Gumuk Pasir Semalu? Segera jadwalkan liburanmu!