Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional – 5 November

5/5 - (2 votes)

Untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta menumbuhkan dan mengingatkan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita, setiap tanggal 5 November diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.

Hari ini diperingati berdasarkan Keppres No. 4 tahun 1993 yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia di kala itu, Soeharto.

Tujuan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Hari ini secara khusus diperingati untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia akan berbagai keragaman dan kekayaan puspa dan satwa yang ada di tanah air. Diharapkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat berperan aktif dalam usaha perlindungan dan pelestarian semua jenis puspa dan satwa di Indonesia.

Manusia bisa mendapatkan berbagai manfaat dari puspa dan satwa. Namun pemanfaatannya harus dilakukan dengan cara yang tepat agar terjadi keberlangsungan hidup yang seimbang antara manusia, puspa dan satwa.

hari cinta puspa dan satwa nasional summarecon.com

WWF mengharapkan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dapat menjadi momen untuk membentuk kecintaan masyarakat terhadap puspa dan satwa. Akan lebih baik jika kecintaan ini ditumbuhkan sejak usia dini sehingga akan menjadi kebiasaan. Dengan begitu, masyarakat secara otomatis akan melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia.

baca juga:  Mengenal Ujung Kulon, Habitat Terakhir Badak Jawa

Puspa dan Satwa di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan alam yang sangat subur, meliputi pegunungan, hutan, serta kawasan yang dialiri oleh sungai. Keragamab berupa puspa dan satwa pun terus bertambah seiring ditemukannya spesies-spesies baru oleh peneliti.

Kehadiran puspa dan satwa di kehidupan masyarakat pun menjadikannya, terkadang tak dianggap sebagai sesuatu yang istimewa. Padahal sebagai sesama makhluk hidup, puspa dan satwa nusantara membutuhkan perawatan dan perlakuan baik agar terus lestari.

Kegiatan negatif seperti pembalakan hutan secara liar dan pembukaan lahan hijau secara terus-menerus, akan mengakibatkan punahnya beberapa spesies flora dan fauna. Membuang sampah sembarangan di laut dan memancing ikan dengan cara-cara berbahaya juga dapat membahayakan aneka biota laut.

Melalui peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, maka momen ini bisa menjadi kampanye besar-besaran untuk mengedukasi seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kelestarian puspa dan satwa. Tujuannya adalah agar tercipta lingkungan dan tempat tinggal yang lebih baik bagi manusia, puspa dan satwa di seluruh Indonesia.

Kegiatan di Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk berperan aktif di peringatan ini. Beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan antara lain:

  • Menambah pengetahuan akan puspa dan satwa nasional.
  • Menanam pohon di lingkungan sekitar.
  • Memelihara binatang yang diperbolehkan dengan baik dan tidak menelantarkannya.
  • Tidak membuang sampah sembarangan.
baca juga:  Badak Bercula Satu - Taksonomi, Morfologi, Habitat, Populasi, Ancaman & Konservasi