10 Gunung Tertinggi di Indonesia + Daftar Gunung di Seluruh Nusantara

Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia. Hidup di negara dengan bentang alam begitu indah serta keanekaragaman hayati yang melimpah. Salah satunya bentang alam nusantara yang memukai adalah gunung-gunungnya. Bahkan Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara dengan gunung-gunung tertinggi di dunia.

Dengan kekayaan alam yang begitu luar biasa, orang-orang berjiwa petualang bisa dengan bebas menjelajahi pegunungan yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Nah, bagi yang memiliki hobi mendaki gunung, tentu tak ada salahnya mencoba sensasi mendaki ke beberapa gunung tertinggi di Indonesia berikut ini.

Deretan 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Berikut ini adalah daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia dengan pesona alamnya yang memikat, antara lain:

10. Gunung Sumbing – Jawa Tengah

Provinsi yang berada di tengah pulau Jawa ini memiliki beberapa gunung yang menjadi tujuan para pendaki, salah satunya adalah Gunung Sumbing dengan ketinggian sekitar 3.371 mdpl.

gunung sumbing tenda-inspirasi.com

Gunung Sumbing berada di tiga wilayah berbeda, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Ada tiga jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncak gunung ini. Pertama adalah jalur Cepit Parakan, kemudian jalur Desa Garung, dan melalui jalur Bogowongso.

9. Gunung Slamet – Jawa Tengah

Selain Sumbing, ada pula Gunung Slamet yang juga berada di Jawa Tengah. Gunuing ini merupakan gunung berapi kerucut dengan ketinggian sekitar 3.428 mdpl. Gunung Slamet adalah salah satu gunung di Indonesia yang mempunyai kawah aktif.

gunung slamet goodnewsfromindonesia.id

Konon masyarakat setempat percaya jika gunung ini meletus, maka besar kemungkinannya Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian. Mitos ini ternyata mencuat bukan tanpa alasan, mengingat letak dari Gunung Slamet yang sangat dekat dan berada di tengah-tengah Pulau Jawa.

Salah satu keistimewaan Gunung Slamet bagi para pendaki adalah jalurnya yang tertutup kabut. Sehingga tak sedikit pendaki yang kemudian merasa kesulitan ataupun tertantang untuk menaklukkan puncak gunung ini.

8. Gunung Latimojong – Sulawesi Selatan

Gunung tertinggi di Indonesia yang menempati posisi kedelapan adalah Gunung Latimojong yang lokasinya berada di tengah-tengah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Gunung dengan ketinggian 3.478 mdpl ini mempunyai tujuh pos pendakian yang bisa digunakan oleh para pendaki untuk melepas lelah saat mendaki gunung.

gunung latimojong jalanpendaki.com

Pendakian Gunung Latimojong titik awalnya adalah di Desa Karangan. Sementara titik akhir pendakiannya berada di Puncak Latimojong, yaitu kawasan yang dikenal dengan nama Bulu Rante Mario. Menariknya, ketika mendaki gunung ini, kita memiliki kesempatan melihat berbagai jenis fauna peralihan, seperti anoa dan babi hutan.

7. Gunung Sanggar – Nusa Tenggara Barat

Salah satu gunung tertinggi di Nusa Tenggara Barat adalah Gunung Sanggar. Puncak gunung ini berada di ketinggian 3.564 mdpl. Gunung ini mungkin kalah populer dengan Gunung Rinjani, namun keindahan yang dimiliki oleh alamnya tak kalah menakjubkan.

gunung sanggar andhikadipto

Apabila kita mendaki ke Gunung Sanggar, maka jangan heran jika nantinya akan terpukau dengan pemandangan awan-awan yang membentang di sepanjang puncaknya.

6. Gunung Semeru – Jawa Timur

Semeru adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif dan paling tinggi di Pulau Jawa. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl ini berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

gunung semeru zuckici.com

Gunung Semeru tak pernah sepi pendaki, terutama para pendaki lokal. Semeru memiliki jalur pendakian yang ramah meskipun jarak yang ditempuh mencapai belasan kilometer. Inilah alasan utama Gunung Semeru cukup populer di kalangan para pendaki pemula.

Tak hanya menawarkan panorama yang indah, Gunung Semeru juga dianggap sebagai tempat sakral bagi para umat Hindu. Mereka meyakini, bahwa gunung ini merupakan tempat tinggal para dewa seperti halnya Gunung Agung yang ada di Bali.

5. Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat

Dibandingkan gunung Sanggar, tentu Rinjani lebih populer. Gunung Rinjani memiliki puncak dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung yang sering dijuluki sebagai surga dunia oleh para pendaki ini terletak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

gadizalombok.com

Salah satu spot paling indah di kawasan Gunung Rinjani dan mencuri perhatian wisatawan adalah danau kawah berwarna biru. Saat mendaki gunung ini, para pendaki akan diminta untuk mematuhi berbagai peraturan yang berlaku demi keselamatan diri dan lingkungan sekitar.

Beberapa aturan tersebut adalah dilarang memetik bunga edelweiss yang tumbuh liar di area gunung. Selain itu, ada juga larangan untuk menyebut beberapa nama hewan, sepert ayam, kerbau, dan kambing. Sebab warga lokal di sekitar Gunung Rinjani percaya bahwa gunung ini merupakan tempat keramat yang banyak dihuni oleh makhluk tak kasat mata.

4. Gunung Kerinci – Jambi

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Gunung Kerinci yang berada di ketinggian sekitar 3.805 mdpl. Gunung ini terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi. Perlu kita ketahui, Kerinci adalah satu satu gunung api paling aktif yang termasuk dalam jenis stratovolcano atau cincin api pasifik dengan kedalam kawah puncak sekitar 600 meter.

gunung kerinci denubay.com

Apabila tertarik untuk mendaki Gunung Kerinci ini, sebaiknya pilih jalur dari Desa Kersik Tuo. Jalur ini dianggap sebagai rute paling mudah yang bisa ditempuh oleh para pendaki pemula sekalipun.

Ketika mendaki, kita akan disuguhi pemandangan berupa hamparan Perkebunan Teh Kayu Aro. Perkebunan ini merupakan perkebunanteh tertua bekas zaman kolonial Belanda di Indonesia yang lokasinya berada di sekitar kaki Gunung Kerinci.

3. Gunung Puncak Mandala – Papua

Selanjutnya ada Gunung Puncak Mandala yang masih termasuk dalam jajaran Pegunungan Jayawijaya. Meski memiliki ketinggian 4.670 mdpl yang artinya masih di bawah Gunung Ngga Pilimsit, tapi Puncak Mandala sering dijuluki sebagai gunung tertinggi di Indonesia kedua setelah Puncak Jayawijaya.

puncak mandala superadventure.co.id

Para pendaki lokal maupun asing sangat tertarik untuk menaklukkan puncak gunung ini karena jalur pendakiannya yang dikenal cukup sulit. Tak heran, jika hanya pendaki berpengalaman, paham rute dan memiliki keahlian mumpuni yang mampu mengeksplor Gunung Puncak Mandala.

2. Gunung Ngga Pilimsit – Papua

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Ngga Pilimsit yang berada di ketinggian 4.717 mdpl. Gunung yang termasuk dalam jajaran Pegunungan Maoke di Papua ini namanya diambil dari nama Alexander Willem Frederik Idenburg yang saat itu Ngga Plimsit disebut sebagai Mount Idenberg.

gunung ngga pilimsit beritapapua.id

Menurut sejarah, Alexander Willem Frederik Idenburg merupakan seorang Gubernur Jenderal yang dulunya berkuasa penuh atas Hindia-Belanda di tahun 1906 hingga 1916. Pendaki pertama yang berhasil menaklukan puncak Gunung Ngga Pilimsit adalah Heinrich Harrer bersama Philip Temple di tahun 1962 silam.

Gunung Ngga Pilimsit mempunyai sebuah danau dengan air berwarna hijau tua di bagian dasar puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Idenberg. Uniknya, danau ini tidak memiliki aliran masuk dan keluar air sehingga saat musim kemarau tiba, danau ini akan benar-benar kering. Saat kemarau, kita hanya bisa melihat tumbuhan ganggang di bagian dasarnya.

1. Gunung Puncak Jayawijaya – Papua

Gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jayawijaya yang memiliki ketinggian sekitar 4.884 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu dari 10 gunung tertinggi di nusantara dan berhasil masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

salju abadi puncak jaya gunung-indonesia.com

Gunung Puncak Jayawijaya terletak di Kabupaten Puncak Jaya Papua yang sangat populer di kalangan pendaki lokal maupun mancanegara. Sebab, puncak gunung ini punya keindahan yang begitu luar biasa. Bahkan saking populernya, gunung yang mempunyai puncak salju abadi ini termasuk salah satu gunung dengan biaya pendakian paling mahal.

Bagaimana tidak, kita harus merogoh kocek sekitar Rp 50 juta untuk satu kali tur sampai tiba di puncaknya. Sementara untuk wisatawan mancanegara, nominalnya tentu jauh lebih mahal daripada besaran tarif wisatawan lokal.

Daftar Gunung di Indonesia

Untuk melengkapi pengetahuan akan gunung-gunung tertinggi di Indonesia, berikut ini adalah daftar jumlah gunung di Indonesia berdasarkan lokasi dan ketinggiannya.

NoNamaLokasiKetinggian
1SalakJawa Barat, Bogor2.211
2GedeJawa Barat, Bogor2.958
3PangrangoJawa Barat, Bogor3.019
4BatuJawa Barat, Bogor870
5MunaraJawa Barat, Bogor980
6GunturJawa Barat, Garut2.249
7CikurayJawa Barat, Garut2.818
8Tangkupan PerahuJawa Barat, Bandung2.084
9PapadayanJawa Barat, Garut2.665
10LembuJawa Barat780
11ParangJawa Barat963
12BongkokJawa Barat975
13Bukit TunggulJawa Barat2.208
14BurangrangJawa Barat2.057
15MalabarJawa Barat2.343
16MasigitJawa Barat, Bandung2.078
17PatuhaJawa Barat, Bandung2.386
18WayangJawa Barat, Bandung2.181
19GalunggungJawa Barat, Tasikmalaya2.167
20CermaiJawa Barat, Kuningan3.078
21BotakJawa Tengah, Grobogan2.345
22LasemJawa Tengah, Rembang806
23SlametJawa Tengah3.432
24SindoroJawa Tengah3.15
25SumbingJawa Tengah3.336
26PrauJawa Tengah, Wonosobo2.565
27UnggaranJawa Tengah, Semarang2.05
28MerbabuJawa Tengah,3.145
29MerapiJawa tengah,2.911
30LawuJawa Tengah, Karanganyar3.245
31MuriaJawa Tengah, Rembang1.602
32AndongJawa Tengah,1.726
33TemoloyoJawa Tengah, Salatiga1.894
34SemeruJawa Timur, Malang3.676
35ArgopuroJawa Timur, Malang3.088
36ArjunoJawa Timur, Malang3.339
37KembarJawa Timur3.052
38WelirangJawa Timur, Malang3.156
39BhutakJawa Timur, Malang2.868
40RaungJawa Timur, Banyuwangi3.332
41PenanggunganJawa Timur, Mojokerto1.653
42KeludJawa Timur, Kediri1.350
43BromoJawa Timur, Probolinggo2.392
44IjenJawa Timur, Banyuwangi1.128
45WilisJawa Timur, Nganjuk2.563
46BongkokJawa Timur, Magetan1.345
47KukusanJawa Timur, Magetan1.465
48BlegoJawa Timur, Magetan1.68
49BancakJawa Timur, Magetan1.44
50AgungBali3.142
51BatukaruBali2.276
52BaturBali1.717
53RinjaniNTB3.726
54EbuloloboNTB2.123
55InielikaNTB1.559
56KondoNTB2.947
57NangiNTB2.33
58SangeangNTB1.949
59Anak RanakahNTB2.402
60EbulaboNTB2.123
61LilibolengNTB1.659
62LiliwerungNTB1.486
63KelimutuNTB1.385
64Lewotobi PerempuanNTB1.703
65BatusibelaMaluku2.111
66LorebolengNTB1.117
67LewotoloNTB1.319
68Lewotobi Laki-lakiNTB1.584
69KeknemoNTB2.07
70InerieNTB2.23
71EgonNTB1.703
72TamboraNTB2.85
73KarangBanten1.245
74PulosariBanten923
75KarangBanten784
76MarapiSumatera Barat2.891
77TalangSumatera Barat2.600
78SinggalangSumatera Barat2.877
79DempoSumatera Selatan, Jambi3.159
80SibayakSumatera Utara2.212
81TandikatSumatera Barat2.438
82SagoSumatera Barat2.500
83TalamauSumatera Barat2.912
84PesagiLampung2.262
85KerinciSumatera Selatan, Jambi3.805
86PerkisonAceh2.300
87LeuserAceh3.172
88Bukit KabaBengkulu1.952
89PalungKalimantan Barat1.116
90LiangpranKalimantan Timur2.24
91HalauKalimantan Selatan1.892
92Bukit RayaKalimantan Tengah2.278
93AwuSulawesi1.32
94LokonSulawesi1.689
95KlabatSulawesi1.995
96MekonggaSulawesi2.620
97MahawuSulawesi1.311
98BawakaraengSulawesi2.705
99SoputanSulawesi1.783
100LompobatangSulawesi2.871
101LatimojongSulawesi Selatan3.478
102BinaiyaMaluku3.027
103CartenzPapua4.884