Hari Buah Internasional – 1 Juli

Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan, termasuk tumbuhan penghasil buah-buahan. Buah-buahan yang tumbuh di Indonesia adalah jenis buah tropis. Bahkan karena keanekaragaman buah yang begitu melimpah, ada kalender khusus yang digunakan untuk menandai musim buah di Indonesia.

Mengonsumsi buah segar sangat penting bagi kesehatan. Sebab melalui buah maka kebutuhan serat dan nutrisi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi.

Pentingnya buah-buahan pun juga diperingat sebagai perayaan secara global, yaitu Hari Buah Internasional pada tanggal 1 Juli setiap tahun. Hari ini dirayakan oleh semua masyarakat dunia dari berbagai macam budaya, bangsa, dan agama secara serempak.

Hari Buah Internasional pertama kali diumumkan secara resmi pada tahun 2007 dan dirayakan pertama kali di Berlin, Jerman. Di tahun-tahun berikutnya, Hari Buah Internasional diperingati di berbagai negara dengan berbagai macam cara.

Latar Belakang Hari Buah Internasional

Ide kampanye ini bermula saat alumni The Alice Salomon University of Applied Sciences di Berlin mengadakan diskusi tentang pekerjaan yang sedang mereka geluti di bidang masing-masing. Dari diskusi yang dilakukan pada bulan April 2007 tersebut diambil kesimpulan untuk membuat perkumpulan atau organisasi dengan kegiatan sederhana, yaitu berbagi makanan.

hari buah internasional Twitter @greatgiantfoods

Dari berbagi buah-buahan dan sayur mayur tersebut, kemudian berkembang menjadi Hari Buah Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Juli. Setiap tahun, peringatan ini mengusung tema yang berbeda-beda sesuai isu yang berkembang secara global.

Peringatan Hari Buah Internasional pertama kali diselenggarakan pada 1 Juli 2007 di taman Mauerpark di Berlin, Jerman. Taman ini adalah bekas Tembok Berlin yang telah diruntuhkan pada tahun 1989. Peringatan ini sekaligus bermakna kedamaian dengan diisi acara pembagian cake buah dan berbagai macam potongan buah-buahan kepada 400 tamu.

Tujuan Hari Buah Internasional

Tujuan peringatan Hari Buah Internasional adalah untuk berbagi simpati dan kebahagiaan dengan keluarga, teman, dan orang-orang yang membutuhkan. Kampanye ini dibuat untuk dirayakan oleh siapa pun yang menyukai dan ingin hidup dengan pandangan positif.

Meningkatkan Pengetahuan di Hari Buah Internasional

Jumlah buah di dunia tak terhitung jenisnya. Bahkan setiap wilayah memiliki jenis buah yang tidak dimiliki oleh wilayah lainnya. Ada pula buah yang tumbuh sesuai musim.

Hal tersebutlah yang ingin diusung pada peringatan Hari Buah Internasional, sehingga pengetahuan tentang buah-buahan semakin bertambah. Selain itu, dari proses saling berbagi diharapkan tumbuh solidaritas yang lebih tinggi.