Hari Beruang Kutub Sedunia – 27 Februari

Hari Beruang Kutub Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 27 Februari. Peringatan ini bertujuan untuk menyedarkan warga dunia akan status konservasi beruang kutub yang hampir punah.

Hari Beruang Kutub Sedunia diinisiasi oleh sebuah organisasi bernama Polar Bears Internasional (PBI). Para pecinta lingkungan berpendapat bahwa peringatan ini perlu dilakukan agar masyarakat di seluruh dunia sadar akan dampak pemanasan global terhadap kondisi bumi, khususnya permasalahan tentang hilangnya es di kutub dan populasi beruang kutub.

Pada peringatan ini, warga dunia disarankan untuk mencari info sebanyak-banyaknya tentang cara mengurangi karbon di udara. Salah satu caranya adalah dengan tidak terlalu sering menggunakan pendingin atau pemanas ruangan, serta mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan membiasakan diri naik kendaraan umum.

Tujuan utama diperingatinya Hari Beruang Kutub Sedunia adalah untuk menyelamatkan beruang kutub dari kepunahan.

Kondisi Beruang Kutub Saat Ini

Beruang kutub sangat bergantung pada dataran es untuk kelangsungan hidup mereka. Dari atas salju abadi, mereka melakukan kegiatan perburuan anjing laut, berkembang biak, dan menetap beberapa waktu.

Jumlah populasi beruang kutub saat ini semakin rendah karena es yang mencair di Kutub Utara. Semakin sempit tempat mereka hidup, semakin sulit juga untuk bisa bertahan. Oleh karena itu, seleksi alam pun tak dapat dihindarkan sehingga jumlah beruang kutub kian menurun.

Kegiatan Pada Hari Beruang Kutub Sedunia

Banyak kebun binatang di dunia menggunakan momen ini untuk memberi pengetahuan pada pengunjung mengenai beruang kutub dan bagaimana cara untuk membantu satwa ini bertahan. Ada pula pihak yang menggelar pameran tentang beruang kutub di tempat yang mudah dijangkau banyak orang.

Hari Beruang Kutub Sedunia prnewswire.com

Cara Melestarikan Populasi Beruang Kutub

Sebagai bagian dari warga dunia, ada beberapa hal yang bisa kita dilakukan untuk mendukung gerakan ini. Kita dapat memulainya dari hal paling sederhana, yaitu mengurangi penggunaan karbon seperti AC di rumah dan lebih banyak menggunakan alat transportasi publik yang disediakan pemerintah daripada naik kendaraan pribadi.

Selain itu, kita juga dapat turut dalam penggalangan dana untuk membantu kegiatan berkaitan dengan lingkungan hidup.