Daftar 10 Gunung Tertinggi di Dunia, Ternyata No. 1 Bukan Everest!

Gunung adalah bagian permukaan bumi yang posisinya lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Setiap gunung memiliki ketinggian yang berbeda-beda, bahkan beberapa diantaranya mempunyai tinggi lebih dari 8.000 mdpl.

Titik tertinggi inilah yang menarik minat para pendaki dari seluruh penjuru dunia untuk berlomba menaklukkannya. Berikut ini adalah daftar gunung tertinggi di dunia beserta penjelasan mengenai kondisi alamnya.

Daftar 10 Gunung Tertinggi di Dunia

Ada ribuan gunung yang tersebar di seluruh dunia. Gunung-gunung tersebut umumnya terletak di jalur pertemuan lempeng bumi.

Kali ini, kita tidak akan membahas seluruh gunung yang ada di bumi, melainkan hanya akan membahas setidaknya 10 gunung tertinggi di dunia. Penasaran, gunung apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya.

10. Gunung Nanga Parbat – Pakistan

Gunung Nanga Parbat adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang berada di urutan ke-10. Gunung ini terletak di Pakistan dan masih menjadi bagian dari barisan Pegunungan Himalaya yang penuh pesona.

Gunung Nanga Parbat wikimedia

Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan puncak setinggi 8.126 mdpl ini adalah Hermann Buhl di tahun 1953. Lokasi gunung Nanga Parbat berada di bagian utara Pakistan dan juga dikenal dengan julukan The Man Eater.

Meski Gunung Nanga Parabat memiliki medan yang cukup sulit, tapi panorama yang ditawarkan tak kalah indah dengan Gunung Kilimanjaro di Afrika. Keindahannya pun sangat layak untuk diabadikan dalam gambar ataupun video.

9. Gunung Manaslu – Nepal

Gunung tertinggi di bumi selanjutnya adalah Gunung Manaslu yang letaknya masih di sekitar Nepal, tepatnya di Mansiri Himal dan merupakan bagian dari barisan Pegunungan Himalaya. Salah satu gunung tertinggi di dunia ini mempunyai ketinggian 8.156 mdpl. Pendaki pertama yang menaklukkannya adalah Gyaltsen Norbu dan Toshio Imanishi di tahun 1956.

Gunung Manaslu voanews.com

Nama Manaslu berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu manasa yang berarti Gunung Jiwa. Puncak tertinggi berada di Gurkha yang lokasinya sekitar 40 mil di sebelah timur Gunung Annapurna.

8. Gunung Dhaulagiri – Nepal

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 8.167 meter di atas permukaan laut yang menjadikannya salah satu gunung paling tinggi di dunia.

top10a.ru

Gunung Dhaulagiri yang berada di Nepal ini pernah dinobatkan sebagai puncak tertinggi pertama di dunia pada tahun 1808. Namun akhirnya posisi tersebut berhasil digeser oleh Gunung Khangchenjunga di tahun 1838 dan digeser kembali oleh Gunung Everest di tahun 1858.

7. Gunung Cho Oyu – Nepal

Spot pendakian bernama Mount Cho Oyu ini terkenal sulit untuk ditaklukkan meski sekilas terlihat cukup mudah didaki. Gunung yang berhasil masuk jajaran gunung tertinggi di bumi ini berada di ketinggian 8.188 mdpl.

Gunung Cho Oyu Pinterest

Meski nyaris mempuyai ketinggian yang sama, tapi jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain, Cho Oyu cenderung paling mudah untuk didaki. Sebab, kemiringan lerengnya tak terlalu curam sehingga lebih mudah dilewati

Gunung yang namanya berarti Turqouise Goddess ini berada di antara negara Nepal dan China. Pendaki pertama yang berhasil menuju puncaknya adalah Herbert Tichy dan Joseph Jochler di tahun 1954 yang berasal dari Austria.

6. Gunung Makalu – Nepal

Gunung tertinggi selanjutnya adalah Gunung Makalu dengan ketinggian kurang lebih 8.485 mdpl. Lokasinya pun tak jauh dari Gunung Everest, yaitu sekitar 19 km ke arah tenggara.

Gunung Makalu goodminds.id

Jika dilihat dari wilayah administratif, Gunung Makalu berada di perbatasan antara Nepal dan China. Gunung ini juga cukup populer di kalangan pendaki karena memiliki puncak berbentuk piramida.

Pendaki pertama yang berhasil berdiri di puncak Makalu adalah Jean Couzy dan Lionel Terray di tahun 1955. Banyak orang beranggapan, Puncak Makalu sangat sulit untuk ditaklukkan karena lokasinya cukup terpencil dan dipenuhi tebing terjal.

5. Gunung Lhotse – Nepal

Gunung tertinggi di dunia kelima adalah Gunung Lhotse dengan ketinggian sekitar 8.516 meter di atas permukaan laut. Seperti halnya Gunung Khangchenjunga, Lhotse juga masih bertetangga dengan Gunung Everest. Lokasinya tepat berada di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Gunung Lhotse top10a.ru

Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan puncak Lhotse adalah sekelompok orang yang berasal dari Swiss bentukan dari Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss di tahun 1956. Uniknya, gunung ini memiliki spot pendakian bernama Lhotse Middle yang berupa cabang puncak Lhotse di mana ketinggiannya mencapai 8.410 mdpl dan termasuk salah satu puncak yang paling sulit ditaklukkan.

4. Gunung Kangchenjunga – Nepal

Gunung Khangchenjunga berada di lokasi yang berdekatan dengan puncak Everest. Gunung ini berada di perbatasan dua negara, yaitu Nepal dan India. Bentangan alam ini membuat Gunung Kangchenjunga masih menjadi bagian dari barisan Pegunungan Himalaya.

Gunung Kangchenjunga dzargon.com

Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan puncak gunung setinggi 8.586 mdpl ini adalah George Band dan Joe Brown di tahun 1955. Menurut masyarakat setempat, Kangchenjunga mempunyai arti ‘Lima Harta Karun Salju’. Sebab di gunung ini terdapat lima puncak berbeda yang empat di antaranya memiliki ketinggian mencapai 8.450 mdpl.

3. Gunung K2 – Pakistan

Gunung K2 atau juga sering disebut Chhogori merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia yang letaknya berada di perbatasan negara Pakistan dan Xinjiang, China. Lokasi gunung ini juga menjadi bagian dari Pegunungan Karakoram.

Gunung K2 superadventure.co.id

Menurut sejarah, pendaki pertama yang berhasil berdiri di atas puncak Gunung K2 adalah Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli di tahun 1954. Gunung ini mempunyai puncak setinggi 8.611 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan pengalaman para pendaki, Chhogori adalah spot paling kejam di dunia. Gunung ini menawarkan tingkat kesulitan luar biasa dengan faktor cuaca yang sangat buruk.

2. Gunung Everest – Nepal

Nama Everest pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Gunung ini dikenal sebagai puncak tertinggi di dunia. Mount Everest merupakan gunung tertinggi kedua di dunia yang berada di kawasan Asia. Gunung dengan ketinggian mencapai 8.848 mdpl ini berada di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Gunung Everest mediaindonesia.com

Puncak tertinggi kedua yang menjadi bagian dari barisan Pegunungan Himalaya ini sering memakan korban. Banyak pendaki yang berguguran saat mencoba menakhlukannya. Gunung ini memiliki beberapa nama lain, seperti Sagamatha menurut bahasa Nepal dan Chomolanga atau Qomolangna dalam bahasa Tibet.

Perlu kita ketahui, orang pertama yang berhasil menaklukkan Puncak Everest adalah Edmund Hillary dan Tenzing Norgay. Peristiwa bersejarah tersebut tercatat dilakukan pada 29 Mei 1953.

1. Gunung Mauna Kea – Kepulauan Hawaii, AS

Mungkin selama ini kita menganggap puncak tertinggi di dunia adalah Everest. Namun sayangnya, baru-baru ini fakta tersebut akhirnya terbantahkan.  

Gunung Mauna Kea Pixabay

Penelitian yang dilakukan oleh United States Geological Surgey (USGS) berhasil membuktikan bahwa Everest bukanlah puncak tertinggi di dunia. Menurut para ilmuwan, Gunung Mauna Kea adalah gunung dengan puncak tertinggi di dunia, yaitu mencapai 10.210 meter.

Namun angka tersebut didapat dengan melakukan pengukuran dari kaki gunung yang berada di bawah laut. Sementara jika diukur secara mdpl, tingginya hanya sekitar 4.205 meter. Menurut catatan, salah satu gunung yang berada di Kepulauan Hawaii ini termasuk jenis gunung berapi purba yang sudah tidak aktif. Dulu, gunung ini dikenal dengan nama Mauna a Wakea yang berarti Gunung Putih.