Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia – 3 Juli

Keberadaan sampah merupakan masalah serius yang mengancam kondisi lingkungan. Salah satu jenis sampah yang ancamannya perlu diperhatikan adalah plastik. Plastik adalah sampah permanen dan tidak bisa dihancurkan, sehingga ketika kita membuangnya ke lautan atau bahkan di tempat sampah, sampah plastik tidak akan hilang.

Untuk itu kampanye terhadap risiko sampah plastik perlu dilakukan, contohnya dengan mengadakan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia yang diadakan setiap 3 Juli. Harapan yang ingin dicapai dari program ini adalah agar warga dunia mendapat pengetahuan lebih baik mengenai bahayanya penggunaan kantong plastik dan dampak buruknya bagi lingkungan hidup.

Masyarakat yang mempunyai wawasan luas, maka diharapkan akan sadar dan mengurangi sampah plastik secara global.

Sejarah Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia

Bag Free World adalah yang penggagas sekaligus kreator Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia. Program kampanye ini dibuat dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik oleh setiap individu di seluruh dunia.

hari bebas kantong plastik sedunia

Promosi lingkungan hidup yang sehat di masa depan dilakukan secara besar-besaran untuk menyadarkan seluruh manusia agar menghindari penggunaan kantong plastik. Untuk menggantikan kantong plastik, kita bisa menggunakan wadah alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Setiap 3 Juli, warga dunia diharapkan tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja atau melakukan kegiatan lainnya. Jika dalam 1 hari kita bisa tidak memakai kantong plastik, berarti pada hari-hari selanjutnya juga bisa dilakukan. Hal inilah yang berusaha ditanamkan oleh Bag Free World, yaitu membiasakan warga Bumi untuk tidak menggunakan kantong plastik.

Dengan adanya peringatan ini, berbagai komunitas, organisasi, atau individu yang peduli dapat berkumpul bersama dalam satu wadah. Kegiatan promosi yang dilakukan pun menjadi lebih terpadu, sehingga dampak yang dihasilkan terlihat nyata.

Alasan Menghindari Pemakaian Kantong Plastik

Kenapa kita harus menghindari kantong plastik? Berikut ini adalah alasannya, yaitu:

1. Mencemari Lingkungan

Kantong plastik sangat mudah didapat, bahkan kita bisa mendapatkannya secara cuma-cuma dan banyak orang yang menggunakannya. Produk dari plastik umumnya mudah didapat dan harganya murah, sehingga membuat orang dengan mudah membuang kantong plastik. Padahal sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan, terutama jika dibuang sembarangan.

Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa mengganggu saluran air dan menyebabkan banjir. Jika terbawa sampai ke sungai atau lautan, sampah plastik bisa termakan oleh satwa laut atau burung.

Saat ini 6 dari 7 spesies penyu di dunia terancam punah. Salah satu penyebab ancaman kepunahan tersebut karena adanya sampah plastik di lautan yang bentuknya menyerupai ubur-ubur. Penyu yang memakan sampah plastik ini pun akan mati sehingga populasinya terus menurun.

2. Lama Terurai

Kantong plastik butuh waktu sangat lama hingga bisa benar-benar terurai. Setidaknya dibutuhkan waktu hingga ratusan tahun sampai kantong plastik terurai dalam tanah. Tentunya hal ini akan menyebabkan pencemaran tanah.